Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Inilah 12 Cara Memanfaatkan Lahan Sempit Di Halaman Rumah


Adakah dari anda mempunya lahan sempit dan kebuetulan kosong di rumah? Jika YA perhatikan dan simak beberapa tips dan trik memanfaatkan lahan kosong dan sempit di halaman rumah.
Di setiap rumah pasti ada halaman sisa, baik di depan atau di belakang, mau itu luas atau pun sempit. Meski halaman itu sempit, tapi amat sayang bila tidak dimanfaatkan. Jika dimanfaatkan malah bisa menguntungkan. Halaman sisa yang dimaksud di sini di luar garasi. Walau biasa dimanfaatkan untuk menjemur pakaian, tapi masih banyak cara memanfaatkan halaman sisa di rumah.
Lahan kosong dan sempit sering dibiarkan begitu saja karena memiliki berbagai alasan seperti, lahan yang ukurannya kecil sering menjadi penghalang jika ingin membuat atau membangun sesuatu. Alasan berikutnya karena lahan yang jaranh dirawat sehingga mempunyai tanah yang tidak bagus. Lahan bekas pakai juga serinh menjadi alasan lahan itu menjadi kosong. Lahan sisa pembanguna juga mungkin menjadi alasan lahan itu kosong dan dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya. Berikut beberapa ide untuk membuat lahan sempit anda menjadi salah satu spot yang menarik di rumah anda. 

  1. Jadikan Sebagai Lahan Hijau
    Halaman sisa di rumah pun dapat dimanfaatkan menjadi lahan hijau. Dengan cara bercocok tanam hidroponik, pemilik rumah dapat menanam aneka sayuran seperti daun bawang, selada, tomat, cabe rawit, kangkung, bayam, kemangi, dan sayuran lainnya. Hasilnya dari bercocok tanam tersebut dapat dimanfaatkan pemilik rumah untuk keperluan dapur. Jika menanamnya dalam jumlah yang banyak, bahkan bisa di jual. Menguntungkan bukan.
  2. Tempat Bermain Anak
    Untuk pemilik rumah dan sudah punya anak, halaman sisa di rumah dapat dimanfaatkan jadi tempat bermain buah hati. Ya, pada halaman sisa tersebut dapat dibekali beberapa faslitas bermain anak, seperti ayunan atau perosotan plastik. Tidak perlu yang permanen, sekarang banyak tersedia permainan yang dapat dibongkar-pasang. Jangan lupa untuk selalu perhatikan keamanan anak agar nyaman bermain.
  3. Area Basah
    Bila memiliki rumah, sebaiknya jangan menganggap remeh ruang mencuci. Pemilik rumah dapat memanfaatkan sisa halaman, khususnya di bagian belakang sebagai tempat untuk mencuci hingga menjemur pakaian. Meski begitu, Anda juga dapat menuangkan kreativitas dengan mengubahnya menjadi lebih fungsional dan multifungsi. Misalnya ditanami rumput sintetis, jadi bila tidak dipakai, bisa digunakan sebagai tempat main anak.
  4. Taman Mini
    Ini yang biasa dilakukan oleh pemilik rumah dalam memanfaatkan halaman sisa di rumah. Dengan adanya taman mini di rumah dipercaya dapat memberikan kesejukan bagi pemilik rumah. Bagi yang hobi dengan tanaman, bisa juga memanfaatkan sisa halaman di rumah ini untuk menanam aneka flora yang cantik. Selain taman mini, tak ada salahnya membuat kolam ikan di halaman. Buat kolam dengan unsur batu atau kayu sehingga membuat sisa halaman tersebut jadi lebih indah.
  5. Ruang Kerja
    Bagi Anda yang memiliki rutinitas untuk kerja dari rumah, agar fokus dan tidak terganggu anak, bisa juga memanfaatkan halaman sisa untuk dijadikan ruang kerja . Untuk ini, Anda perlu sedikit renovasi. Tidak perlu luas, yang penting ruang tersebut dapat menampung meja kerja, lemari kecil, dan kursi bermain. Anda pun harus nyaman saat berada di dalamnya agar ide - ide dapat mengalir dan semakin produktif. Jika sedang tidak bekerja, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk tempat santai, bahkan bermain. 
  6. Tempat Hewan Peliharaan
    Buat pemilik rumah yang hobi memelihara hewan seperti anjing dan kucing, halaman sisa di rumah dapat dimanfaatkan menjadi rumah bagi hewan kesayangan. Hewan - hewan ini juga tetap memiliki tempat untuk berlari atau pun bermain, sehingga tidak mudah stress. Rumah bagi hewan kesayangan dengan memanfaatkan halaman sisa ini juga bisa dipadukan dengan taman mini. Anda juga dapat memelihara burung agar rumah jadi lebih asri.
  7. Gudang
    Cara memanfaatkan halaman sisa di rumah adalah dijadikan gudang. Tapi ada sayangnya bila barang tidak terpakai malah teronggok di gudang malah bisa rusak. Gudang juga bisa jadi sarang kecoa atau tikus yang membawa penyakit bagi pemilik rumah. Ada baiknya jika memiliki barang tidak terpakai, Anda jual saja. Atau bila dermawan  Anda bisa sumbangkan atau berikan pada yang membutuhkan, selama itu masih bagus, berfungsi, dan layak pakai.
  8. Kolam Ikan
    Coba buat kolam ikan di lahan yang sempit pasti akan terlihat lebih cantik dibandingan dibiarkan begitu saja. Ada bisa membuat kolam ikan dengan membentuk kolam tersebut dengan semen lalu dicat agar tampak lebih alami. Menambahkan bebatuan dikolam ikan. Dan buat spot untuk tempat sirkulasi oksigen. Anda bisa memelihara ikan mas, ikan koi, dan ikan – ikan yang lain. Faktanya memandang ikan saat kita merasa bosen adalah salah satu cara mengurangi stress. Dan jangan lupa untuk membersihkan rutin kolam ikan minimal 1 minggu sekali. Agar tidak berlumut dan malah menimbulkan banyak penyakit. Dan jaga kolam ikan agar terhindar dari sarang telur nyamuk. 
  9. Terapi Kaki
    Buatlah lahan kosong itu menjadi spot terapi kaki dengan cara menambahkan bebatuan terapi di tanah. Agar jika telapak kaki anda merasa pegal. Anda bisa berjalan – jalan di sekitar lahan sambil menikmati udara segar di pagi hari. Terasa nikmat dan santai bukan?
  10. Air Mancur Mini
    Agar rumah anda menjadi lebih segar dan sejuk anda bisa membuat air mancur mini di lahan sempit dan kosong anda. Air mancur dapat membantu menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis. Suara tetesan air sangat menenangkan dan dapat membantu Anda mengendurkan ketegangan atau stres.
  11. Spot Terapi Kaki Ikan
    Terapi ikan dilakukan dengan cara mencelupkan kaki selama 15–20 menit ke dalam kolam yang berisi ikan Garra rufa atau ikan Chinchin, jenis ikan yang dapat memakan sel kulit mati manusia. Beragam Manfaat Terapi Ikan. Terapi ikan dipercaya bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi kapalan, mencerahkan kulit kaki, dan mengobati psoriasis. Ikan Garra rufa memang dapat memakan sel kulit mati manusia. Akan tetapi, sel kulit mati bukanlah makanan utama ikan Garra rufa. Pada habitatnya, ikan ini mengonsumsi plankton sebagai makanan sehari-harinya. Selain itu, manfaat terapi ikan untuk penyembuhan psoriasis pun belum terbukti kebenarannya. Terapi ini justru dianggap memiliki berbagai risiko sehingga praktiknya telah dilarang di beberapa negara.
  12. Lahan Untuk Pengolahan Kompos
    Salah satu bahan yang sangat potensial untuk diolah menjadi kompos adalah sampah organik rumah tangga. Pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos memiliki manfaat ganda, yaitu mengatasi masalah sampah rumah tangga, sekaligus mendapatkan pupuk organik yang sangat bermutu. Syarat pertama dan utama dalam pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos adalah pemilahan sampah. Sampah rumah tangga harus selalu dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Hanya sampah organik yang dapat diolah menjadi kompos.

Nah itu adalah 12 tips dan trik yang perlu anda coba di lahan kosong anda. Buatlah lahan kosong anda menjadi menarik dengan memanfaatkan beberapa potensial yang sudah kami tulis diatas. Kunjungi juga laman website http://www.onlist.id untuk mencari berbagai informasi seputar rumah yang belum anda ketahui. Semoga tips dan trik kami sesuai dengan keinginan anda dan bisa menjadikan referensi anda untuk mengubah lahan kosong.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait