Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ini Dia 11 Inspirasi Desain Railing Tangga Yang Cocok Untuk Hunianmu


Ketika seorang pasangan sudah memiliki anak, maka kebutuhan akan ruang tambahan menjadi sangat penting. Namun, tidak semua keluarga memiliki lahan rumah yang cukup luas sehingga sangat susah untuk menambah jumlah ruang pada rumah lantai satu. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menambah lantai pada rumah anda dan sebagai penghubung antar lantai dalam rumah, tangga menjadi elemen penting yang perlu Anda diperhatikan ketika membangun rumah.
Tangga yang baik dalam hal ini bukan hanya mengenai persoalan desainnya saja, salah satu elemen penting dari tangga adalah adanya railing tangga. Tangga rumah tanpa railing atau pembatas tangan tangga bisa berisiko. Railing biasa disebut pegangan tangga atau pagar tangga. Sebaiknya model railing tangga didesain senada dengan konsep desain interior hunian sehingga tercipta keseimbangan di dalam hunian. Ada beragam motif dan model railing tangga minimalis.
Model railing tangga yang ditawarkan sangat beragam bahkan saat ini bukan cuman mengedepankan keamanan saja, tetapi juga gaya. Di artikel kali ini bakal mengulas tentang inspirasi desain railing tangga yang bisa menjadi salah satu referensi untuk mendesain railing tangga rumah anda. Yuk simak di bawah ini!

Apa Itu Railing

Railing adalah media pengaman pada hunian bertingkat yang dipasang di tangga dan balkon. Bentuknya berupa dinding atau pagar yang dilengkapi dengan pegangan tangan.    Media pengaman ini juga dihadirkan untuk menyempurnakan tampilan interior dan eksterior rumah sehingga anda bisa memilih berbagai bentuk, desain, dan materialnya sesuai dengan tema hunian. Ukuran ketinggian pagar pelindung disesuaikan berdasarkan fungsinya dan harus bisa menciptakan suasana aman bagi semua penghuni. Idealnya tinggi media pengaman berkisar antara 80 cm hingga 100 cm, sesuai dengan standar kenyamanan jangkauan tangan ketika orang dewasa berdiri. Kemudian, sudut pada pegangan media pengaman sebisa mungkin berbentuk tumpul, tidak runcing. Teknik pemasangan media pengaman adalah melalui sistem tanam dinding atau lantai. Media pengaman juga dipasang memakai sistem las. Sebaiknya, jangan menerapkan sistem paku karena berefek pada konstruksinya yang menjadi tidak kuat.

Fungsi Railing Tangga

Fungsi utama sebuah media pengaman adalah sebagai alat pengaman terutama jika di rumah Anda terdapat anak kecil. Fungsi railing juga disesuaikan dengan letak railing itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi media pengaman di dalam rumah:

  • Media pengaman pada tangga berfungsi sebagai penyangga saat seseorang akan naik dan turun dari sebuah tangga. 
  • Media pengaman pada balkon berfungsi sebagai alat pengaman dan penahan dari jatuhnya seseorang dari bagian balkon ke bagian lainnya yang lebih rendah. 
  • Sebagai bagian dekorasi untuk menambah keindahan rumah dengan sentuhan seni. 

Inspirasi Desain Railing Tangga

  1. Railing Tangga Dengan Kisi-Kisi Kayu
    Material kayu sudah sering diolah dengan berbagai cara untuk mempercantik sebuah hunian. Banyak sekali cara penerapannya yang kreatif dan layak ditiru, seperti model railing tangga minimalis berupa kisi-kisi kayu. Model railing tangga minimalis dengan kisi-kisi kayu ini bersifat multifungsi karena tak hanya untuk elemen dekoratif, tetapi juga melindungi keseluruhan bagian dari tangga di rumah.
  2. Railing Tangga Minimalis Dari Kaca
    Salah satu material yang paling identik dengan rumah bergaya minimalis adalah kaca. Kaca ini bisa digunakan sebagai material railing tangga yang kuat. Materialnya yang solid dan rapat membuat kemungkinan sesuatu terjatuh dari tangga sangat kecil. Di bagian tepi kaca railing tangga minimalis ini diberi bingkai besi supaya semakin kokoh dan juga memudahkan orang untuk menemukan bagian pinggir dari kaca. Gunakan kaca yang tebal supaya tidak mudah pecah. Tampilannya pun menjadi minimalis dan modern  sehingga sesuai dengan interior hunian pada umumnya.
  3. Railing Tangga Dengan Custom Cable
    Jika Anda menyukai tampilan yang transparan tanpa menghalangi pandangan dari dari teras, balkon, jembatan, dan titik pandang lainnya, maka media pengaman custom cable ini sangat tepat dipilih. Anda bisa memakai railing rekayasa khusus yang terbuat dari stainless steel. Desain ini disarankan bagi Anda yang memiliki hunian di lahan terbatas bergaya minimalis atau industrial. Media pengaman ini tersedia dalam banyak pola, artwork, dan harga yang gampang ditemui di pasaran.
  4. Railing Tangga Minimalis Dengan Fungsi Rak
    Tangga bisa menjadi solusi serbaguna, contohnya sebagai rak buku atau tempat penyimpanan. Cara dan desain baru ini memaksimalkan fungsi tangga rumah Anda. Jika ingin terlihat lebih minimalis dan sederhana, Anda bisa menggantinya dengan cat berwarna putih sehingga terlihat lebih bersih dan elegan untuk rumah minimalis.
  5. Railing Tangga Dengan Desain Rustic Yang Alamiah
    Tema rustic memang saat ini menjadi tren dari desain interior. Bukan hanya pada furniture pilihan bergaya rustic, tangga rumah juga bisa menggunakan material yang tidak dihaluskan seperti logam atau kayu. Objek material yang terkesan tua seperti kayu lawas dengan tekstur yang masih bagus bisa digunakan sebagai aksen pada anak tangga. Dengan menggunakan railing tangga gaya rustic ini, anda bisa membuat rumahmu terlihat lebih homey.
  6. Railing Tangga Kayu Dan Kaca
    Paduan antara desain minimalis yang disuguhkan oleh kaca dan desain simpel alami dari kayu dapat membuat ruangan anda terkesan lebih elegan, modern, dan hangat. Perpaduan dua elemen yang bertolak belakang ini bisa dipasangkan dengan desain rumah minimalis maupun chic. Selain memperindah ruangan, railing kaca tebal yang tidak mudah pecah ini juga dapat menawarkan perlindungan yang maksimal karena tidak memiliki celah. 
  7. Railing Tangga Minimalis Jaring Laba-Laba
    Anda bisa memanfaatkan tali tambang berbahan kuat dengan menganyamnya menjadi jaring laba-laba di sekeliling tangga. Selain safety, model railing jaring laba-laba ini juga praktis dan ekonomis. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dengan budget antara 500 ribu hingga 1 juta, anda sudah bisa mengadopsinya.
  8. Tiang Besi Pengganti Railing Tangga
    Jika railing tangga minimalis biasanya hanya terpikir desain railing tangga biasa dengan pegangan dan tiang, coba gunakan tiang besi yang tertancap rapi dari anak tangga ke langit-langit. Railing tangga minimalis seperti ini dapat digunakan untuk pegangan dan menghilangkan ruang untuk kecelakaan saat digunakan oleh semua penghuni rumah. Selain itu, tentu tangga terlihat simpel namun estetik.
  9. Railing Tangga Klasik 
    Gaya klasik selalu menarik jika diterapkan di rumah. Jenis media pengaman tangga ini termasuk yang paling populer di berbagai rumah di seluruh dunia. Saat ini, anda bisa menemukan banyak model media pengaman tangga bergaya klasik. Apalagi lengkungan yang artistik membuat tampilan rumah menjadi lebih lembut dan elegan menjelaskan garis sudut tangga.
  10. Railing Tangga Spiral
    Railing tangga jenis ini memiliki pola melilit di sepanjang jalur spiral. Umumnya, railing ini terbuat dari baja dan dibuatkan custom design untuk melingkar membentuk spiral. Karena terbuat dari baja, railing tangga jenis ini memiliki kapasitas penahan beban yang bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Desain railing tangga spiral juga tersedia dalam banyak pola, artwork, dan harga yang gampang ditemui di pasaran.
  11. Railing Tangga Dengan Bentuk Bunga, Akar Atau Dahan Pohon
    Railing tangga dengan ide bentuk akar pohon, bunga-bungaan atau dahan pohon bisa jadi pilihan buat anda yang pecinta lingkungan hidup atau ingin memberi sentuhan alam. Railing tangga ini biasanya terbuat dari besi yang kemudian dibentuk menjadi bunga-bunga atau akar pohon. Biasanya, railing tangga model ini dipakai di desain rumah modern minimalis dan juga rumah bernuansa klasik dan vintage.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait