Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inilah Faktor Yang Mempengaruhi Harga Tanah Di Tahun 2021 Ini


Anda ingin membeli atau menjual tanah? Usahakan untuk membeli tanah ketika harganya sedang turun. Sebaliknya, jual tanah ketika harganya sedang naik. Sebelum itu, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja faktor yang mempengaruhi harga tanah. Hal ini dikarenakan tanah memiliki spesifikasi khusus agar dapat terjual mahal. Untuk itu, simaklah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi harga dibawah ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Tanah Di Tahun 2021

Tanah merupakan salah satu investasi yang secara kualitas nilainya hampir sama dengan emas. Hampir setiap tahun harga tanah tidak pernah turun. Akan tetapi, tidak dipungkiri juga kalau suatu waktu harga tanah bisa turun perlahan ataupun drastis. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bagi Anda para milenial yang ingin menekuni bidang investasi tanah, Anda harus tahu faktor-faktor yang membuat harga tanah bisa naik ataupun turun. Hal ini bertujuan agar meminimalisir adanya kerugian ketika berinvestasi. Faktor yang mempengaruhi harga tanah adalah :

1. Lokasi Tanah

Seperti yang sudah Anda tahu, harga tanah di setiap daerah pasti berbeda-beda. Hal ini dikarenakan lokasi merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap harga tanah. Harga tanah yang jauh dari pusat fasilitas akan lebih murah dari harga tanah yang dekat dengan pusat fasilitas. Peluang terjualnya tanah juga akan semakin tinggi jika lokasi tanah mudah dijangkau dan dekat dengan fasilitas. Para investor akan lebih tertarik dengan lokasi tanah yang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat fasilitas. Hal ini dikarenakan tanah tersebut akan lebih menguntungkan ketika didirikan bangunan di atasnya.

2. Permintaan Pembangunan

Permintaan pembangunan juga mempengaruhi harga tanah. Semakin banyak permintaan pembangunan di suatu daerah, harga tanah juga akan semakin naik. Sebaliknya, jika permintaan pembangunan tidak banyak, harga tanah cenderung stagnan dan lebih murah. Permintaan pembangunan biasanya terjadi di kota-kota yang sedang berkembang.

3. Objek Yang Berada Di Atas Tanah

Adanya objek di atas tanah juga mempengaruhi harganya. Hal ini dikarenakan objek tanah juga memiliki nilai ekonomis tersendiri. Semakin banyak manfaat dari objek yang berada di atas tanah, semakin mahal pula harganya. Berbeda dengan tanah kosong atau tidak memiliki objek di atasnya. Harganya cenderung lebih murah.

4. Rawan Tidaknya Terkena Bencana Alam

Sebenarnya faktor ini tidak terlalu berpengaruh pada harga tanah yang lokasinya terlanjur menjadi pusat kegiatan masyarakat dan mudah dijangkau. Meskipun di daerah rawan bencana, harga tanah tersebut akan tetap mahal. Hal ini dikarenakan daerah tersebut akan tetap menjadi pusat kegiatan masyarakat meskipun rawan bencana alam. Sementara untuk efek ke depannya akan tetap diminimalisir. Berbeda dengan daerah yang sulit dijangkau, sepi, dan rawan terkena bencana. Harga tanah di daerah tersebut cenderung murah.

5. Biaya Administrasi

Biaya administrasi juga mempengaruhi harga tanah. Jadi ketika Anda membeli tanah, tidak serta merta Anda hanya membeli tanah saja. Akan tetapi ada administrasi yang harus dilengkapi dan dibayar. Seperti, PPN, akta jual-beli, notaris, sertifikat, dan lain-lain.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga tanah di tahun 2021. Sebenarnya masih ada banyak lagi faktor yang mempengaruhi. Akan tetapi, secara garis besar kelima faktor di atas sudah mewakili semuanya. Di tahun 2021 ini bisnis properti seperti jual-beli atau sewa tanah dan bangunan masih cukup menjanjikan. Jadi, kunjungilah https://onlist.id/ untuk informasi yang lain mengenai dunia properti. Platform tersebut merupakan platform properti online yang dikelola oleh anak bangsa sendiri. Disana tersedia banyak informasi seputar dunia properti. Anda juga dapat belajar mengenai investasi di platform tersebut.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait