Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ingin KPR Disetujui? Yuk Check Tips OnList Berikut Ini!


Memiliki rumah adalah mimpi tersendiri bagi setiap orang. Karena rumah merupakan tempat tinggal yang harganya tidak murah. Tidak sedikit orang memilih menggunakan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sebagai cara mewujudkan mimpi itu. Hal ini dikarenakan Anda dapat memiliki rumah dengan uang muka yang cukup bersahabat. KPR sendiri merupakan fasilitas pinjaman untuk membeli rumah, apartemen atau property yang lain dengan jaminannya adalah properti itu sendiri. Namun cukup rumit jika ingin KPR disetujui oleh bank. Jadi ada banyak hal yang perlu Anda siapkan.

Tips Agar KPR Disetujui Bank

Hal yang membuat KPR sulit disetujui adalah mengingat bank selalu menerapkan sejumlah aturan yang ketat bagi yang ingin mengajukan KPR. Tak sedikit orang yang mengalami penolakan saat pengajuan KPR. Ketatnya aturan yang diberikan bank sebenarnya bukan untuk memberatkan siapapun. Namun perlu diperhatikan KPR pada dasarnya akan melibatkan dana yang sangat besar. Maka dari itu wajar saja kalau bank sangat berhati-hati saat memberikan kredit kepada nasabahnya. Karena aturan yang ketat ini Anda harus mempersiapkannya dengan cara-cara yang efektif. Berikut tips jika Anda ingin KPR disetujui:

1. Lengkapi Dokumen 

Jika mengajukan KPR melalui pihak perbankan, pastikan dokumen-dokumen Anda lengkap. Karena kelengkapan dokumen ini sering diminta oleh pihak Bank, misalnya menunjukkan kondisi keuangan Anda. Diantaranya, catatan rekening tabungan yang menjadi bukti penghasilan Anda terus meningkat setiap bulan. Selain itu, bagi seorang karyawan harus memiliki slip gaji bulanan dan surat keterangan dari tempat kerja. Untuk Anda seorang pengusaha, Anda harus memiliki laporan keuangan selama 2 tahun. Ada juga dokumen yang lain seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan dokumen identitas pribadi seperti KTP dan kartu keluarga. 

2. Perbaiki Kondisi Keuangan Anda

Sebelum mengajukan KPR Anda harus terbebas dari lilitan hutang. Jangan samapai nama Anda masuk daftar hitam di bank tersebut. Pastikan sisa hutang di sejumlah lembaga sudah diselelsaikan terlebih dahulu. Tunda dulu pembelian barang-barang kredit jika tidak terlalu mendesak, apalagi jika harganya mahal. Hal ini akan mempersulit Anda jika ingin KPR disetujui Bank dengan cepat.

3. Hitung Penghasilan Anda

Saat Anda ingin mengajukan KPR, Anda sebagai pembeli rumah harus memperhatikan kemampuan membayar cicilan dengan melihat pemasukan yang Anda terima secara rutin. Kalkulasikan juga penghasilan Anda agar tidak kesulitan saat membayar cicilan. Beberapa Bank melakukan peraturan yakni jumlah penghasilan Anda harus lebih besar tiga kali lipat dari cicilan yang harus Anda bayar per bulannya. Maka dari itu Anda harus menghitung penghasilan Anda cukup atau tidak untuk membayar cicilan KPR.

4. Pilih Waktu Yang Pas

Waktu untuk pengajuan KPR juga perlu Anda perhatikan. Karena Bank menentukan waktu untuk mengejar target penyaluran kredit. Waktu yang paling ideal yakni pada minggu ketiga dan keempat. Selain itu waktu yang harus Anda hindari adalah pada akhir tahun. Hal ini dikarenakan pihak bank akan sibuk mengurus tutup buku. Jadi perhatikan waktu jika ingin KPR disetujui.

Itulah tadi tips jika ingin KPR disetujui oleh Bank. Pastikan Anda memperhatikan semua ini agar KPR Anda cepat disetujui. Selain itu pastikan Anda juga memilih bank yang tepat. Jika Anda membutuhkan tips yang lain berkaitan dengan hunian, Anda bisa mengunjungi https://onlist.id/. Selain tips, website anak bangsa ini juga menyediakan banyak pilihan hunian minimalis yang cocok untuk Anda. Kunjungi sekarang juga!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait