Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Jangan Asal Pilih! Jenis Kayu Jati Yang Cocok untuk Membuat Perabotan


Apa Itu Jati?

Tanaman jati merupakan sejenis pohon penghasil kayu yang berkualitas tinggi, kayu yang dihasilkan oleh pohon jati ini sangat kuat dan awet sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture, kayunya yang berkualitas tinggi membuat kayu jati banyak diminati oleh banyak orang, maka tidak heran jika pohon jati menjadi komoditas unggulan dibidang kehutanan. Kayu jati yang berkualitas tinggi pada umumnya berasal dari pohon yang berumur lebih dari 80 tahun, pohon jati ini juga mampu tumbuh hingga berumur ratusan tahun, di Indonesia pohon jati terbesar dan tertua yaitu pohon “Jati Denok” yang tumbuh di Blora, Jawa Tengah.
Kayu jati juga merupakan kayu yang selalu menjadi primadona di pasaran, terutama dalam daftar buruan industri-industri perkayuan. Hal seperti ini tidak sebanding dengan waktu yang cukup lama yang dibutuhkan pohon jati untuk tumbuh, kondisi seperti ini tentunya berdampak pada stock kayu jati itu sendiri di hutan. Saat ini, pohon jati jenis Tectona grandis memang belum termasuk dalam kategori langka. Namun, apabila kondisi seperti ini terus terjadi maka seiring dengan berjalannya waktu pohon jati akan mengalami kelangkaan. Pohon jati memiliki pertumbuhan yang sangat lambat dengan germinasi rendah (biasanya kurang dari 50 %) yang membuat proses propagasi secara alami menjadi sulit, sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaan atas kayu jati.

Jenis-Jenis Kayu Jati Beserta Kekurangan Dan Kelebihan:

Jenis kayu jati ini paling cocok dibuat sebagai perabotan maupun rumah

1. Kayu Jati Perhutani

Jati perhutani atau disingkat (TPK) merupakan salah satu jenis jati yang memiliki tingkat dan kualitas paling unggul dan spesial. Hal tersebut tentu karena pertumbuhan pohonnya selalu di rawat dan di perhatikan langsung oleh Dinas Perhutani. Dalam pertumbuhannya jenis perhutani bisa dibilang sangat lama yakni mencapai 20 hingga ratusan tahun. Bahkan dalam setiap penebangannya pun tidak asal-asalan karena harus melalui seleksi untuk memastikan bahwa kualiatasnya sudah sesuai dengan standar.

Kelebihan Jati Perhutani

  • Memiliki serat kayu yang sangat padat
  • Jati perhutani sangatlah awet dan kuat diantara jati lainnya
  • Memiliki tekstur dan warna yang bagus
  • Batang kayu yang lurus dan berdiameter besar
  • Mengandung banyak minyak alami
  • Memiliki kualitas yang terkontrol dan terjaga

Kekurangan Jati Perhutani

  • Dengan semua kualitas yang di milikinya, kekuarangan dari jati perhutani ini adalah harganya yang mahal.

2. Kayu Jati Emas

Selain jati perhutani, di Indonesia ada lagi yang namanya jati emas. Jenis ini merupakan salah satu jenis jati yang banyak sekali di budidayakan oleh masyarakat kita karena memiliki masa pertumbuhan yang jauh lebih cepat. Biasanya, hanya dalam waktu 7 tahun sampai dengan 15 tahun saja, masyarakat sudah bisa menebangnya. Hanya saja dengan masa pertumbuhan yang bisa di katakan cukup singkat tersebut menjadikan pori-pori yang di miliki jenis ini terbilang cukup lebar.

Kelebihan Jati Emas

  • Kayu ini memiliki batang dan ranting yang lurus
  • Harganya lebih murah dibandingkan dengan Jati Perhutani

Kekurangan Jati Emas

  • Memiliki banyak sekali gubal atau bagian bagian kayu yang bercekung-cekung
  • Tingkat keawetan jati emas berada di tingkat sedang
  • Memiliki kadar air cukup tinggi

3. Kayu Jati Rakyat

Setelah jati emas, ada lagi nih jenis jati yang umumnya bisa di temukan di Indonesa, yaitu jati rakyat. Berbeda dari dua jenis yang kami sampaikan diatas, pertumbuhan batang pohon jati ini bisa dibilang memiliki kualitas yang kurang baik karena kebanyakan jenis jati ini memiliki batang pohon yang bengkok. Untuk masa pertumbuhannya pun terbilang cukup lambat yakni sekitar 15 tahun sampai dengan 25 tahun baru siap di tebang. Dari lamanya waktu tersebut tentu menjadikan jenis jati yang satu ini bisa memiliki motif serat serta pori-pori yang lebih padat di bandingkan jati emas.

Kelebihan Jati Rakyat

  • Harganya lebih murah dibandingkan jenis jati lainnya

Kekurangan Jati Rakyat

  • Memiliki gubal dan kadar air yang tinggi
  • Memiliki warna pucat

Manfaat Kayu Jati

1. Pembuatan Kapal Laut

Mempunyai struktur yang kuat, biasanya kayu jati juga biasanya dimanfaatkan sebagai material atau bahan baku pembuatan kapal laut.

2. Untuk Rumah

Dengan dimilikinya warna dan corak serta motif serat yang indah, tidak heran jika banyak sekali orang yang memanfaatkannya sebagai pembuatan konstruksi bangunan rumah serta segala macam perabotannya.

3. Tiang Rumah

Kuat dan tanah lama serta anti rayap menjadikan kayu jati pun juga banyak di manfaatkan sebagai penyangga rumah atau tiang rumah. Penggunaan jati ini tentu akan memberikan topangan yang cukup kuat pada bagunan rumah.

4. Dekorasi Outdoor

Selain diatas, kayu jati pun juga banayk di manfaatkan untuk pembuatan dekorasi outdour seperti meja ataupun kursi. Peletakannya di luar ruangan tentu tidak akan menjadi masalah karena kayu jati memiliki sifat yang tidak mudah lapuk dan berubah meski terkena cuaca ekstrim.

5. Untuk Lantai

Jika serakang sudah banyak sekali jenis lantai termasuk juga lantai vinyl yang memiliki serat hampir hampir seperti kayu jati. Namun penggunaan jati sebagai lantai pun masih banyak di inginkan karena memang keindahan seratnya begitu memukau.

6. Pembuatan Gazebo

Gazebo yang umumnya terletak pada halaman depan atau belakang rumah seringkali membutuhkan sebuah bahan yang kokoh dan kuat. Tidak heran apabila saat ini juga banyak kita jumpai bangunan gazebo dengan memanfaatkan kayu jati sebagai materialnya.

7. Untuk Bantalan Rel Kereta

Kekuatan dan ketahanan yang di miliki jati juga dimanfaatkan oleh PT KAI sebagai penyedia layanan transportasi kereta api untuk digunakan sebagai bantalan rel kereta api. Hanya saja sekarang ini mungkin sudah sangat jarang kita temui karena rata-rata sudah di gantikan oleh beton yang jauh lebih kuat dan tahan lama.

8. Rangka Konstruksi Jembatan

Sebelum banyak konstruksi jembatan yang menggunakan rangka besi dan beton cor, ternyata peran kayu jati juga sangat besar karena juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan jembatan.

9. Pembuatan Gitar

Gitar identik dengan sebuah ciri khas, maka tidak heran apabila kayu jati pun sangat banyak di manfaatkan para tangan-tangan kreatif untuk membuat gitar. Corak dan juga motif serat yang di miliki jenis kayu yang satu ini membuat gitar terlihat lebih mewah dan gagah.

10. Pembuatan Aquascape

Keberadaan jati pun banyak dimanfaatkan para tangan kreatif untuk membuat hiasan pada bagian dalam aquarium. Dengan adanya kayu didalam aquarium akan membuat tampilan jauh lebih menarik dan juga bisa di jadikan sebagai media untuk pertumbuhan tanaman air yang ada didalamnya.

11. Pembuatan Tangga

Manfaat jati yang selanjutnya adalah sebagai media atau bahan utama pembuatan tangga. Anda tidak perlu memberikan cat berwarna untuk membuatnya terlihat indah. Karena anda hanya perlu memnerikan pernis kayu agar serat yang dimiliki kayu jati terlihat lebih sempurna.

12. Mebel dan Furniture

Seperti diatas kami sampaikan salah satu manfaat jati adalah sebagai bahan mebel, furniture dan juga properti rumah. Jadi tidak heran jika sekarang ini banyak sekali mebel seperti meja makan, kursi dan juga kusen pintu.

Harga Kayu Jati

Dengan kualitas dan juga mutu yang dimiliki kayu jenis jati tentu saja harga yang di tawarkannya pun sangatlah mahal. Dan berikut adalah daftar harga kayu jenis jati untuk per meter kubiknya.

No Ukuran Harga
1. 3 x 10 x 250-300 Rp 14.500.000
2. 3 x 12 x 250-300 Rp 15.000.000
3. 3 x 15 x 250-300 Rp 15.500.000
4. 3 x 20 x 250-300 Rp 16.000.000
5. 3 x 25 x 250-300 Rp 16.500.000
6. 3 x 30 x 250-300 Rp 17.000.000
7. 4 x 12 x 250-300 Rp 15.500.000
8. 4 x 20 x 250-300 Rp 16.000.000
9. 4 x 25 x 250-300 Rp 17.000.000
10. 4 x 30 x 250-300 Rp 17.500.000
11. 5 x 12 x 250-300 Rp 16.900.000
12. 5 x 15 x 250-300 Rp 17.500.000
13. 5 x 20 x 250-300 Rp 17.800.000
14. 5 x 25 x 250-300 Rp 18.500.000
15. 5 x 30 x 250-300 Rp 19.300.000

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait