Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ingin Memiliki Ruang Makan Minimalis, Intip Ide Desain Berikut


Walaupun bukan ruang utama dalam sebuah hunian, desain interior dalam ruang makan tetap harus diperhatikan. Nggak hanya sekedar untuk menikmati hidangan menu makan siang atau malam, momen berkumpul bersama keluarga juga terjadi di ruang makan. Mewujudkan desain ruang makan yang sesuai impian dan nyaman tak selalu membutuhkan desain yang rumit dan biaya yang mahal. Terkadang memiliki ruangan yang tidak cukup besar menjadi kendala bagi sebagian orang dan memilih untuk menghilangkan ruang makan.
Padahal dengan pemilihan perabot dan gaya desain yang tepat serta penataan yang baik, anda bisa mendapatkan desain ruang makan minimalis yang baik dari segi estetika dan juga fungsi tanpa memerlukan biaya yang mahal alias low-budget walaupun dengan tempat yang kecil. Perabot ruang makan yang beragam, dari meja dan kursi makan, hingga lemari serta pernak-pernik hiasan dinding harus didesain dengan tepat. Jika tidak, bisa terasa penuh dan sumpek. 
Ada banyak sekali pilihan tema yang dapat anda coba untuk mewujudkan ruang makan minimalis yang nyaman bagi keluarga kecil anda. Yuk, intip beberapa inspirasi desain ruang makan minimalis dan nyaman berikut ini.

Ide Desain Ruang Makan Minimalis

  1. Ruang Makan Modern Scandinavian
    Tema scandinavian sedang sangat populer akhir-akhir ini. Desainnya yang sederhana namun menarik membuat orang-orang sangat menyukainya. Anda dapat memilih desain ini untuk ruang makan minimalis di rumah. Suasana makan keluarga anda pasti akan lebih nyaman dan hangat.
  2. Tema Simpel Monokrom
    Untuk memberikan kesan yang lebih berkelas dan mewah, anda bisa menyiasati desain ruang makan dengan penggunaan furniture set ruang makan sederhana yang berwarna hitam. Setelah itu, anda bisa memberikan warna putih atau warna terang lainnya pada keseluruhan desain ruang makan. Desain ruang makan monokrom ini nggak cuma sederhana dan mudah diaplikasikan, tapi juga tak pernah gagal memberikan kesan yang lebih berkelas, khususnya desain ruang makan bergaya modern minimalis.
  3. Ruang Makan Bersebelahan Dengan Taman
    Lahan merupakan salah satu pertimbangan dalam membangun rumah idaman. Untuk lahan terbatas, konsep minimalis bisa menjadi opsi terbaik bagi hunian. Desain jenis pintu dapat menentukan bukaan ruang yang diinginkan. Pintu lipat atau geser merupakan alternatif untuk bukaan lebar yang memberi koneksi antara ruang dalam dan halaman belakang.
  4. Ruang Makan Yang Terintegrasi
    Efisiensi penggunaan ruang dapat dimaksimalkan dengan membagi satu ruang menjadi dua area, yaitu area untuk makan serta ruang televisi untuk bersantai. Begitu pula dengan pencahayaan alami dapat dioptimalkan dengan bukaan jendela luas menghadap taman. Sedangkan artificial lighting juga akan lebih efisien dengan menerapkan lampu spotlight dengan track line. Fitur ini membantu Anda untuk mengatur posisi lampu sesuai kebutuhan di antara kedua area di ruang.
  5. Ruang Makan Konsep Industrial
    Konsep industrial ini banyak diterapkan di kafe atau restoran, karena ruangannya yang luas. Namun, tidak berarti desain ini tak bisa diterapkan di rumah. Tiga elemen penting dalam gaya industrial adalah batu bata, metal, dan kayu. Material ini dibiarkan terbuka atau terekspos untuk menonjolkan keunikannya. Anda bisa gunakan salah satunya sebagai aksen, atau padukan ketiganya untuk menciptakan nuansa yang cool tapi tetap cozy. Gunakan lampu gantung yang modern dan warna-warna netral, seperti chrome, hitam dan putih untuk atmosfer yang hangat.
  6. Ruang Makan Lesehan
    Selain dalam posisi duduk, anda pun juga bisa mengaplikasikan ruang makan dalam bentuk lesehan yang nyaman. Tak hanya sekedar inspirasi rancangan minimalis, penggunaan ruang makan lesehan pun menjadi pilihan yang nyaman dan ramah anak. Kehangatan pada keluarga pun akan semakin nyaman, ketika santap makanan dengan berlesehan. 
  7. Ruang Makan Dengan Perabotan Cerah Dan Sederhana
    Perabotan yang cerah dapat memberikan kesan menyenangkan juga. Anda dapat memilih desain satu ini karena desain nya juga sangat simple dan tidak memerlukan banyak dekorasi. 
  8. Desain Ruang Makan Natural
    Alternatif lain adalah dengan mengadaptasi konsep natural. Membiarkan bahan-bahan kayu alami apa adanya tak hanya akan mengurangi biaya finishing, tapi juga akan memberikan kesan natural yang hangat pada desain ruang makan yang anda miliki. Pastikan anda tetap memberikan lapisan anti rayap secara berkala agar perabotan pada ruang makan menjadi lebih awet dan tahan lama.
  9. Ruang Makan Minimalis Dengan Cahaya Alami

    Jika budget Anda minim tapi Anda tetap ingin memiliki desain ruang makan yang menarik, salah satu triknya adalah dengan memaksimalkan pencahayaan alami. Gunakan warna-warna netral dan senada seperti hitam dan putih. Gunakan tanaman sebagai dekorasi. Meskipun perabot Anda sederhana, dengan pencahayaan alami yang baik, ruang makan akan tetap terlihat cantik dan hangat.
  10. Ruang Makan Dengan Tema Bohemian
    Bohemian adalah salah satu tema yang banyak sekali digunakan untuk dekorasi kamar, cafe, dan juga ruang makan. Anda dapat mengaplikasikannya di ruang makan rumah anda. Pilihlah perabotan berwarna cream muda dengan hiasan ilalang kering dan dekorasi cantik lainnya.

Tips Mempercantik Ruang Makan

  • Tambahkan Aksesoris
    Tanaman dan bunga segar adalah tambahan dekorasi yang bisa membuat ruangan terlihat lebih nyaman, cerah, segar, dan tidak kaku. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tumpukan buah segar beraneka warna dalam mangkuk yang dapat berfungsi ganda sebagai dekorasi ruangan. Jangan lupa juga hias dinding ruang dengan menambahkan foto, lukisan atau sekadar cermin untuk menambah keceriaan ruang.
  • Pilih Item yang Sesuai Ukuran Ruangan
    Mungkin anggota keluarga Anda banyak sementara ruang makan Anda kecil. Jangan paksakan untuk menempatkan meja persegi yang besar atau panjang. Solusinya, gunakan meja bundar yang bisa menampung lebih banyak orang tapi tetap hemat ruang. Intinya, sesuaikan ukuran perabot yang hendak dibeli dengan ukuran ruang makan itu sendiri.
  • Maksimalkan Pencahayaan Alami
    Untuk membuat desain ruang makan anda lebih sempurna, maksimalkan desain ruang dengan pencahayaan alami yang baik serta pemilihan warna interior yang cerah agar ruangan terlihat lebih luas. Cara ini bisa membuat ruangan tidak terasa membosankan. Anda pun bisa lebih hemat energi serta budget pengeluaran karena tidak membutuhkan pencahayaan tambahan di siang hari.
  • Usahakan Desain Secara Fungsional
    Ingatlah, hal terpenting dalam desain adalah memperhatikan fungsinya. Misalnya, jika Anda memiliki anak kecil yang baru belajar makan, sebaiknya Anda pilih material perabot yang mudah dibersihkan. Jika ruang makan juga jadi ruang multifungsi yang digunakan oleh banyak orang, pilih perabot yang kokoh dan tahan lama. Pertimbangkan juga tata letak dan akses keluar masuk ruang makan Anda. Idealnya ruang makan ada di sebelah dapur atau paling dekat dengan dapur.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait