Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inilah Tips Memelihara Hewan Peliharaan Agar Rumah Anda Tetap Sehat Dan Bersih


Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara oleh manusia yang harus dirawat dan dipenuhi kebutuhan hidupnya serta memiliki tempat yang layak. Hewan peliharaan dapat dianggap sebagai teman bagi manusia. Hewan peliharaan yang biasanya dipelihara paling banyak oleh manusia adalah kucing dan anjing. Pengertian Kucing adalah jenis hewan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Habitat kucing adalah di darat yang biasanya berbaur dengan manusia sebagai peliharaan dan ada juga yang hidup liar. Istilah kucing ini biasanya tertuju pada hewan kucing kecil yang telah jinak dan dipelihara manusia tetapi sebenarnya istilah kucing juga bisa merujuk kepada kucing besar seperti singa dan harimau. Anjing domestik atau Anjing adalah hewan mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu, bahkan kemungkinan sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama.
Hewan peliharaan tidak hanya dapat menghibur Anda dan keluarga, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Namun, jika tidak dirawat dan dijaga dengan baik, hewan peliharaan juga bisa berisiko menyebabkan masalah kesehatan.
Berbagai riset telah membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memelihara hewan. Namun, di sisi lain, hewan peliharaan yang tidak dirawat dengan baik dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti menularkan kuman, virus, atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit.
Maka dari itu jika ingin memelihara hewan jangan lupa untuk menjaga kebersihan agar tidak terkena penyakit dan rumah jadi tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah kebersihan hewan peliharaan untuk memiliki rumah yang sehat dan bersih:

  1. Grooming Kucing
    Grooming atau deep grooming merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk kucing indoor. Kegiatan perawatan kucing rumahan biasanya meliputi mandi, menyikat dan menyisir bulunya, memotong kukunya, dan membersihkan area di sekitar mata dan telinganya. Selain menjaga kucing tetap bersih dan bebas bau, ada beberapa manfaat positif dari merawat kucing dengan hati-hati. Manfaat:
    - Membersihkannya Dari Bakteri Dan Ektoparasit
    Ektoparasit adalah parasit yang hidup di luar tubuh inang, seperti kutu, caplak, dan tungau. Salah satu penyakit serius yang dapat disebabkan oleh ektoparasit adalah anemia karena ada ektoparasit yang menelan darah inangnya.
    - Mencegah Bulu Rontok
    Kucing yang tidak dirawat dengan baik akan melahirkan kutu yang dapat menyebabkan kucing terus menggaruk. Ini pada gilirannya dapat menyebabkan bulu kucing cenderung rontok, yang tidak diinginkan oleh pemilik kucing mana pun. Untungnya, merawat kucing Anda dapat membantu mencegah kutu, yang mencegah kerontokan rambut.
    - Menjauhkan Jamur, Bakteri, Dan Virus
    Membersihkan bulu kucing secara teratur dapat melindungi kucing dari jamur, bakteri, dan virus yang dapat berkembang biak pada bulu yang kotor. Selain itu, menjaga kebersihan bulu kucing tentunya akan membuat teman berbulu Anda semakin menggemaskan.
    - Menjadikan Kucing Merasa Baik
    Jika kucing dalam keadaan sehat, bersih dan wangi, secara alami ia akan merasa lebih baik dan terhindar dari stres.
    - Mencegah Iritasi Kulit Pada Kucing
    Saat merawat masalah hewan peliharaan tertentu, biasanya ada proses grooming berupa penyikatan. Menyikat dan menyisir bulu sangat membantu dalam menyebarkan minyak alami di tubuh kucing dan menghilangkan kotoran. Manfaat dari grooming kucing melalui proses ini antara lain menghindari iritasi dan mencegah kerutan pada kulit. Bagi pemilik kucing, memang sangat penting sekali untuk melakukan grooming pada kucing kesayangan. Namun, jangan asal melakukan grooming sembarangan dan jika belum pernah melakukannya sebaiknya menggunakan jasa grooming kucing seperti Faunafella atau yang lain yang ada disekitar anda. Selain membuat nyaman dan tidak stres pada kucing, menggunakan layanan jasa grooming bisa membuat kucing lebih sehat dan senang.
  2. Rajin Membersihkan Rumah
    Bersihkan rumah anda secara rutin agar rumah terlihat nyaman dan jquh dari kotoran yang berserakan apalagi jika anda memiliki hewan peliharan. Hewan peliharaan anda dan anda bisa terkena penyakit. 
  3. Memiliki alat pembersih bulu hewan 
    Seringkali bulu hewan menempel di karpet, sofa, tempat tidur menjadi salah satu permasalahan pemilik hewan maka, anda wajib membersihkan bulu yang rontok dengan alat pembersih bulu agar lebih efektif agar tidak terhirup dan menumpuk diparu-paru. 
  4. Mempunya Tempat PUP Yang Rapi
    Litter box adalah tempat kucing untuk membuang air besar dan air kecil dengan media pasir. Jangan biarkan pup kucing dibiarkan lebih lama karena untuk menghindari bau yang tidak sedap dan memicu penyakit. Dan jangan lupa mencuci tempat pup hewan. 
  5. Membersihkan Kandang Hewan
    Selain untuk kenyamanan hewan itu sendiri membersihkan kandang hewan juga mempunyai manfaat untuk pemiliknya yaitu, untuk mencegah kotoran yang bisa memicu penyakit. Dan juga agar rumah terlihat rapi. 
  6. Menyemprotkan Pewangi Di Rumah
    Jangan lupa untuk menghilangkan bau yang tidak sedap yang disebabkan oleh hewan peliharaan gunakan pengharum ruangan agar rumah tampak lebih segar.
  7. Bersihkan Tempat Makan Dan Minum Hewan
    Bersihkan tempat makan dan minum hewan merupakan secara tidak langsung membersihkan rumah anda sendiri. Buang makanan yang tidak habis agar tidak membusuk dan menimbulkan bau.

Dapat dikatakan bahwa rumah sehat adalah bangunan tempat berlindung dan beristirahat serta sebagai sarana pembinaan keluarga yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental dan sosial, sehingga seluruh anggota keluarga dapat bekerja secara produktif. Dan memiliki suasana yang bersih, nyaman, dan terhindari dari penyakit. 
Pada umumnya rumah yang sehat harus mempunyai fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

  1. Penyediaan Air Bersih Yang Cukup
    Agar kita dapat menggunakan air bersih untuk minim, makan, mandi agar kita terhindar dari penyakit.
  2. Pembuangan Tinja
    Kita harus memiliki jamban sendiri karena jika kita menggunakan jamban secara bersama-sama maka akan timbul kotoran dari bekas orang lain sehingga menimbulkan berbagai penyakit. 
  3. Pembuangan Air Limbah (Air Bekas)
  4. Tempat Pembuangan Sampah
    Sebaiknya kita harus membuat tempat sampah berdasarkan jenisnya. Seperti warna merah untuk sampah berbahaya dan beracun, warna kuning untuk anorganik, dan warna hijau untuk sampah organik
  5. Fasilitas Dapur
    Lebih baik jika kita memiliki fasilitas dapur yang memadai seperti memiliki kompor, tabung elpiji, wastafel, dan lain sebagainya agar kita lebih mudah untuk melakukan aktivitas memasak.
  6. Ruang Berkumpul Keluarga
    Memiliki ruang keluarga itu tidak harus. Semua ruangan memungkinkan bisa menjadi ruang keluarga seperti, ruang makan, teras, halaman rumah. Tetapi jika ingin lebih nyaman anda bisa membuat ruang keluarga sendiri. 

Nah itu adalah tips dan trik agar rumah anda terlihat lebih sehat meskipun anda memiliki hewan peliharaan. Untuk mengetahui berbagai informasi tentang rumah anda bisa mengunjungi web http://www.onlist.id. Semoga informasi yang kami sampaikan tersampaikan dengan baik

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait