Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inilah Inspirasi Ruangan Yang Cocok Berada Di Rubanah (Ruang Bawah Tanah)


Rubanah adalah sebuah tingkat atau beberapa tingkat dari bangunan yang keseluruhan atau sebagian terletak di bawah tanah. Rubanah adalah ruang bawah tanah yang merupakan bagian dari sebuah bangunan. Pada masa ini rubanah dibuat sebagai usaha untuk mengoptimalkan penggunaan lahan yang semakin padat dan mahal. Tidak semua bangunan memiliki rubanah. Untuk bangunan yang memilikinya, tungku perapian (furnance) alat pemanas air (water heater), pelataran mobil dan sistem pengaturan suhu dari satu rumah atau bangunan secara khas terlokasi pada tingkatan terbawah bangunan ini, sehingga menjadi suatu kenyamanan tersendiri untuk pemasangan dan aplikasi seperti sistem distribusi elektrik dan titik distribusi televisi kabel.
rubanah memberikan satu kesempatan untuk ahli bangunan untuk mencapai suatu titik balik dalam pengeluarannya dan customer / klien untuk mendapatkan keuntungan dengan membangun sebuah bangunan yang bernilai potensi lebih. Dalam pelaksanaan konstruksi rubanah, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan, yakni metode konstruksi retaining wall dan dewatering.

Tips Membangun Ruang Bawah Tanah

Membangun ruangan bawah tanah adalah salah satu keinginan yang cukup menarik. Membangun ruangan tambahan tersebut memang bukanlah hal yang kompleks tapi membutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar dan perhitungan yang matang karena kekuatan struktural dari sebuah bangunan akan sangat berpengaruh sekali dari tanah yang diambil di bawahnya. 
Apabila tertarik untuk membangun sebuah ruangan tambahan di bawah tanah maka ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti seperti berikut ini:

  1. Membangun ruangan di dalam tanah berbeda dengan membangun sebuah bangunan umumnya di atas tanah. Proses pembangunan perlu dilakukan secara berhati-hati supaya tidak mengacaukan kondisi struktural dari bangunan utama rumah dan membahayakan seluruh penghuni yang ada di dalamnya.
  2. Buatlah terlebih dahulu pemetaan di bawah rumah, pastikan di dalam tanah tersebut tidak terdapat sumur, saluran pipa gas bawah tanah dan saluran listrik lainnya yang bisa membahayakan proses pembangunan yang sedang dilakukan.
  3. Proses penggalian akan membutuhkan waktu yang lama apabila tidak dengan menggunakan alat berat. Pastikan sudah mendapatkan izin dari warga sekitar untuk melakukan pembangunan dan memanfaatkan alat berat.
  4. Ketika proses penggalian selesai, bisa menentukan penggunaan jenis tembok apa yang ingin digunakan. Ada banyak sekali jenis material tembok atau dinding yang bisa digunakan untuk ruangan bawah tanah. Tembok yang terbuat dari cor beton merupakan salah satu opsi terbaik karena bisa memberikan sebuah kekuatan struktural yang baik dibandingkan dengan harus menggunakan tembok kayu pada ruangan di bawah tanah tersebut.
  5. Karena ruang di bawah tanah tidak memiliki sumber pencahayaan alami, jangan lupa juga untuk menambahkan berbagai lampu tambahan untuk menerangi seisi ruangan dengan baik dan mencegah mata menjadi rusak.

Desain rumah dengan ruangan bawah tanah mungkin belum banyak ditemui di Indonesia. Namun, jika berencana membuatnya, pastikan ruangan tersebut memiliki kegunaan sama seperti ruang biasa. Selain menambah keunikan rumah, ini juga bisa menambah fungsi rumah.
Berikut ini adalah ide memanfaatkan ruangan bawah tanah yang bisa jadikan referensi.

  1. Ruang Gym
    Jika keluarga memiliki hobi olahraga maka tidak ada salahnya memanfaatkan ruangan bawah tanah sebagai tempat gym. Banyak yang mengurungkan memiliki ruang gym karena tidak sesuai dengan konsep rumah. Nah, dengan memanfaatkan ruang bawah tanah, tetap bisa mempertahankan tatanan rumah tanpa harus terganggu dengan adanya ruang gym. Selain itu, memiliki sebuah ruang gym yang berada di bawah tanah memberikan sebuah kebebasan untuk bisa berolahraga dengan privasi tanpa harus takut untuk dilihat dan diperhatikan oleh orang lain.
  2. Bioskop Mini
    Dibandingkan harus mengeluarkan biaya tiap minggu untuk menonton film ke bioskop, mengapa tidak membuat bioskop sendiri saja di rumah? Bioskop mini bisa jadi insipirasi pemanfaatan ruangan bawah tanah berikutnya. dan keluarga bisa menonton sepuasnya dengan volume suara yang lumayan keras tanpa membuat tetangga risih. Ini karena lokasinya yang berada di bawah tanah. Lengkapi bioskop mini di ruangan bawah tanah ini dengan kursi nyaman, layar besar, dan sound system yang mumpuni agar serasa menonton di bioskop sungguhan.
  3. Private Bar
    Manfaatkan ruangan bawah tanah yang tidak terpakai menjadi private bar ala rumah di Amerika. Ruangan ini akan menjadi salah satu ruang tujuan untuk menyambut tamu, sahabat, atau hanya sebagai tempat bekerja yang membutuhkan keheningan ekstra. Bisa menambahkan long chair agar terkesan seperti bar pada umumnya. Memiliki desain dengan dinding gelap dan lampu gantung terang, membuat bar bawah tanah menjadi tempat sempurna untuk mencicipi secangkir kopi atau minuman lainnya yang nikmat.
  4. Ruang Gaming
    Jika memiliki anak atau keluarga yang memiliki hobi bermain game tapi tidak mau merubah tatanan kamar dan memenuhinya dengan serba-serbi peralatan game? Nah, yuk manfaatkan ruangan bawah tanah! Sebuah ruangan untuk bermain game ataupun melakukan streaming selama melakukan permainan game merupakan sebuah impian bagi setiap remaja saat ini. Ruang gaming yang berada di ruangan bawah tanah akan membuat suara bising dari luar tidak akan masuk ke dalam dan mengganggu sesi permainan sama sekali.
  5. Studio Musik
    Sama seperti ruang gaming, studio musik juga membutuhkan keheningan agar tidak mendapat gangguan dari luar maupun terdengar berisik. Apabila  memiliki jiwa seni yang tinggi dan ingin bermain musik tanpa harus takut untuk mengganggu tetangga di sekitar rumah maka  bisa mencoba untuk memiliki sebuah ruang studio musik di ruang bawah tanah yang sangat terisolir dari rumah-rumah yang berada di dekat rumah tinggal. Dengan memiliki sebuah ruang studio musik ruangan bawah tanah, ini memberikan kesempatan untuk bermain lagu tanpa harus khawatir suaranya akan mengganggu lingkungan di sekitar.
  6. Kamar Tidur
    Jauh dari kesan yang suram, ternyata ruang bawah tanah juga bisa disulap menjadi kamar tidur yang nyaman. Kamar tidur yang dindingnya dibiarkan tanpa acian semen dan menamapkan susunan batu bata ini memiliki nuansa tradisional. Agar terang, dindingnya dicat warna putih dan diberi lampu pada beberapa sudut. Furnitur dari kayu dan lantai ubin membuat nuansa tradisionalnya semakin terasa.
  7. Ruang keluarga
    Ide berikutnya ada ruangan bawah tanah yang dimanfaatkan sebagai ruang keluarga modern. Tampilannya tidak berbeda jauh dengan ruang keluarga biasa, hanya saja tidak ada jendela yang menjadi jalur masuknya sinar matahari. Tenang saja, di ruang bawah tanah ini ada banyak lampu yang menggantikan sinar matahari. Ukurannya cukup luas hingga bisa menampung sofa bed besar dan meja bilyar. Juga bisa membuat ruang keluarga bergaya minimalis dengan pilar-pilar dan pintu kayu. Permukaan lantainya dilapisi karpet sehingga orang yang mampir ke ruang bawah tanah ini akan merasa lebih nyaman.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait