Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ini Dia Cara Cegah Pagar Berkarat Di Rumah Anda!


Pagar rumah menjadi elemen yang penting dari sebuah hunian. Tak hanya berfungsi sebagai alat pengamanan saja, namun pagar juga berfungsi sebagai penambah nilai estetika pada bangunan. Berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membuat pagar rumah. Salah satunya yakni pagar yang terbuat dari bahan besi. Namun, seiring umur penggunaan serta paparan sinar matahari dan hujan akan membuat pagar besi menjadi berkarat. Maka diperlukanlah tindakan pencegahan dengan cara merawat pagar rumah agar tidak timbul kerusakan, seperti berkarat dan keropos. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah pagar besi agar tidak berkarat:

1. Rawat Dengan Saksama

Sebaiknya lakukan perawatan pagar besi setidaknya dua kali setahun, terutama jika pagar Anda berada di area dengan kelembapan tinggi. Pagar besi akan bisa bertahan bertahun-tahun, selama Anda memeliharanya dengan baik. Jika Anda membiarkannya berkarat, maka dapat memengaruhi kekuatan pagar dan menyebabkan keropos.

2. Periksa ada Gulma Atau Tidak

Hujan dan kelembapan dapat membuat pagar Anda berkarat, jadi periksa apakah gulma dan tanaman merambat tumbuh di pagar atau tidak. Anda harus memotong tanaman yang merambat di pagar Anda sebelum tidak terkendali. Sangat penting untuk menjaga tanaman berduri dan semak-semak menjauh dari pagar besi, karena goresan kecil pada pagar dapat mendorong karat. 

3. Beri Lapisan Pelindung

Mengaplikasikan lapisan pelindung lilin mobil atau semprotan anti air untuk mencegah elemen penyebab karat merembes masuk. Anda juga dapat melindungi pagar dengan mengecatnya. Tentu pilih cat penghambat karat untuk mencegah pagar besi karatan.

4. Buang Karat dengan Sikat Kawat

Buang semua karat menggunakan sikat kawat halus. Lalu, bilas pagar menggunakan deterjen dan air nonionik dan biarkan hingga kering.

5. Gunakan Pemati Karat Pada Area Yang Sudah Ada Karat

Bersihkan karat yang sudah ada dengan menggunakan pemati karat atau konverter berbahan dasar asam fosfat atau asam tanat. 

6. Oleskan Lapisan Tipis Primer

Oleskan lapisan pelindung besi dengan primer dan pastikan primer harus berbasis minyak dan dibuat untuk aplikasi logam. Biarkan hingga benar-benar kering. Primer spray-on lebih mudah diterapkan dan akan masuk ke celah-celah desain hias lebih mudah daripada aplikasi yang berbentuk brush-on.

7. Bersihkan Dengan Air Sabun Hangat

Gosok noda karat sebelum karat itu menembus pagar Anda. Anda dapat menggunakan sikat gigi atau sikat pembersih kecil lainnya untuk membersihkan bagian-bagian sempit pagar. Bilas pagar dan biarkan kering saat Anda selesai. Pastikan Anda membersihkan pagar dengan sabun dan air hangat setiap enam bulan sekali. Oleskan lapisan tipis lilin ke bagian luar pagar, terutama di area yang terpapar penyiram dan tumbuh-tumbuhan, untuk melindungi permukaan cat.

8. Bersihkan Dengan Amplas Dan Cat Ulang

Jika pagar Anda memiliki bagian-bagian kecil karat yang tidak dapat dibersihkan, penting untuk menghilangkan karat dan mencegah kerusakan yang meningkat. Gunakan amplas dan sikat kawat halus untuk menggosok karat, lalu lindungi bagian pagar dengan lilin, semprotan pelindung, atau cat. Bercak-bercak karat harus dihilangkan secara menyeluruh menggunakan sikat gosok atau amplas. Daerah tersebut kemudian harus dilapisi dengan primer penghambat karat sebelum menerapkan lapisan cat enamel yang segar.

9. Oleskan Pelumas Lithium Untuk Engsel Pagar

Namun tahukah Anda bahwa pagar memiliki satu bagian yang tidak dapat dilindungi dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, yakni bagian engsel. Karena engsel menghasilkan gesekan yang signifikan, cat tidak akan melindunginya dengan baik. Akibatnya, permukaan engsel gerbang besi sering menunjukkan karat. Apabila sudah terjadi karat maka engsel akan mudah untuk korosi, dan dapat dengan mudah menyebar ke area yang dicat di sekitarnya. Untuk mencegah korosi engsel, pastikan untuk menggunakan pelumas secara teratur. Hindari pelumas yang terlalu tipis untuk memberikan perlindungan abadi untuk engsel. Sebaliknya, oleskan pelumas lithium, yang tahan sangat baik di bawah beban berat. Pelumas lithium tidak hanya akan melindungi engsel Anda dari korosi tetapi juga akan membuat pengoperasian pagar menjadi lebih mulus dan bebas derit.

Karat dapat merusak pagar besi dalam waktu yang sangat singkat. Jika itu terjadi, tidak ada jumlah penggosokan dan pelapisan akan dapat mengembalikan fungsinya lagi. Maka dari itu Anda perlu menerapkan baik-baik cara agar pagar besi tak berkarat untuk menghindari pagar Anda rusak. Bila Anda memutuskan untuk mengganti model pagar dengan yang lain, bisa saja. Namun, perhatikan material yang digunakan serta budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat dan pagar Anda terhindar dari karat!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait