Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ini Dia Tips Memilih Jenis Dan Warna Cat Genteng


Letaknya yang berada di lingkungan luar rumah menjadikan genteng sebagai salah satu elemen penting yang dapat memengaruhi keindahan desain eksterior secara langsung. Namun sayangnya kondisi atap rumah mudah sekali kusam karena terus-menerus tersengat sinar matahari dan tersiram air hujan. Hal ini dapat Anda atasi dengan melapisi genteng hunian anda dengan cat genteng.
Cat genteng dan genteng adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Atap berfungsi melindungi rumah dari teriknya matahari dan cuaca buruk seperti hujan lebat. Sementara, cat genteng berfungsi sebagai pelapis yang mampu menjaga kondisi atap tetap baik sekaligus membuat penampilannya lebih menarik. Selain it, cat genteng mampu menambah nilai estetika hunian anda.
Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik rumah seharusnya melindungi atap anda dengan cat yang berkualitas tinggi. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui, jenis-jenis cat genteng, cara memilih cat genteng, warna cat genteng kekinian, dan harga cat genteng anti bocor.

Jenis-Jenis Cat Genteng

Ada 6 jenis cat genteng yang wajib Anda ketahui. Dengan adanya banyak jenis cat genteng, Anda perlu menyesuaikan jenis cat dengan material atap rumah, agar genteng rumah lebih tahan lama, bersih, dan bebas bocor.

1. Alkyd synthetic
Cat genteng jenis ini memiliki finishing glossy, tahan terhadap cuaca dan jamur, serta memiliki ketahanan yang cukup baik. Jenis cat genteng alkyd synthetic biasanya digunakan pada genteng dengan material tanah liat atau atap beton.

2. Styrene acrylic
Cat dengan formula styrene acrylic merupakan jenis cat yg lumayan populer. Formula ini akan melindungi genteng rumah dari serangan lumut dan jamur sekaligus melindunginya dari pengaruh cuaca ekstrem. Genteng tanah liat, genteng beton, dan bahkan atap asbes di rumah biasanya dicat dengan formula Styrene acrylic.

3.  Zinc Chromate Primer
Jika atap rumah Anda berbahan metal, maka jenis cat yang tepat adalah zinc chromate primer. Cat ini akan melindungi atap rumah Anda dari karatan dan korosi, karena memiliki kandungan zinc khusus untuk bahan metal.

4. Cat Vernis Thinner
Cat Perni dibuat dari bahan yang disebut solvent base atau thinner. Cat yang dibuat dari thinner memiliki hasil akhir glossy dan lebih tebal dari cat genteng biasanya. Salah satu keunggulan vernis adalah ketahanannya terhadap cuaca panas. Efek mengkilap secara otomatis menangkal cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah.

5. Resin akrilik
Hasil akhir dari cat genteng jenis resin akrilik adalah glossy dan cocok untuk genteng dari tanah liat, asbes, dan beton. Keunggulan cat ini adalah memiliki lapisan film yang keras, cepat kering, dan ketahanan yang kuat terhadap air. Jika area tempat tinggal Anda memiliki curah hujan yang tinggi, cat genteng ini cocok untuk atap rumah Anda.

6. Cat waterproof
Cat waterproof menjadi pilihan favorit banyak orang karena sifatnya yang tahan air atau anti bocor sekaligus anti jamur, anti leleh, dan anti alkali. Selain itu cat genteng jenis ini juga bisa digunakan pada berbagai material genteng seperti asbes, tanah liat, beton, kayu dan seng. Dilansir dari Idea, cat jenis ini juga memiliki pelapis elastis sehingga dapat menutupi retak rambut. Beberapa cat anti air memiliki warna yang menarik, sehingga juga bisa digunakan di bagian dalam ruangan.

Cara Memilih Cat Genteng

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli cat genteng untuk memastikan Anda tidak membeli produk yang salah.

  1. Kunjungi toko perlengkapan konstruksi untuk mendapatkan rincian lengkap tentang persyaratan cat genteng
  2. Pilihlah Cat Genteng yang Berkualitas Tinggi
  3. Tentukan dan pertimbangkan warna yang ingin Anda gunakan berdasarkan merek cat genteng yang Anda pilih.
  4. Lihat Produk Cat Genteng yang Best Seller
  5. Validasi dengan membandingkan kandungan setiap cat dan bahan dasar yang ditentukan dalam tabel spesifikasi, serta harganya.

Warna Cat Genteng Kekinian

1. Abu-Abu
Genteng berwarna abu-abu biasanya banyak diterapkan oleh masyarakat. Warna ini dianggap lebih simpel tetapi tetap elegan dan tegas sehingga cocok sekali untuk warna rumah minimalis modern yang mungkin Anda miliki. Disarankan untuk kombinasi warna genteng ini dengan warna eksterior cerah terutama di bagian teras agar maksimal.
Oranye atau Jingga
Warna ini paling banyak digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia. Karena sudah mainstream alias banyak yang menggunakan, sebagian orang justru menghindarinya karena beberapa alasan. Sebenarnya tidak masalah juga menerapkan warna ini kalau memang cocok dengan konsep rumah. 
2. Merah
Jika tidak suka menerapkan warna genteng oranye, mungkin warna genteng merah sangat cocok untuk dicoba. Warna genteng merah bisa kita kombinasikan dengan cat dinding eksterior apapun. Mulai dari cat tembok rumah krem, oranye, putih, cokelat, dan sebagainya akan senada dengan warna satu ini.
3. Biru 
Biru merupakan warna yang melambangkan natural, laut, dan langit. Menerapkan warna genteng biru akan sangat cocok untuk menambah kesan sejuk dan bersih pada rumahmu. Pilihlah warna biru yang agak gelap tetapi dop (tidak berkilau) supaya memberikan efek yang simpel dan juga mewah.
4. Putih 
Putih juga merupakan warna cat genteng yang bagus. Di negara 4 musim, warna ini akan membuat rumah anda terlihat estetik dengan paduan warna tegas seperti biru. Di Indonesia sendiri, mengecat genteng dengan warna putih bisa membawa suasana yang elegan dan tenang

Tips Mengecat Genteng

Berikut beberapa tips mengecat genteng yang sesuai dengan karakter dan bahan dasarnya:

  1. Proses pengecatan genteng beton dan keramik dapat dilakukan dengan kuas.
  2. Sedangkan untuk seng, zincalume, spandek, dan genteng metal dapat menggunakan alat semprot untuk pengaplikasian cat.
  3. Lakukan pengecatan saat cuaca cerah dan memiliki tingkat kelembapan rendah serta tidak dalam kondisi mendung.
  4. Cat genteng tidak menggunakan bahan yang sama seperti cat tembok atau furniture. Cat genteng terbuat dari bahan yang melindungi atap rumah dan membuatnya lebih kokoh dan tahan lama. Namun dalam memilih cat untuk atap rumah, Anda harus memperhatikan konsep dan rangka atap yang dimiliki rumah Anda.

Harga Cat Genteng Anti Bocor
1. Nippon Paint Matex – Rp 50.000 (1 liter)

  • Memiliki varian warna beragam
  • Murah dan berkualitas
  • Tahan terik matahari
  • Tidak menyerap panas ke dalam rumah
  • Cat tidak mudah mengelupas

2. Dulux Watershield – Rp 167.000 (2,5 liter)

  • Hasil akhir glossy
  • Cat tebal dan tahan lama
  • Perawatan genting jangka panjang
  • Mampu melindungi dari jamur dan lumut

3. No Drop – Rp 47.000 (1 kg)

  • Bisa digunakan sebagai cat dinding
  • Anti rembes
  • Lapisan cat tebal
  • Tahan lama
  • Tahan cuaca ekstrem

4. Avian Paint Avitex Roof – Rp 119.000 (4 kg)

  • Cat genteng khusus atap tanah liat
  • Awet
  • Cepat kering ketika diaplikasikan

5. Nippon Roof Coating – Rp269.500 (2,5 liter)

  • Waktu mengering cenderung cepat.
  • Memiliki daya tahan yang baik.
  • Lapisan film keras dan kuat.
  • Dapat diaplikasikan langsung pada material beton, asbes, tanah liat, dan lainnya.
  • Warna mengkilap.

6. Jotun Jotaproof – Rp146.000 (2,5 liter)

  • Anti bocor
  • Bersahabat hampir dengan semua jenis atap (kecuali beton)
  • Tahan lebih lama
  • Hasil matte

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait