Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Intip 7 Denah Apartemen Dan Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu


Saat ini, tinggal di apartemen telah menjadi pilihan banyak masyarakat modern. Hal tersebut terjadi karena apartemen kerap kali berada pada lokasinya yang strategis, yaitu dibangun dekat dengan kawasan perkantoran, bisnis, industri, atau bahkan pusat perbelanjaan dan hiburan. Selain itu, apartemen juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang sangat memadai dan berstandar desain hunian modern seperti fitness center, jogging track, kolam renang, taman bermain, restoran, café, hingga minimarket.
Permintaan akan unit apartemen yang terus meningkat disambut baik oleh pengembang dengan menawarkan pilihan desain denah apartemen yang menarik. Denah atau tata ruang apartemen tidak kalah pentingnya dari info lokasi, jarak apartemen dari tempat kerja, atau akses transit terdekat. Dengan mengetahui denah apartemen, anda akan mendapat informasi mengenai properti yang ditawarkan, mencakup berapa luas ruang yang tersedia, bagaimana ruang-ruang yang ada saling berpadu, dan aliran antar ruangan di dalamnya.
Denah apartemen sendiri bermacam-macam, ada denah apartemen studio, denah apartemen 1 kamar, denah apartemen 2 kamar, dan lain sebagainya. Jika Anda berencana tinggal di apartemen, ada baiknya intip berbagai macam denah dalam artikel berikut dan pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhan.

Tipe - Tipe Apartemen 

  1. Studio
    Jenis apartemen yang paling banyak ditawarkan di pasaran adalah studio. Tipe ini biasanya hanya memiliki satu ruangan yang cukup besar tanpa sekat. Hanya kamar mandi yang dibangun terpisah. Ruang apartemen studio berfungsi all-in sebagai kamar tidur, ruang makan, ruang kerja dan ruang tamu. Dapur pun terletak di ruangan yang sama, biasanya diberi pemisah yaitu lemari atau meja bar. Dengan konsep simple dan praktis, jenis apartemen ini sangat hemat biaya perawatan.
  2. Apartemen Alcove
    Selain studio, apartemen alcove juga termasuk jenis studio karena ukuran dan fungsi ruangnya yang serupa dengan tipe studio. Perbedaan tipe studio dan alcove adalah bentuk ruangnya. Alcove adalah jenis apartemen studio yang ruangannya berbentuk L, di mana ruang terkecilnya dapat dijadikan kamar tidur yang lebih private. Tipe alcove juga biasa disebut sebagai half room.
  3. Convertible
    Apartemen tipe ini merupakan cara pemilik untuk menggabungkan kamar dan ruang tengah dan dibatasi dinding yang juga digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Biasanya bagian tengah dinding ini diletakkan TV yang menjorok masuk ke dalam dinding dan TV tersebut bisa dibolak-balik untuk menghadap ke ruang tengah atau ke kamar tidur. Ruang tengah pun dapat diubah menjadi dapur sewaktu-waktu dengan mengubah meja kopi menjadi meja makan.
  4. Junior
    Lebih besar dari studio, apartemen junior memiliki ruang kecil tambahan. Cukup untuk sedikit perabotan, ruang ekstra ini biasanya tidak memiliki pintu ataupun jendela dan umumnya digunakan sebagai kamar tidur. Apartemen Junior terkadang disebut juga one-bedroom apartment.
  5. Loft
    Sekilas tampilannya seperti loteng. Apartemen ini memiliki plafon yang tinggi karena ada tambahan ruang seperti area mezzanine. Area yang setengah lantai inilah yang dinamakan loft dan cenderung digunakan sebagai kamar tidur. Tipe apartemen ini tengah hits di beberapa kota besar dunia karena dianggap memiliki sirkulasi udara yang baik—karena jendelanya yang besar.
  6. Two-Bedroom
    Sesuai namanya, tipe-tipe apartemen ini lebih cocok untuk keluarga atau yang ingin tinggal bersama teman saat kuliah. Ruangannya terbagi jelas dengan ukuran lebih luas, di mana setiap kamar bisa memuat kasur dan lemari. Selain memiliki dua kamar tidur, jenis apartemen ini juga ada 2 kamar mandi, dengan salah satunya di dalam kamar. Harganya tentu saja lebih mahal dari studio.

Inspirasi Denah Apartemen

  1. Denah Apartemen 1 Kamar Tidur Dengan Balkon

    Berbeda dengan tipe studio, tipe 1 bedroom memiliki luas yang cukup lapang dengan sedikitnya penggunaan partisi yang hanya membatasi luas per ruangan. Denah apartemen di atas cocok banget untuk para generasi milenial yang masih melajang. Ruang makan yang gabung bersama dapur merupakan ciri utama apartemen minimalis yang menjunjung efisiensi bangunan. Balkon apartemen pun bisa dimanfaatkan sebagai ruangan bersantai tambahan yang dihiasi tanaman-tanaman hias agar apartemen lebih terasa homey, asri, dan hidup.
  2. Denah Apartemen Elegan Untuk Pasangan Baru

    Jika anda merupakan pasangan baru yang ingin menikmati momen berdua dengan santai, denah apartemen diatas tampil dengan gaya yang luxury dan elegan, serta sangat memadai untuk aktivitas keluarga kecil yang belum memiliki anak. Dengan tatanan dan tema modern, denah apartemen cukup simpel namun pembagian ruang cukup terakomodir dengan baik. Akses keluar masuk dan juga ruang TV yang cukup luas, menjadikan denah apartemen ini tampil apik, nyaman dan bikin betah.
  3. Denah Apartemen Tipe Studio Untuk Mahasiswa

    Denah apartemen tipe studio bisa diterapkan dengan membagi empat ruangan meskipun tidak dengan rasio yang seimbang. Bagian pertama ruang tamu atau tempat bersantai, kedua kamar tidur, ketiga dapur, keempat kamar mandi dan ruang penyimpanan. Antara kamar tidur dan ruang tamu tidak perlu ada sekat penuh sehingga terasa cukup luas, dapat pula ditambahkan meja kerja yang kehadirannya cukup penting bagi mahasiswa. Agar ruang tidak terasa pengap, pemilihan perabot juga mesti selaras. Tidak perlu memasang banyak furniture, karena hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan.
  4. Denah Apartemen 2 Kamar Tidur Dan 1 Kamar Mandi

    Seperti yang diketahui, layout apartemen 2 kamar cukup sering dijumpai pada produk apartemen dijual di Indonesia. Ini karena apartemen 2 kamar menawarkan pilihan yang lebih terjangkau, sebab luas bangunannya terbilang cukup memadai.  Beberapa layout dalam denah apartemen mungil biasanya memiliki ruang tengah, dining area, dan dapur yang tidak terlalu luas.
  5. Denah Apartemen Open Space

    Denah seperti ini banyak diaplikasikan untuk hunian para milenial yang masih melajang. Meski tinggal sendiri, anda bisa tetap merasa nyaman dengan penataan yang simple tanpa perlu banyak sekat tembok membatasi. Dengan nuansa di dalam rumah yang terbuka seperti ini, hunian akan terasa lebih luas dan lapang. Meski tak menempel, letak kamar mandi yang berada pas di sisi samping akan memudahkan untuk menjangkaunya. Ruang tamu, ruang makan dan dapur yang menyatu akan memudahkan pergerakan dalam menjalankan aktivitas. Dengan konsep open space yang memberikan kesan luas pada ruang tamu dapat digunakan untuk menjamu kerabat. 
  6. Denah Apartemen Dengan Tipe Loft

    Dengan langit-langit yang tinggi, tipe apartemen loft ini dapat memiliki ekstra ruang yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan Anda seperti kamar tidur. Denah apartemen loft akan terasa luas dikarenakan langit-langitnya yang tinggi. Sehingga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik. Denah apartemen tipe loft ini biasanya ditujukan untuk generasi muda yang aktif dan melakukan banyak produktivitas di dalam apartemen.
  7. Denah Apartemen Dengan Patio Lega

    Layout apartemen 1 kamar ini juga memiliki ruang terbuka yang cukup lega berupa patio, di mana penghuni bisa menambahkan furnitur untuk bersantai di luar ruangan dan mungkin menikmati santapan ala alfresco. Memilih denah apartemen dengan patio yang cukup luas dapat menjadi tips untuk Anda yang berencana membeli apartemen. Apartemen dengan patio yang luas dan nyaman tidak harus membeli apartemen dengan ukuran luas. 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait