Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Hunian Aman Anti Maling, Ini Dia Tipsnya!


Terkadang Anda sering merasa khawatir saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong? Modus pencurian yang semakin beragam dan canggih membuat Anda harus putar otak dalam mengamankan rumah. Saat ini sudah banyak alat pengaman rumah canggih yang bisa Anda andalkan saat sedang bepergian jauh. Ini dia diantaranya: 

1. Sistem Alarm

Sistem alarm akan memberitahu Anda jika terjadi gangguan yang disebabkan oleh aktivitas mencurigakan. Sistem deteksi alarm ini tidak hanya dapat Anda gunakan di pintu masuk rumah saja, tetapi juga bisa diaplikasikan pada jendela rumah. Namun, sistem keamanan yang satu ini mungkin termasuk investasi yang mahal untuk Anda. Selain itu, banyak sekali fitur yang ada pada sistem alarm, seperti pendeteksi gerak, pendeteksi panas atau api untuk menghindari kebakaran rumah, dan lainnya. Setiap fiturnya memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga dapat terhubung langsung ke polisi untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin.

2. CCTV

Memasang kamera pengaman atau CCTV di rumah pribadi Anda akan sangat membantu Anda dalam mengawasi orang asing yang masuk ke lingkungan rumah. Bila sampai suatu saat terjadi tindakan kriminal seperti perampokan, maka video rekaman yang diambil oleh CCTV akan sangat membantu proses penyelidikan polisi sebagai barang bukti. Polisi pun dapat lebih mudah mengidentifikasi pencuri yang masuk ke rumah Anda lewat tayangan CCTV. Saat ini juga sudah banyak kamera CCTV yang menggunakan sistem monitoring real-time. Anda pun bisa lebih mudah dalam memperhatikan kondisi rumah kapan pun dan di mana pun Anda berada.

3. Teralis Pengaman

Cara paling mudah dan juga tergolong murah untuk membuat rumah lebih aman adalah dengan memasang teralis. Teralis dapat mencegah masuknya pencuri yang mengancam keamanan rumah Anda. Pasang teralis pada pintu masuk dan jendela rumah. Apabila Anda mempunyai atap terbuka untuk sirkulasi udara dan cahaya, Anda juga wajib memasang teralis pada bagian tersebut. Tak hanya menjaga rumah dari orang tak dikenal, menggunakan teralis juga berfungsi untuk menjaga keamanan anak-anak agar tidak terjatuh saat bermain di sekitar jendela.

4. Kunci Digital

Untuk keamanan rumah yang optimal, gunakan kunci digital yang dapat diprogram secara khusus. Buat satu kunci yang hanya diketahui oleh Anda dan keluarga, dan kunci lain yang bersifat sementara agar bisa dipakai oleh pengunjung rumah. Segera hapus kunci sementara jika memang keperluan pengunjung di rumah Anda sudah selesai, baik itu pekerja renovasi atau sekadar tamu yang menginap. Bila Anda masih menggunakan kunci tradisional, jangan pernah meninggalkan kunci cadangan yang Anda miliki di bawah karpet, batu, atau pot tanaman karena akan terlalu mudah untuk ditemukan. Sebaiknya, gunakan gembok kombinasi untuk mengamankan kunci pintu rumah Anda.

5. Tirai Untuk Menutup Pandangan Dari Luar

Buat pandangan orang dari luar ke dalam rumah terhalang dengan baik. Selalu tutup tirai atau jendela Anda sehingga pencuri yang ingin berniat buruk tidak bisa melihat ke dalam rumah untuk mengidentifikasi adanya barang elektronik mewah atau barang berharga lainnya. Kemudian, jangan lupa untuk selalu menutup garasi. Bahkan, saat Anda sedang berada di dalam rumah pun, jaga pintu garasi agar selalu tertutup setiap saat.

6. Sekrup Pada Pintu

Di setiap rangka pintu, terpasang satu set kenop pintu yang umumnya menggunakan piringan tebal dan sekrup. Umumnya, sekrup standar yang digunakan memiliki panjang sekitar setengah inci. Sekrup standar ini tergolong dapat dirusak dengan mudah. Untuk memberikan keamanan ekstra pada rumah, gunakan sekrup yang lebih panjang agar rumah tak bisa dibobol dengan mudah.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan sistem keamanan rumah. Apakah Anda sudah menerapkannya? Ayo mulai terapkan sekarang sebelum terlambat ya!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait