Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ingin Membeli Rumah Baru? 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah


Membeli rumah baru dan suasana baru adalah impian setiap pasangan baru. Tidak hanya pasangan baru, keluarga yang sudah memiliki rumah pun ingin membeli rumah baru jika rumah lama sudah tidak nyaman. Tak hanya itu keluarga yang berpindah dari kota satu ke kota lain juga biasanya membeli rumah atau menyewa. 
Dalam arti umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, tetapi istilah untuk tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang
Selain sebagai hunian, rumah juga memiliki banyak manfaat, rumah merupakan tempat berlindung dari bencana alam, hewan buas, hujan, panas matahari, dan lain sebagainya. Rumah dapat dijadikan sebagai investasi masa depan yaitu bisa digunakan untuk hunian keturunan kelak.
rumah sehat adalah bangunan tempat berlindung dan beristirahat serta sebagai sarana pembinaan keluarga yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental dan sosial, sehingga seluruh anggota keluarga dapat bekerja secara produkti

Ciri – Ciri Rumah Sehat

  1. Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik
    Tanda rumah yang jauh dari penyakit yang wajib dimiliki oleh sebuah hunian adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara tersebut bisa menggunakan sistem alami atau menggunakan bantuan alat-alat elektronik yang dapat kita temukan di toko elektronik ataupun marketplace online.
  2. Memiliki Pencahayaan Yang Baik
    Cahaya merupakan salah satu hal yang penting seperti ventilasi udara. Selain memberikan cahaya yang baik saat berada di dalam ruangan, cahaya matahari pun juga membantu menjaga kesehatan tubuh.
  3. Memiliki  Sumber Air Bersih
    Air itu merupakan salah satu sumber alam yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Dengan air bersih, kita bisa mengkonsumsi air tersebut atau menggunakannya untuk keperluan rumah tangga seperti mencuci baju, masak, dan lain-lain.
  4. Memiliki Pembuangan Limbah Yang Baik 
    Kenapa rumah yang sehat harus memiliki sarana pembuangan limbah yang baik? Hal ini ditujukan supaya hunian tidak menimbulkan bau pada lingkungan sekitar. tidak mau kan, rumahnya terkenal dengan bau yang tidak sedap oleh tetangga? Maka dari itu, siapkan sarana pembuangan limbah yang baik untuk menghindari masalah tersebut.
  5. Memiliki Bahan Bangunan Yang Sehat Dan Baik
    Pastikan juga material yang digunakan untuk rumah tersebut tidak mudah menjadi sarang berkembang biak mikroorganisme yang berbahaya, dan memiliki lantai, dinding, dan langit-langit yang mudah dibersihkan oleh penghuninya.
  6. Memiliki Tata Ruang Yang Baik
    Dengan pembagian ruangan yang baik, penghuni rumah dapat beraktivitas dengan efisien dan berinteraksi dengan keluarga dengan nyaman. Pastinya, layout rumah yang baik ini juga dapat memudahkan kita untuk membersihkan ruangan rumah.
  7. Bahan Material Rumah Kokoh
    Memiliki pondasi rumah yang kokoh juga dapat melindungi kita ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi maupun banjir. Rumah yang kokoh dapat berdiri dengan tegap dan tidak mudah roboh ketika terjadi guncangan akibat gempa bumi.

10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

  1. Membuat Daftar Ruang Yang Dibutuhkan Di Dalam Rumah
    Buatlah daftar ruang yang anda butuhkan di rumah, misal harus memiliki 3 kamar tidur dilengkapi kamar mandi dalam, 2 kamar tamu, 2 kamar mandi luar, 1 ruang tamu, 1 dapur, 1 ruang bermain, 1 ruang kerja, 1 ruang musik, 1 ruang olahraga, dan lain – lain. Bisa juga ditambah garasi dan kolam renang serta halaman. Ruang di dalam rumah tergantung jumlah kebutuhan kegiatan atau jumlah anghota keluarga. Dengan demikian berdiskusi dengan anggota keluarga untuk memilih rumah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan.
  2. Fasilitas Yang Terdapat Di Perumahan Atau Di Sekitar Rumah
    Rumah yang nyaman adalah rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas. Bagi sebagian orang, perumahan yang dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat ibadah, kolam renang, dan taman bermain menjadi hal yang sangat penting. Meski demikian harga rumah yang dilengkapi dengan fasilitas publik tentu berbeda dengan harga dengan perumahan standar.
  3. Membeli Rumah Sesuai Budget 
    Sebelum membeli rumah, sebaiknya Anda survei ke beberapa tampat dengan harga yang setara. Dari situ Anda dapat membandingkan rumah mana yang paling pas dengan keadaan keuangan Anda. Selain cocok dengan harganya, Anda juga harus mempertimbangkan skema pembayaran jika Anda ingin membelinya dengan sistem KPR. Dengan membeli rumah sesuai budgat atau kebutuhan anda bisa menghemat pengeluaran untuk hanya membeli rumah baru.
  4. Perhatikan Kondisi Geografis Lokasi Rumah
    Sebelum membeli rumah sebaiknya Anda memperhatikan dan mencari Tahu lebih dalam tentang kondisi lingkungan. Anda perlu memastikan apakah rumah yang akan Anda beli tersebut apakah termasuk dalam area yang rawan banjir, longsor, atau tidak. Sebaiknya carilah rumah yang aman dari bencana seperti banjir, longsor, dan lain – lain.
  5. Perhatikan Kondisi Sosial Lokasi Rumah
    Sebelum membeli rumah, anda perlu memperhatikan dan mencari tahu lebih dalam tentang bagaimana lingkungan sosial didaerah rumah tersebut. Akpakah sering terjadi perampokan, pencurian, penculikan, atau hal buruk yang menyimpang dengan norma sosial. Anda harus mencari tahu tentang itu. Bagaimanapun jika anda tinggal bersama dengan anak, karena anak – anak dapat mencotoh perilaku buruk lingkungan sekitar. 
  6. Cari Tahu Material Rumah Yang Digunakan
    Pengembang property biasanya akan mencantumkan spesifikasi bangunan secara rinci pada brosur perumahan. Meski demikian Anda sebaiknya tetap mengecek kondisi rumah secara langsung. Perhatikan spesifikasi bangunan yang ditawarkan, misalnya jenis material rangka atau material dinding yang digunakan. Pastikan developer menggunakan bahan bangunan berkualitas untuk memastikan struktur bangunan menjadi kokoh.
  7. Desain Rumah Impian
    Setiap orang memiliki selera desain yang berbeda-beda, oleh sebab itu sebaiknya saat mencari rumah sebaiknya Anda mencari rumah yang desainnya yang cocok dengan selera Anda. Maka wajar saja jika banyak calon pemilik rumah yang menyewa jasa arsitek untuk memastikan desain rumahnya sesuai dengan kepribadiannya sendiri.
  8. Akses Dan Lokasi Rumah Idaman
    Sebelum membeli rumah sebaiknya Anda survei lokasi terlebih dahulu. Perhatikan apakah lokasi rumah dekat dengan jalan Utama dan apa saja transportasi umum yang melintas disekitarnya. Karena dengan anda memperhatikan akses rumah, dapat memudahkan anda melakukan aktivitas sehari – hari. Seperti akses pergi ke pasar, ke sekolah, ke kantor, ke mall, dan tempat lainnya. Dan juga anda perlu perhatikan transportasi apa aja yang bisa melintas di daerah rumah anda.
  9. Memilih Agen Properti Yang Jujur
    Jika anda merasa kerepotan dengan mencari ryumaah sendiri, anda bisa mendatangi agen properti yang khusus untuk mencari rumah. Dan perlu kalian perhatikan adalah kalian harus hati – hati jika memilih agen rumah. Kadang mereka ingin menhuntungkan dirinya sendiri.
  10. Cara Perawatan Rumah
    Sebelum membeli rumah sebaiknya ada mengetahui letak septi tank, gunanya jika sudah terisi penuh anda segera memanggil jasa sedot WC dan memberi tahu letak septic tanknya. Dan perlu juga kalian ketahu tentang cara perwatan atap rumah, pastikan tidak ada yang bocor. 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait