Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inilah Cara Perawatan Kamar Mandi Yang Benar



Kamar mandi adalah ruangan atau tempat yang digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran, untuk mandi, membuang air besar, buang air kecil, sikat gigi, dan masih banyak lagi. Saat ini fungsi kamar mandi tidak hanya sebagai tempat untuk membersihkan tubuh saja, namun banyak dimanfaatkan untuk tempat relaksasi dan berbagai ide kreatif lainnya yang memanfaatkan kamar mandi di dalam rumah. Misalkan dulu kamar mandi hanya terdiri dari bak dan kloset saja, sekarang sudah memiliki beragam lainnya di dalam ruang kamar mandi. Bahkan, saat ini kamar mandi memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu kamar mandi basah dan kering.

Jenis – Jenis Kamar Mandi

  1. Kamar Mandi Basah
    Tipe yang satu ini merupakan jenis kamar mandi yang terdiri dari bak air dan kloset yang menyatu. Merupakan kamar mandi yang paling umum dan harus ada, baik itu di rumah minimalis sekalipun. Biasanya ruangan ini digunakan untuk membersihkan tubuh, mandi, dan membuang hajat. Sama seperti namanya, ruangan ini setiap hari pasti selalu basah karena selalu terkena percikan air.
  2. Kamar Mandi Kering
    Biasanya kamar mandi ini terdiri dari area shower dan kloset. Diantara kedua tersebut dibatasi dengan kain atau tirai, kaca, atau tembok. Hal ini bertujuan agar ruang shower yang basah tidak akan menyebar ke seluruh ruangan karena sudah ada pembatas antara ruang shower dan kloset serta westafel untuk menjaganya agar tetap kering. Untuk saat ini, ada kamar mandi yang menggunakan bathtub untuk menjaga area lainnya  agar benar-benar kering. Biasanya bathtub memiliki shower namun dibatasi dengan tirai dan bisa tetap membuat kawasan lain di kamar mandi tetap kering.
    Kamar mandi juga harus dibersikan agar kotoran kotoran yang menempel di area kamar mandi hillang dan juga terhalang dari penyakit terutama penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk yang bertelur di air bersih seperti bak mandi. Bagaimana cara merawat kamar mandi dengan benar? Berikut caranya:

Cara Merawat Kamar Mandi:

  1. Kuras Bak Mandi
    Membersihkan bak mandi Anda setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti. Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang.
  2. Bersihkan Toilet 
    Gosok toilet dengan sabun, disinfektan, atau cairan pembersih khusus toilet seminggu 1-2 kali. Pastikan juga untuk membersihkan WC yang mampet. Selain itu, ada baiknya Anda menutup toilet setiap kali menekan tombol flush untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri di kamar mandi.
  3. Bersihkan Dinding Kamar Mandi
    Ketika Anda sedang mandi, tanpa disadari ada begitu banyak air bercampur sabun atau sampo yang menyiprat ke dinding kamar mandi. Nah, cipratan air inilah yang sering kali memicu timbulnya kerak di dinding. Untungnya, cara membersihkan kerak di dinding kamar mandi tidak sesulit yang Anda bayangkan. Noda yang ringan dapat Anda hilangkan dengan mengguyur air dan mengelapnya. Anda juga bisa menggunakan sikat dan sabun atau cairan khusus pembersih kerak jika nodanya cukup membekas.
  4. Bersihkan Sudut – Sudut Kamar Mandi
    Bersihkan bagian sudut kamar mandi, biasanya bagian paling sudut adalah bagian yang paling kotor, jika tidak dibersihkan maka banyak kotoran yang menumpuk.
  5. Bersihkan Lantai Kamar Mandi
    Area tersebut berukuran sangat kecil, tetapi rentan menjadi tempat kotoran bersarang. Jika dibiarkan, bisa-bisa lumut atau jamur tumbuh di celah lantai kamar mandi. Maka dari itu, pastikan Anda menyikat lantai kamar mandi secara menyeluruh, khususnya di bagian celah-celah ubin. Saat menyikat, Anda bisa menggunakan sabun, karbol, atau produk pembersih rumah lainnya.
  6. Bersihkan Kaca Yang Ada Di Kamar Mandi
    Cermin di kamar mandi juga harus Anda perhatikan. Cermin rentan kotor, terlebih jika diletakkan di dekat wastafel dan sering terkena percikan air. Anda harus segera membersihkan cermin tersebut agar cermin tidak buram karena terkena air yang mengering.
  7. Jaga Sirkulasi Udara Di Kamar Mandi
    Pada dasarnya, kamar mandi memang tempat yang cenderung lembap. Namun, kelembapannya bisa semakin tinggi jika sirkulasi udara kamar mandi kurang baik. Oleh karena itu, pastikan udara keluar dan masuk dengan mudah di kamar mandi Anda. Jika Anda tidak sedang menggunakan kamar mandi, biarkan pintunya terbuka lebar.
  8. Cek Instalasi Air
    Cek instalasi air dikamar mandi untuk penggunaan kamar mandi yang lebih nyaman. Cek bagian kran untuk bak mandi, cek bagian shower jika mempunyai, cek bagian wastafel. Hal itu perlu dilakukan karena jika instalasi air rusak atau bocor anda tidak perlu kaget karrna ada yang tiba – tiba bocor.
  9. Ganti Produk Yang Sudah Lama
    Ganti produk yang ada dikamar mandi dengan produk baru. Jika anda menggunakan produk expired anda bisa terkena penyakit atau infeksi. 
  10. Letakkan Lilin Aroma Terapi
    Lilin Aromaterapi dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menghilangkan stres dan kecemasan. Lilin aromaterapi membuat Anda sangat nyaman bagi siapa saja untuk menikmati alat penerang sekaligus penambah mood tersebut. Berendam di bak mandi berbusa dan menikmati aroma manis dari vanila dan lavender, pasti akan buat tubuh lebih rileks bukan. Aroma linen juga bisa menjadi pilihan lain karena efeknya yang menenangkan dan menyegarkan. Untuk suasana kamar mandi yang lebih segar, hiasi ruangan kamar mandi dengan lilin aromaterapi jeruk atau mint.

Manfaat Membersihkan Kamar Mandi:

  1. Mengurangi Penyebaran Penyakit
    Menjaga kebersihan kamar mandi akan mengurangi risiko untuk terjangkit penyakit. Karena dipenuhi oleh virus dan bakteri, penyakit bisa saja mengjangkit Anda ketika tubuh Anda tidak dalam keadaan fit. Selalu bersihkan kamar mandi secara menyeluruh mulai dari yang terlihat sampai yang jarang terlihat seperti keran, tirai dan gagang pintu.
  2. Menghilangkan Bau Tak Sedap
    Sebagai tempat membuang kotoran, tak jarang toilet menimbulkan aroma tak sedap, apalagi jika Anda atau anggota keluarga lain baru saja mengonsumsi makanan yang memicu semakin buruknya aroma feses yang dikeluarkan.
  3. Menghindari Kelembaban
    Ruangan yang lembab merupakan tempat yang disenangi lumut dan jamur untuk tumbuh. Selain itu, kamar mandi bersuhu lembab juga bisa menimbulkan kerak pada dinding. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan exhaust fan atau kipas elektronik yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dari dalam kamar mandi.
  4. Kamar Mandi Terlihat Rapi Dan Bersih
    Kamar mandi yang bersih dan rapi adalah pertanda bahwa kamar mandi itu sering dibersihkan. Anda harus menjaga kebersihan dan kerapian kamar mandi yang anda gunakan untuk kenyamanan anda saat memakainya.
  5. Kamar Mandi Layak Digunakan
    Kamar mandi layak digunakan jika kamar mandi tersebut bebas dari sarang nyamuk yang mengakibatkan penyakit. Kamar mandi terlihat sehat dan semangat untuk membersihkan tubuhpun jadi lebih meningkat.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait