Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Contoh Desain Kamar Tidur Sempit Menjadi Luas


Kamar tidur merupakan bagian paling inti dari sebuah rumah. Dengan fungsi utama untuk tempat beristirahat serta memanjakan diri setelah beraktifitas seharian. Namun dengan berjalannya waktu, kamar tidur berkembang fungsinya. Pandemi ini membuat banyak orang menjalankan work from home (WFH), kamar yang fungsi awalnya adalah tempat istirahat, sekarang mulai menambah fungsi sebagai tempat untuk bekerja. Jika mempunyai kamar dengan luas yang memadai, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana dengan kamar tidur dengan lahan yang sempit? Berikut tips yang dapat Anda gunakan untuk mendesain kamar tidur yang sempit namun nyaman!

1. Pilihan Warna Cat

Putih dikenal sebagai warna yang tidak pernah gagal menjadikan ruangan kecil terasa lebih luas dan lapang. Warna netral ini sangat cocok digunakan untuk kamar tidur berukuran sempit. Namun, warna ini juga memiliki sedikit kekurangan, yaitu kesan monoton. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menambahkan unsur warna lain agar kamar tidur memiliki kombinasi warna yang menarik dan tidak membosankan. Aksen warna-warni pastel yang lembut menjadi kombinasi menarik untuk menciptakan kesan santai dalam ruangan serba putih. Jika Ada kurang cocok dengan warna putih untuk kamar, pilihan warna-warna gelap juga sebenarnya tidak dilarang. Namun, hindari penggunaannya secara berlebihan. Jadikan hanya sebagai aksen, atau hadirkan nuansa warna gelap di salah satu bagian dinding kamar saja. 

2. Gunakan Furnitur Multifungsi

Agar penggunaan ruangan kamar dapat dimaksimalkan, sebaiknya gunakan furnitur multifungsi. Anda dapat mengunakan rangka tempat tidur sekaligus ruangan penyimpanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menggunakan kabinet untuk menyimpan beberapa barang Anda. Jika Anda masih membutuhkan ruang penyimpanan, rak di dalam dinding bisa menjadi alternatif. Posisinya yang menjorok ke dalam ini memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak barang tanpa harus mengorbankan ruang utama di dalam kamar tidur. 

3. Kreasikan Dinding

Selain pilihan warna cat, Anda bisa menjadikan kamar tidur kecil terlihat lebih menarik secara visual dengan mendekorasi bagian dindingnya. Gunakan wallpaper, bata ekspos, atau rancang sebuah storage berbentuk rak dinding di sana agar kamar sempit Anda terlihat lebih fungsional. Dekorasi dinding yang unik bisa menjadikan ruangan memiliki daya tarik maksimal. 

4. Atur Pencahayaan Yang Baik

Mengatur pencahayaan ruangan yang baik mungkin terdengar sepele, namun ternyata penataan cahaya yang baik bisa membuat kamar yang berukuran mungil terlihat lebih luas. Yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menghalangi cahaya matahari yang masuk. Hal ini akan membuat kamar tidur Anda terasa lebih luas dan segar pada siang hari. Yang Kedua Anda bisa memanfaatkan pencahayaan dari lampu. Agar langit-langit kamar tidur terlihat lebih tinggi, buatlah pencahayaan dari bawah ke atas. Selain itu, pilihlah lampu dengan warna cahaya putih. Selain itu, menentukan watt lampu yang tepat juga bisa berpengaruh pada nuansa kamar tidur.

5. Penggunaan Ruang Lebih Efisien Dengan Tambahan Mezzanine

Memiliki ukuran kamar tidur sempit bukan berarti Anda tidak bisa membuat area kerja di dalam kamar tidur. Anda bisa mencoba menambahkan mezzanine pada interior kamar tidur. Mezzanine adalah lantai tambahan di dalam satu ruangan. Anda bisa menjadikan mezzanine ini sebagai area beristirahat dengan meletakkan spring bed, dan ruang kerja di bagian bawah mezzanine. Pilih juga meja kerja yang berukuran tidak terlalu besar agar masih ada ruang gerak di dalam kamar tidur. 

6. Jendela Besar Di Tengah Ruang

Jika kebetulan Anda berencana membangun atau merenovasi kamar tidur, ada baiknya untuk menempatkan posisi jendela persis di tengah ruangan. Posisi tersebut adalah titik fokus penempatan tempat tidur yang bisa melahirkan kesan nyaman. Selain itu, matahari yang langsung masuk ke ruangan kamar tidur Anda dapat membuat Anda berhemat pemakaian lampu.

7. Buat Kesan Kamar Yang Lebih Luas Dengan Cermin

Menggunakan cermin adalah salah satu trik yang dapat digunakan untuk menciptakan kesan kamar yang lebih luas. Pasalnya, cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruangan. Anda dapat menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding kamar yang polos, memilih lemari pakaian yang dilengkapi dengan cermin, atau meletakkan cermin full-body. Untuk menambah estetika ruangan, sesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar tidur Anda.

8. Hindari Penggunaan Headboard

Penggunaan headboard akan membuat kamar tidur yang mungil terlihat penuh. Alih-alih menggunakan headboard, Anda bisa menggantung wall art, wall mural atau menggantung rak gantung sebagai tambahan ruang penyimpanan. Selain membuat langit-langit terlihat lebih tinggi, cara menata kamar tidur seperti ini akan membuat kamar tidur menjadi jauh lebih menarik. Namun pastikan tidak terlalu berlebihan dalam penataan wall art, wall mural atau penyimpanan barang di rak gantung, ya. Hal ini justru akan membuat ruangan kamar terlihat penuh. 

9. Rak Penyimpanan Di Belakang Kasur

Salah satu yang sering dilupakan adalah dinding di belakang kasur. Jika selama ini hanya digunakan untuk menempatkan elemen hiasan seperti lukisan atau foto, maka  Anda dapat memanfaatkan untuk dibuat sebagai tempat penyimpanan barang atau rak. Manfaatkan kotak-kotak kecil, atau kayu sebagai hambalan. Kemudian gunakan kasur atau tempat tidur berukuran single. Desain ini cocok untuk kamar anak atau bagi Anda yang belum mempunyai pasangan.

10. Gunakan Kombinasi Tema Yang berbeda

Pilihan menggunakan 2 kombinasi tema yang berbeda, akan membuat kamar tidur sempit terasa lebih nyaman. Contohnya adalah, dengan memadukan antara kombinasi tema feminin dan maskulin. Tema maskulin bisa diterapkan pada pemilihan warna, misalkan hitam putih, untuk dinding atau sprei. Kemudian tema feminim digunakan untuk pemilihan furnitur, contohnya adalah pemilihan lampu samping tempat tidur. Perpaduan keduanya akan membuat kamar tidur sempit menjadi makin mewah, tanpa harus menyita banyak ruangan. Anda juga bisa menggabungkan tema bohemian dan pastel. Kuncinya adalah kreativitas, sesuaikan dengan minat Anda. Anda juga bisa mencari inspirasi tema dari majalah ataupun video di internet. Selamat berkreasi!

Nah, Anda sudah tidak sabar untuk merenovasi kamar? Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu Anda mewujudkan desain kamar tidur sempit yang nyaman untuk dihuni. Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti Anda di jual properti. Hanya di https://onlist.id/ yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda untuk menemukan rumah impian dengan mudah dan cepat hanya dengan genggaman tangan. Jadi tunggu apalagi? Cari rumah? Ya di OnList aja!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait