Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ciri-Ciri Investasi Properti Yang Terbaik Dan Aman


Investasi yang aman adalah suatu keinginan setiap orang yang ingin memulai kegiatan berbisnis. Berinvestasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan untuk masa depan anda. Investasi juga dapat membuat anda mengelola keuangan dengan baik untuk kehidupan anda.

Saat ini masyarakat di Indonesia yang sudah banyak menjalankan investasi terutama investasi properti. Investasi properti adalah salah satu investasi yang memiliki keuntungan yang besar bagi anda, karena pada dasarnya harga properti disetiap tahunnya selalu meningkat.

Bertambahnya permintaan akan unit perumahan dari sebagian pendatang yang ingin menetap di kota metropolitan, membuat anda yang sedang menjalankanj investasi properti mendapatkan keuntungan yang besar. Contohnya anda dapat berinvestasi dengan membangun sebuah kos-kosan atau kontrakan.

Maka dari itu, agar investasi propertimu akan mendapatkan keuntungan yang paten anda harus tetap merawat propertimu dengan baik. Tentu saja, anda harus memiliki modal yang cukup dan anda juga harus mempertimbangkan hal tersebut sebelum anda memulai investasi properti.

Investasi properti memang memiliki keuntungan yang menjanjikan, namun jika ada kelebihan pasti ada juga kekurangan yang berupa resiko kerugian. Meskipun demikian, anda harus memahami bagaimana ciri-ciri berinvestasi properti yang baik dan aman untuk menghindari resiko kerugian.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri-ciri investasi properti yang aman, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi properti. Yuk kita simak !

Kelebihan Investasi Properti

  1. Memiliki Pendapatan Yang Terus Meningkat Dari Tahun Ke Tahun
  2. Resiko Rendah
  3. Terasa Keuntungannya

Kekurangan Investasi Properti

  1. Modal Besar Di Awal
  2. Penghasilan Yang Pasif
  3. Kerusakan Properti

Setelah anda memahami kekurangan dan kelebihan dari investasi peroiperti ini, kita akan membahas mengenai cirri-ciri investasi yang aman khsusnya bagi anda para pemula

  1. Memiliki Fokus yang Jelas
    Pertama-tama anda harus memilih jenis investasi mana yang anda pilih, jenis-jenis investasi terdiri dari investasi emas, investasi properti dan lain sebagainya. namun jika anda memilih investasi properti anda tidak akan salah pilih. Karena banyak orang yang memilih untuk berinvestasi bidang properti. Jenis-jenisnya pun beraneka ragam seperti properti kantor untuk kepentingan bisnis, dan properti hunian seperti apartemen dan rumah yang menjadi sebuah kebutuhan pokok.

    Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi alangkah baiknya anda memilih jenis properti apa yang anda tuju. Dengan demikian, anda dapat membuat gambaran mengenai langkah apa saja yang akan anda lakukan terlebih dahulu.
     
  2. Menentukan Jangka Waktu
    Jika anda ingin melakukan investasi dalam bidang apapun, anda harus menentukan target mengenai investasi yang anda ingin jalani. Butuh berapa lama anda dapat mencapai target? Perlu diperhatikan bahwa target yang ingin anda raih sangat berpengaruh bagi investasi yang akan anda jalani.

    Misalnya, anda ingin berinvestasi dalam salah satu bidang properti oleh karena itu anda harus bisa menentukan jangka waktu dalam pengumpulan dana untuk modal awal anda. Hal ini harus anda pikirkan secara matang agar proses investasi anda berjalan lancar
     
  3. Ketersediaan Modal
    Investasi bidang properti adalah jenis investasi yang membutuhkan modal besar, dibandingkan dengan investasi lainnya. Oleh karena itu, jika anda seseorang yang tertarik untuk menjalankan investasi properti anda harus menyiapkan modal besar di awal terlebih dahulu. Adapun alternative yang sebagian besar orang lakukan yaitu, jika modal belum memumpuni, anda dapat mengajukan pinjaman melalui bank atau melalui fintech P2P lending.

    Namun jika anda ingin melakukan akternative tersebut, sebaiknya anda mengajukan pinjaman yang dibatasi minimal 30% dari kemampuan keuangan yang anda miliki. Agar saat anda mengembalikan pinjaman, anda tidak merasa berat
     
  4. Jangan Terburu-buru
    Jika anda ingin memulai berinvestasi, anda jangan terburu-buru untuk berinvestasi besar. Diartikan bahwa dalam dunia investasi properti pasti anda membutuhkan modal yang besar, namun anda dapat memulai dari yang kecil terlebih dahulu. Seperti mulai dengan investasi kos-kosan dengan kamar yang tidak terlalu banyak namun nyaman. Seiring berjalannya waktu jika investasi kos-kosan anda berjalan dengan lancar, anda dapat mengembangkannya dengan kamar yang lebih banyak dan fasilitas yang lebih memadai.
     
  5. Perhatikan Pembayaran Pajak
    Pajak adalah salah satu hal yang tidak asing lagi bagi dunia investasi properti. Dalam hal ini jika anda masih belum paham mengenai perpajakan, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang lebih pengalaman dan profesional di bidangnya. Mereka akan menjelaskan kepada anda tips investasi properti yang akan membuat anda menghemat dalam hal pembayaran pajak
     
  6. Memiliki Strategi Investasi
    Jika anda sedang berinvestasi anda harus memiliki strategi agar proses investasi anda berjalan lancar dan mendapat keuntungan yang menjanjikan. Harga properti bisa berubah-ubah, kadang naik dan kadang turun. Hal-hal seperti inilah yang harus anda pahami sebelum anda memutuskan untuk membeli properti. Biasanya harga properti dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global. Jadi anda harus rutin mencari informasi dari berbagai media mengenai perkembangan infromasi terkini tentang harga properti

Investasi properti sebenarnya tidak sulit untuk anda jalankan, asalkan anda memiliki niat dan strategi yang matang. Selain itu anda juga harus memiliki modal yang cukup untuk memulai investasi properti. Ingin berinvestasi properti, mulailah dengan mencari properti di website onlist.id. Karena onlist.id menyediakan berbagai macam pilihan properti untuk anda, yang menyediakan pilihan dengan lokasi dan harga yang terbaik.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait