Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inspirasi Desain Balkon Rumah Dan Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Balkon


Untuk Anda yang memiliki lahan sempit namun ingin memiliki banyak ruangan, membangun hunian dengan 2 lantai adalah solusinya. Dengan membangun rumah bertingkat tentu Anda dapat menambah beberapa ruangan sesuai dengan kebutuhan. Nah dengan konsep hunian 2 lantai, tentu Anda tidak asing dengan istilah balkon. Ya, balkon adalah teras di atas rumah yang memiliki beberapa fungsi di dalam rumah. Diantara fungsinya adalah untuk sirkulasi udara di lantai atas, serta untuk mempercantik tampilan rumah. Dewasa ini banyak desain balkon rumah yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Namun perlu diketahui banyak hal sebelum Anda mendesain balkon.

Macam-Macam Desain Balkon Rumah

Keberadaan balkon ini bisa menjadi penting untuk hunian Anda. Pasalnya untuk Anda yang sering berada di rumah, balkon bisa menjadi tempat istirahat yang baik. Sambil menikmati senja dan meminum kopi dengan keluarga bisa menjadi pengobat lelah selepas bekerja. Oleh karena keberadaan balkon ini sangat penting untuk hunian 2 lantai. Untuk Anda yang bingung dengan desain balkon rumah, berikut inspirasi desain balkon yang dapat dijadikan pilihan:

1. Balkon Bernuansa Kayu

Bahan dari kayu di yakini memiliki nuansa yang lebih natural dan klasik. Desain balkon dengan nuansa kayu ini juga akan membuat kesan lebih menyenangkan dan santai. Balkon yang dominan dengan bahan kayu juga bisa terlihat minimalis, Anda bisa mengkombinasikan dengan furniture outdoor dengan warna yang kalem agar terlihat elegan, serta beberapa dekorasi tanaman yang akan membuat balkon lebih indah.

2. Balkon Natural Modern

Selain dengan bahan kayu Anda juga bisa menggunakan bahan yang lebih modern. Bahan yang digunakan bisa dengan railing besi dan kawat. Desain balkon rumah ini juga tak kalah indah dan minimalis. Selain itu jenis balkon ini juga kuat dan tahan lama karena bahan yang berasal dari besi dan kawat yang tahan cuaca ekstrem. Anda bisa memadukan dengan kaca agar terlihat lebih mewah. Balkon seperti ini juga sangat cocok untuk tempat bersantai di pagi maupun sore hari.

3. Balkon Dengan Taman Mini

Desain lain balkon yang dapat dijadikan pilihan yakni dengan mengkombinsasikan balkon dan taman. Dikarenakan lahan yang sempit, Anda bisa memanfaatkan balkon menjadi taman mini. Tanaman yang Anda tanam bisa beragam, bisa tanaman hias, tumbuhan merambat, maupun bunga-bunga. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan lantai rumput sintetis agar terlihat lebih asri dan lebih terlihat santai. Desain ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain rumah natural.

4. Desain Balkon Klasik

Untuk Anda yang menyukai desain klasik, desain ini bisa Anda coba. Gunakan railing besi dan lantai keramik agar terlihat lebih klasik. Kombinasikan juga dengan perabotan dan dekorasi bernuansa klasik seperti lampu taman, kursi rotan, dan aksesoris lainnya yang sesuai. Desain balkon rumah ini sangat cocok untuk menikamti senja sambil minum kopi, terasa klasik namun tetap modern.

5. Balkon Modern Minimalis

Untuk Anda yang menyukai desain balkon rumah yang mewah dan elegan, Anda bisa mengaplikasikan desain balkon modern. Tampilan yang bersih dengan railing kaca, warna-warna dasar yang netral akan membuat kesan elegan dan mewah. Dengan mengkombinasikan dengan furniture yang sederhana seperti kursi dan meja berwarna dasar serta tanaman  yang terletak di beberapa sisi akan membuat balkon minimalis Anda tetap terlihat mewah.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Balkon

Untuk Anda yang memiliki hunian bertingkat pasti tidak asing dengan istilah balkon atau apapun sebutan lainnya. Ya, balkon adalah teras yang berada di atas rumah. Banyak fungsi dari balkon ini, salah satunya adalah sebagai sirkulasi udara pada setiap ruangan yang ada di lantai tersebut. Selain itu juga sebagai penambah dekorasi untuk memperindah tampilan hunian dengan berbagai desain balkon rumah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mendesain balkon, berikut diantaranya:

1. Tentukan Ukuran Balkon

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan ukuran balkon. Sesuaikan dengan ukuran luas bangunan atas rumah Anda. Usahakan ukuran balkon tersebut serasi dengan luas bangunan rumah Anda agar lebih enak dipandang dan tentu lebih indah. Jika ukuran balkon Anda sempit jangan menggunakan furnitur yang terlalu besar, itu akan membuat balkon Anda semakin sempit. Berbeda jika ukurannya luas maka Anda dapat menaruh meja dan beberapa dekorasi lainnya. 

2. Tentukan Letak Balkon

Alangkah baiknya letak balkon jangan menghadap jalan raya, hal ini akan menimbulkan polusi udara pada ruangan lantai atas rumah Anda. Karena hakikatnya fungsi balkon adalah untuk sirkulasi pada lantai tersebut. Lebih baik desain balkon rumah Anda menghadap taman rumah atau tempat yang dinilai lebih sejuk atau letakkan berlawanan dengan arah angin agar angin panas tidak masuk ke dalam ruangan. 

3. Pemilihan Pagar Balkon

Saat Anda membangun sebuah balkon alangkah baiknya Anda memperhatikan material yang akan digunakan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut keselamatan Ketika berada di balkon tersebut. Anda bisa memilih bahan dari besi yang kuat atau material lain yang tahan lama. Usahakan untuk menghindari material dari kayu, karena material kayu akan mudah lapuk dan patah, juga akan membayakan keselamatan.

4. Pilih Warna Balkon Yang Sesuai

Pemilihan warna pada desain balkon rumah sangat penting dilakukan. Hal ini agar hunian Anda terlihat lebih indah. Pilihlah warna balkon yang senada dengan rumah ataupun warna yang sekiranya serasi dipadukan dengan rumah Anda. Pemilihan warna yang salah akan membuat hunian terlihat aneh dan tidak enak dipandang.

5. Pilih Furnitur

Karena Balkon berada di luar rumah, pilihlah furnitur yang tahan air dan tahan cuaca. Pastikan furnitur outdoor yang benar-benar kuat dan tahan lama jika berada di balkon. beberapa furnitur yang cocok untuk balkon adalah kursi dari anyaman, bangku cor, bantal akrilik, dan lain sebagainya.

6. Perhatikan Dekorasi

Jika hunian Anda sempit, ini juga akan mempengaruhi luas balkon yang juga sempit dan padat. Anda harus memperhatikan desain balkon rumah seperti apa yang cocok untuk hal ini. Sebaiknya beri tanaman hias. Jika balkon Anda berukuran sedang, jadikan balkon Anda tempat yang nyaman. Beri satu set meja dan kursi untuk bersantai serta beberapa tanaman hias. Namun jika ukuran balkon Anda luas maka bisa Anda ciptakan ruangan untuk duduk, taman min, serta dekorasi yang menarik.

Itulah tadi macam-macam desain balkon rumah serta hal-hal yang perlu diketahui untuk saat mendesain balkon. pilihlah desain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Untuk mencari tau tips lainnya tentang hunian minimalis, Anda bisa mengunjungi website https://onlist.id Website anak bangsa ini juga ada banyak desain hunian minimalis yang bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin memiliki hunian minimalis. Dengan pelayanan yang maksimal serta harga yang terjangkau, ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Tunggu apa lagi, kunjungi sekarang juga.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait