Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ini Dia 10 Inspirasi Desain Ruang TV Minimalis


Keberadaan ruang TV minimalis di rumah bukan hanya sekedar tempat untuk menonton televisi saja. Ruangan ini dapat menjadi area berkumpul bersama penghuni rumah lainnya dan menghabiskan akhir pekan dengan nyaman sambil menonton film. Selain menghilangkan penat, aktivitas menonton di rumah bisa jadi salah satu sarana meningkatkan kebersamaan antar anggota keluarga. Ruang TV yang nyaman tentu akan membuat waktu Anda bersama keluarga bisa menjadi lebih menyenangkan. Tidak perlu luas, kini desain ruang tv minimalis sudah banyak digemari. Lantas, inspirasi ruang TV minimalis seperti apa yang cocok untuk rumah kekinian? Simak pembahasannya bersama-sama!

  1. Sentuhan Scandinavian Yang Cozy
    Tema scandinavian memang tidak pernah gagal untuk menampilkan kesan minimalis sederhananya. Misalnya saja seperti desain ruang TV minimalis satu ini. Pemilihan material sofa, bantal dan karpetnya sangat mendukung untuk menghadirkan suasana nyaman pada ruang. Warna tone-nya yang kebiruan juga membuat ruang berkumpul ini tampak semakin cozy.
  2. Ruang TV Minimalis Monokrom Yang Unik

    Desain minimalis adalah salah satu desain yang paling banyak digunakan saat ini. Selain karena desain minimalis tidak sulit untuk diaplikasikan, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak dalam merubah tampilannya. Salah satu desain minimalis yang bisa Anda manfaatkan adalah penggunaan warna-warna monokromatik. Permainan warna monokrom akan memunculkan sebuah kontras yang sangat unik sehingga ruangan tersebut bisa terlihat menarik dan mempunyai sebuah desain yang berbeda dari ruangan lain di rumah Anda. 
  3. Kesederhanaan Dengan Warna Putih

    Dekorasi ruang tv minimalis sederhana memang bisa hadir dari kesederhanaan warna. Salah satunya adalah penerapan warna putih yang dominan pada suatu ruang. Ruang tamu warna putih milik anda di rumah bisa anda dekor simpel dengan penggunaan kabinet tv berwarna putih pula dengan desain minimalis. Selain itu, coba tambahkan beberapa tanaman hias kecil di dalamnya. Ruang tv akan semakin nyaman ditempati dan sangat cocok untuk anda yang ingin bermalas-malasan.
  4. Kombinasi Industrial Yang Unik 

    Sentuhan industrial juga bisa anda aplikasikan secara menarik pada ruang TV minimalis di dalam rumah. Adapun, anda bisa memadukan tekstur dinding dan rak dengan kombinasi industrial secara menarik, sekalipun timeless. Tak hanya sentuhan industrial, anda juga bisa menambahkan aksen batu bata pada sisi rak dan lemari supaya terlihat alami.
  5. Menggunakan Bean Bag Buat Desainnya Lebih Unik
    Jika anda ingin menonjolkan keunikan sisi rumah dari ruang tv, mengganti sofa dengan bean bag jadi pilihan yang sempurna. Tidak hanya itu, anda bahkan akan tetap merasa nyaman dan betah bahkan terasa sedang berada di kafe untuk menyantap kopi hangat.
  6. Gaya Minimalis Di Samping Meja Makan

    Bila ruangan anda terbatas, jangan sungkan-sungkan untuk meletakkan ruang tv berdampingan dengan meja makan seperti di gambar. Pilih karpet berbulu yang lembut & tebal agar anggota keluarga makin betah di sana. Pasang lampu lantai serta gantungan dinding artistik di dekat sofa untuk mempermanis interior ruangan.
  7. Ruang TV Lesehan yang Nyaman
    Punya ruangan yang tidak terlalu besar dan ingin menghemat pengeluaran untuk membeli sofa, desain ruang tv lesehan merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Meski tanpa kursi panjang maupun sofa, jika disediakan karpet empuk hingga kasur, anggota keluarga pasti betah berlama-lama.
  8. Ciptakan Ruang TV Minimalis Yang Serba Hijau Dan Teduh

    Salah satu cara terbaik untuk menciptakan ruang TV menjadi teduh adalah dengan memanfaatkan permainan warna hijau di dalamnya. Anda bisa mengganti cat pada ruang TV dengan warna hijau yang lembut. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias pada ruang TV untuk membuat ruang menjadi lebih teduh dan nyaman.
  9. Dekorasi Ruang TV Minimalis Dengan Kabinet Gantung
    Selain lemari hias ruang tamu berbentuk rendah, anda pun juga bisa menggunakan desain gantung yang keren! Ruang akan terlihat lebih modern dan tentunya tidak akan memakan banyak tempat. Untuk ruang televisi seperti ini, anda bisa menggunakan desain lesehan ruang tamu maupun penggunaan sofa bed yang nyaman. Hal ini akan menambah kesan kesederhanaan dalam ruang yang pastinya selalu dinanti.
  10. Memunculkan Suasana Klasik dengan Ruangan Minimalis Vintage Modern
    Desain ruang TV yang bisa Anda coba selanjutnya adalah desain vintage modern. Berbeda dengan desain vintage pada umumnya, desain vintage modern tetap mengutamakan estetika yang ada saat ini dan tidak menghilangkannya sama sekali sehingga bisa dipadukan dengan rumah minimalis sekalipun. Salah satu keutamaan dalam menggunakan desain vintage modern adalah Anda bisa memunculkan sebuah kesan nostalgia pada ruang TV Anda dan membuat siapapun yang berada di dalamnya akan menjadi terbawa ke dalam suasana lawas yang menyenangkan.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Ruang TV Semakin Nyaman

  1. Perhatikan Pencahayaan Dan Audio
    Ruang TV akan semakin nyaman dengan pencahayaan dan pemasangan audio yang tepat. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama penempatan dekorasi lampu agar tidak menghalangi jarak pandang terhadap televisi. Selain itu, bias cahaya juga harus sesuai, yaitu tidak terlalu terang atau redup supaya kondisi lampu di ruangan bisa disesuaikan dengan cahaya jendela dan sinar dari perangkat televisi itu sendiri. 
  2. Perhatikan Jarak Pandang Antara TV Dan Tempat Duduk
    Nah, hal ini sering dilewati dan kurang diperhatikan oleh banyak orang. Jarak pandang antara TV dan tempat duduk penting sekali lho untuk Anda perhitungkan. Jarak yang terlalu jauh atau terlalu dekat tentu tidak akan nyaman. Untuk jarak standar yang ideal dapat dihitung dari berapa ukuran TV yang ada dengan rumus ukuran TV sama dengan 3 kali jarak pandang.
  3. Pemilihan Tempat Duduk
    Trik rahasia dalam mendekorasi ruang TV minimalis yang serba ideal juga tidak lepas dari furnitur utama berupa tempat duduk saat menonton. Disarankan agar anda tidak terpaku pada sofa berukuran besar, karena arena tempat duduk kasual seperti bean bag yang empuk, bantal berukuran besar, hingga karpet tebal bisa menjadi tempat duduk yang paling nyaman untuk ruang TV di rumah. Namun tidak ada salahnya jika memang anda tetap ingin menggunakan sofa, yang terpenting kenyamanan adalah unsur utama yang harus diperhatikan saat memilih tempat duduk. Jadi, pilih sofa duduk yang rendah dan lapang supaya mudah dihias dengan aksesoris seperti bantal-bantal berbagai ukuran hingga selimut untuk bersantai bersama keluarga.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait