Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inilah Beberapa Keuntungan Beli Rumah Di Jakarta Timur


Memilih lokasi untuk properti seperti rumah memang sedikit rumit. Namun, ketika sudah menemukan tempat yang cocok, maka Anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan kondisi sekitar. Bagi Anda yang ingin memiliki hunian di bilangan Jakarta dan terhitung strategis, membeli rumah di perumahan area Jakarta Timur menjadi sebuah pilihan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, seperti :

1. Land Bank Masih Luas

Jakarta Timur memiliki wilayah paling luas, yakni 188 kilometer persegi, atau sekitar 28,4 persen dari total luas Jakarta yang mencapai 661 kilometer persegi. Namun, dengan perkembangan permukiman paling lamban, membuat lahan kosong (land bank) di Jakarta Timur masih cukup banyak tersedia untuk properti hunian dan rumah dijual oleh pengembang.  Bila Anda lihat perkembangan kawasan daerah di sekitar Jakarta Utara, kini sudah tidak ada lahan untuk rumah dijual. Untuk menambah lahan rumah dijual, pemerintah bahkan membangun proyek di lahan reklamasi pantai. Sementara kawasan Jakarta Selatan kini juga sudah padat hingga mencapai perbatasan dengan Bogor, sehingga sulit sekali menemukan rumah dijual pengembang, sebagian besar rumah dijual di pasar sekunder. Bila Anda simak peta permukiman Jakarta Timur, maka akan terlihat bahwa kawasan ini lebih banyak diisi oleh permukiman penduduk dan rumah swadaya, tak banyak proyek rumah dijual apalagi berskala besar yang dikembangkan developer. Kawasan selatan Jakarta Timur yang berbatasan dengan Depok dan Cileungsi atau kawasan selatan yang berbatasan dengan Jakarta Selatan terlihat sudah padat penduduk. Kawasan yang paling banyak lahan untuk rumah dijual adalah di utara dan timur laut yang berbatasan dengan Bekasi dan Jakarta Utara.

2. Kebanggaan Jadi Warga Ibukota Jakarta

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa ada kebanggaan tersendiri bisa menjadi warga ibukota Jakarta, dibanding menjadi warga daerah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, atau Depok. Keberadaan Jakarta Timur yang merupakan bagian dari Jakarta, menjadi kelebihan bagi proyek properti dan rumah dijual di sana. 

3. Infrastruktur Dan Transportasi Umum

Sejak dulu, Jakarta Timur merupakan salah satu pintu masuk ke Jakarta dari kota-kota di pulau Jawa. Pasalnya, di Jakarta Timur-lah letak terminal-terminal bus antar kota terbesar. Sebut saja terminal Kampung Rambutan, terminal Pulo Gadung, dan yang terbaru dan paling modern berada di Pulo Gebang. Sebagaimana halnya kawasan Bekasi dan Timur Jakarta lain, kawasan Jakarta Timur juga mendapat berkah dari masifnya pembangunan infrastruktur yang dikerjakan pemerintah. Setelah jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang sudah tersambung, kawasan Jakarta Timur juga bakal menikmati infrastruktur tol baru, yakni Becakayu (Bekasi – Cawang – Kampung Melayu) yang akan segera rampung. Selain itu, jalur light rail transit (LRT) yang tengah dirampungkan bakal menghubungkan Jakarta Timur dengan kawasan di Selatan Jakarta hingga Bogor. Selain itu, Jakarta Timur saat ini dilengkapi dengan moda transportasi bus TransJakarta dan KRL Commuter Line yang bisa menghubungkan kawasan ini dengan pusat bisnis Jakarta serta kawasan lain di sekitar ibukota. Semua ini menjadi nilai lebih bagi rumah-rumah dijual pengembang properti atau rumah-rumah dijual second di Jakarta Timur.

4. Fasilitas Umum

Di sisi fasilitas umum, Jakarta Timur tidak kalah dengan kawasan lain di Jakarta. Untuk fasilitas kesehatan, Jakarta Timur memiliki beberapa rumah sakit ternama, seperti Rumah Sakit Persahabatan, Rumah Sakit Polri Said Sukanto, Rumah Sakit Haji, dan RSUD Pasar Rebo.   Fasilitas pendidikan pun tak kalah lengkap, mulai dari tingkat TK hingga universitas. Beberapa kampus favorit di Jakarta Timur, sebut saja Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Darma Persada, dan Universitas Jayabaya.  Semua fasilitas ini juga menjadi nilai lebih bagi rumah-rumah dijual pengembang properti atau rumah-rumah dijual second di Jakarta Timur. 

5. Harga Rumah Dijual Cukup Terjangkau

Dengan ketersediaan lahan di Jakarta Timur yang masih banyak dan harga tanah yang belum menanjak maksimal, maka investor maupun end user rumah dijual akan masuk kembali ke timur.  Hal ini juga yang membuat Jakarta Timur menjadi kawasan sunrise property.  Untuk harga rumah dijual pengembang di Jakarta Timur masih cukup terjangkau oleh kalangan menengah, rata-rata rentang harga dimulai Rp1 miliar.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait