Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Cari Tau Yuk Tentang Macam-Macam Keramik Untuk Dinding


Tak harus menggunakan cat atau wallpaper untuk mempercantik dinding rumah Anda. Salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah menggunakan keramik dinding. Pasalnya menggunakan keramik dinding memiliki banyak kelebihan dibandingkan memilih material lainnya. Kelebihan yang akan Anda peroleh yakni jenis keramik memiliki beragam motif, tekstur dan warna yang menarik. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih keramik dinding yang sesuai dengan konsep hunian Anda. Cari macam-macam keramik untuk dinding yang sesuai ciri khas Anda. Selain itu rumah akan bertambah indah serta memiliki kesan mewah sekaligus elegan. Ditambah lagi jika Anda rajin membersihkannya terlihat makin berkilau. Selain memiliki kesan estetik, pasalnya keramik dinding lebih tahan lama dibandingkan dengan tembok pada umumnya, karena tembok lebih mudah retak dan terkelupas.

Macam-Macam Keramik Dinding Yang Cocok Untuk Hunian Anda

Sebelum Anda memasang keramik dinding pada rumah, terlebih dahulu Anda harus mengenali jenis-jenis keramik dinding. Terdapat banyak macam yang memiliki fungsi dan corak yang berbeda. Saat Anda mengetahui jenis keramik, maka Anda lebih mudah memilih tipe keramik dinding yang sesuai dengan desain favorit Anda. Berikut macam-macam keramik untuk dinding:

1. Keramik Dinding Berglasir

Keramik dinding ini merupakan jenis keramik yang paling banyak dicari dan bisa ditemukan dimanapun. Tersusun dari tanah liat, mineral, sejumlah bahan pelarut serta lapisan glasir yang dicampur jadi satu. Lapisan glasir inilah yang mampu membentuk beragam motif keramik dinding. Dengan lapisan ini, keramik akan tahan air, anti api, bahkan mudah dibersihkan karena padat dan tidak berpori. Bobotnya yang ringan juga membuat keramik ini mudah dipasang di permukaan vertikal. Namun, keramik dinding glasir ini hanya bisa diaplikasikan di dinding saja. Hal ini dikarenakan ringannya keramik yang tidak akan bertahan lama jika dipasang untuk lantai.

2. Keramik Mozaik

Macam-macam keramik untuk dinding mu selanjutnya adalah keramik mozaik. Keramik mozaik ini sangat terkenal dengan keunikannya. Motif, warna, serta teksturnya akan memikat setiap mata yang melihatnya. Bahkan, Anda bisa menentukan sendiri motif yang diminati. Hal ini bisa membuat hunian Anda lebih hidup dan tidak monoton. Selain indah keramik ini juga mudah untuk dibersihkan. Anda cukup menggunakan kain bersih untuk menghilangkan debu atau noda. Kepadatannya yang cukup tinggi membuat keramik dinding mozaik ini tahan lama. Keramik ini sering digunakan untuk dinding kamar mandi.

3. Keramik Dari Bebatuan Alam

Anda bisa mencoba menghiasi dinding dengan keramik yang terbuat dari bebatuan alam jika Anda menyukai kesan natural. Contoh dari keramik bebatuan alam adalah granit, batu tulis, maupun marmer. Selain sangat menarik, keramik ini juga akan memberikan akses unik bagi hunian Anda. Keramik dinding ini sangat cocok untuk dipasang di dapur maupun kamar mandi. Namun, keramik ini harus diproses dengan rapi untuk menutupi pori-porinya. Hal ini dikarenakan bebatuan alam mudah terkikis dan cenderung tidak tahan terhadap suhu yang tinggi.

4. Custom Tile Printing

Sesuai dengan namanya, desain keramik ini bisa Anda tentukan sendiri. Macam keramik untuk dindingmu ini biasa disebut juga dengan Digital Printed Tile. Hal ini dikarenakan desainnya yang menggunakan teknik percetakan  dan manipulasi digital. Nanti, motif yang Anda pilih akan di scan oleh kamera digital. Lalu motif tersebut diolah sedemikian rupa melalui software foto editing khusus. Pembuatan keramik ini digunakan dengan memanaskan motif yang telah disetujui di bawah temperatur yang sangat panas sehingga gambarnya menyatu dengan sempurna ke badan keramik dinding.

Tips Memilih Keramik Dinding Yang Cocok Untuk Hunian Anda

Keramik dinding sering dijadikan dekorasi untuk mempercantik hunian. Hal ini dikarenakan dengan  menggunakan keramik dinding akan membuat hunian makin indah dan mewah. Tak hanya itu keramik dinding juga lebih mudah dibersihkan. Namun, dalam mengaplikasikannya tidak boleh sembarangan. Berikut adalah tips untuk memilih macam-macam keramik untuk dinding yang bagus untuk hunian Anda:

1. Pilih Warna Keramik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih warna keramik yang tepat. Pilihlah keramik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan warna yang salah akan membuat hunian Anda kurang estetik. Pilihlah warna yang minimalis dan kombinasikan dengan warna yang lembut namun mencolok seperti merah, kuning, dan sebagainya.

2. Pilih Motif Keramik

Jika Anda menginginkan kesan kalem pada hunian Anda maka pilihlah motif polos. Namun, jika Anda menginginkan motif selain polos, Anda bisa menggunakan keramik dinding dengan motif tertentu. Namun, jangan gunakan motif keramik yang terlalu mencolok. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan elegan dan minimalis. 

3. Pilih Tekstur Keramik

Untuk hunian Anda pilihlah tekstur macam-macam keramik untuk dinding sesuai dengan tempatnya. Jika diperuntukkan di dalam rumah pilihlah tekstur yang halus, namun jika untuk teras pilihlah tekstur yang lebih kasar. Hal ini karena berpengaruh terhadap pantulan sinar matahari. Jika di dalam rumah tidak terlalu banyak terkena sinar matahari jadi keramik tekstur halus lebih baik. Berbeda dengan bagian luar, yang terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu untuk menghindari efek silau saat terang, gunakan model keramik yang kasar dan tidak berpotensi menciptakan kilauan atau kisaran berlebihan. 

4. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Memperhatikan ukuran keramik sangat penting. Sesuaikan ukuran keramik dengan ukuran dinding rumah Anda. Jika sempit, gunakan keramik berukuran kecil, sebaliknya jika ukuran dinding luas, maka gunakan keramik dengan ukuran lebar. Hal ini agar lebih enak dipandang dan terkesan minimalis.

5. Pilih Keramik Dengan Nuansa Alami

Bagi Anda yang menyukai konsep alami, mungkin pemilihan keramik alami bisa Anda coba. Pilihlah macam-macam keramik untuk dinding yang bermotif batu alam bercampur kasar, ini akan lebih menarik dan cocok. Seperti yang sudah dijelaskan dalam pembahasan di atas tentang macam-macam keramik untuk hunian Anda. Bahwa sekarang banyak keramik motif batu alam dengan berbagai warna pilihan. Pilihlah tekstur yang tidak terlalu kasar maupun terlalu lembut.

6. Pilihlah Bahan Yang Berkualitas

Ingat jika keramik dinding harapannya bisa bertahan lama. Oleh karena itu pilihlah keramik dinding yang memiliki bahan-bahan berkualitas. Hindari memilih keramik yang mudah pecah, serta jangan gunakan keramik yang mudah rapuh. Walau harga yang memiliki kualitas tinggi lebih mahal, namun penggunaannya bisa lebih lama dibandingkan dengan kualitas rendah.

7. Perhatikan Bidang Yang Dilapisi Keramik

Selain mengetahui luas dinding, Anda juga harus mengetahui berapa luas dinding yang akan dilapisi keramik. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam membeli keramik, jadi tidak akan kurang bahkan lebih. Anda sudah mengetahui jumlah keramik yang akan dipakai dengan menghitung luas dinding yang akan dilapisi keramik. Ini juga akan memudahkan dalam penghitungan biaya pembelian keramik.

Sudah menentukan jenis keramik apa yang cocok untuk rumahmu? Pembahasan tentang macam-macam keramik untuk dinding tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi akan yang akan melakukan renovasi atau tengah membangun rumah idaman Anda. Pilihlah keramik yang cocok dan sesuai dengan hunian Anda. Sehingga mendapatkan tampilan yang elegan dan menarik.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait