Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ide Desain Kamar Anak Untuk Belajar di Rumah


Setiap anak butuh area belajar yang nyaman, apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini. Anak-anak banyak menghabiskan waktu di rumah, karena pembelajaran daring. Sebagai orang tua, tentunya Anda perlu memfasilitasi aktivitas belajar mereka dengan menyediakan ruangan yang edukatif dan nyaman di rumah. Selain dapat membuat anak lebih rajin belajar, desain ruang belajar yang nyaman tentu akan membuat anak tidak mudah bosan dan hilang fokus saat belajar. Berikut beberapa tips untuk membuat ruang belajar untuk anak yang efektif untuk ciptakan nuansa gembira dan edukatif sekaligus. Yuk, simak!

1. Berikan Pencahayaan Tepat 

Cahaya berwarna putih adalah pilihan yang tepat untuk penerangan di ruang belajar anak. Sebabnya, lampu untuk ruang belajar dengan cahaya putih akan lebih nyaman untuk mata anak saat melihat gambar, menulis, atau membaca. Selain itu, jenis pencahayaan ini akan membuat mata tidak perlu bekerja keras untuk menyesuaikan terhadap cahaya saat melakukan aktivitas. Sebaiknya pilih penerangan dengan tingkat cahaya yang cukup dan tidak berlebihan agar aktivitas belajar optimal.

2. Pilih Furniture Nyaman

Sebelum bicara soal bagaimana tata desain interiornya, alangkah lebih baiknya Anda rencanakan pembelian furniturenya dahulu. Pilih meja dan kursi yang nyaman untuk dipakai membaca dan menulis. Nyaman bisa berarti empuk untuk kursi, sementara meja bisa cari yang berbahan kuat dan rata. Anda bisa memilih mebel produksi brand terkenal, meski harganya sedikit lebih mahal namun pasti akan lebih awet. Bahkan jika memungkinkan, pilihlah meja yang multifungsi dengan ada laci atau rak buku minimalisnya.

3. Ciptakan Dekorasi Ruangan Kreatif

Pemilihan warna cat dan beragam hiasan juga tidak boleh disepelekan untuk membangkitkan semangat belajar di ruang belajar yang nyaman. Supaya anak makin betah belajar di tempat yang sudah disediakan, ajak mereka untuk turun langsung memilih warna, hiasan, dan dekorasi dinding yang mereka sukai. Hal ini juga sekaligus merangsang daya kreativitas anak dalam berkreasi. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aksesoris edukatif yang mereka sukai, agar menciptakan suasana yang lebih personal di ruangan belajar anak ini.

4. Memasang Wallpaper Karakter Kesukaan

Untuk menambah kesan ceria dan membuat ruang belajar tidak monoton, Anda bisa menambahkan wallpaper kesukaannya. Dengan adanya wallpaper yang beragam tadi, maka bisa membuat semangat belajarnya terjaga. Diskusikan dengan anak Anda, karakter apa yang cocok dipasang di dalam ruangan.

5. Siapkan Meja Khusus Makan Dan Minum

Demi mendukung konsentrasinya belajar, Anda bisa sediakan meja khusus camilan dan minuman. Ini penting sebab anak biasanya akan cepat bosan jika tidak ada selingan. Anda bisa mendampinginya belajar sembari menyuguhkan makanan ringan. Dengan adanya meja khusus tersebut, hidangan sambilan tidak perlu diletakkan di meja belajar. 

6. Siapkan Rak Penyimpanan

Mendesain ruang belajar yang edukatif sama halnya dengan mengajarkan anak-anak untuk merapikan dan merawat barang-barang milik mereka. Agar ruang belajar tertata dengan rapi, tempatkan rak buku untuk menyimpan buku-buku dan peralatan belajar mereka. Sedari dini, ajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap barang-barang yang mereka miliki, salah satu caranya dengan dengan mengelompokan buku dan barang-barang yang lain ke dalam rak atau kotak penyimpanan yang sudah disediakan. 

7. Tambahkan Aksesoris Dan Benda-benda Yang Mereka Sukai

Personalisasi ruang belajar dengan memajang barang-barang kesukaan si kecil. Agar mereka makin merasa memiliki ruang belajar tersebut, pasang papan hias atau hiasan dinding yang bertuliskan nama mereka. Memasang quote penyemangat belajar dan mood board untuk menempel karya mereka juga membuat mereka makin semangat berkarya. Mainkanlah kombinasi warna pada penataan dekorasi ini, seperti kesatuan warna pastel pada pajangan di rak dan warna biru yang berpadu serasi dengan warna abu-abu dan putih.

8. Penggunaan Warna Cat

Cat dengan warna cerah memang sangat menarik mata tetapi jangan sembarangan memilih warna. Penerapan warna cat harus disesuaikan dengan usia, karakter atau sifat dan warna kesukaan anak. Agar tidak pusing memikirkannya, libatkan anak dalam proses pemilihan warna dan dekorasi ruangan yang akan mereka tempati.

Setelah Anda mempelajari tips membuat ruang belajar yang nyaman untuk anak Anda, saatnya Anda menentukan ide desain ruang belajar yang bisa Anda terapkan di rumah, diantaranya:

1. Ide Desain Ruang Belajar Minimalis

Kesan minimalis, bersih dan rapi dengan warna simpel membuat ruangan tersebut lebih nyaman dan menyenangkan. Pemilihan karakter kesayangan anak juga menjadi focal point yang menyegarkan untuk mengembalikan fokus Si kecil. Pemaksimalan cahaya alami dengan jendela besar membuat tempat tersebut memiliki area sirkulasi udara yang baik.

2. Ide Desain Ruang Belajar Lesehan

Tak melulu dengan set meja belajar lengkap, penggunaan meja kayu lesehan juga bisa Anda gunakan. Permainan warna pada motif karpet dan bantal menjadi daya tarik tersendiri. Anda cukup menambahkan rak buku yang menempel di dinding serta material rotan sebagai hiasan.

3. Ide Desain Terhubung Dengan Kamar

Menggabungkan ruang belajar dengan area tidur memang sudah biasa, tetapi kamar yang tak memiliki cahaya alami akan terlihat pengap. Untuk itulah pengaturan bantuan cahaya lampu dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik. Selain itu desain ruang belajar satu ini dapat diubah dengan mudah berdasarkan usia anak nantinya.

Nah, itu dia beberapa tips dan inspirasi desain ruang belajar anak yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi intinya, membuat ruang belajar yang ideal sebenarnya cukup mudah dan simpel. Anda hanya perlu memilih mana yang sebaiknya ada di ruangan dan mana yang tidak. Jika sudah, maka ruang belajar favorit anak Anda akan tercipta dengan sempurna.  Bagaimana, tidak sulit kan mendesain ruang belajar untuk anak? Dengan konsep ruang belajar yang edukatif suasana belajar di rumah pun akan makin seru. Selamat mencoba! Anda sedang mencari rumah idaman? Kini telah hadir aplikasi untuk jual, beli, sewa rumah dan properti terlengkap di Indonesia, https://onlist.id/ telah hadir untuk memberikan solusi yang nyaman dan mudah hanya dengan genggaman tangan. Find Your Dream House with OnList!
 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait