Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang NJOP Terbaru 2021


Nilai Jual Objek Pajak atau disingkat dengan NJOP adalah langkah awal yang dilakukan seseorang ketika melakukan kegiatan jual beli tanah. Tak hanya itu NJOP ini juga digunakan saat Anda ingin membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB). Sekarang Anda tak perlu besusah-susah untuk mengetahui NJOP dikarenakan sudah ada cek NJOP online. Jadi Anda tak perlu susah-susah pergi ke kantor kecamatan untuk mengecek NJOP ini, cukup melalui situs Web resmi pemerintah provinsi Anda sudah bisa mengetahui informasi tentang NJOP Terbaru 2021. Namun, sebelum mengecek Anda harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan.

Yuk Ketahui Informasi Tentang NJOP

Mengenali apa itu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) merupakan hal penting sebelum Anda membeli hunian. Hal ini dikarenakan Anda bisa mengetahui seberapa besar biaya dan Pajak yang akan ditanggung dari transaksi jual beli property maupun rumah. Cek NJOP Terbaru 2021, karena tiap tahunnya NJOP bisa mengalami naik turun. Sebelum itu yuk cari tau lebih banyak tentang NJOP, berikut penjelasannya:

1. Apa Itu NJOP?

Sebagaimana yang tertera dalam UU pajak Bumi dan Bangunan, pengertian NJOP adalah harga yang diperoleh secara wajar dari transaksi jual beli. Penentuan NJOP dilakukan dengan membandingkan harga dan objek lain yang serupa, NJOP Pengganti atau nilai perolehan baru. Membandingkan harga terhadap objek lain yang serupa dimaksud adalah pendekatan atau metode yang dilakukan untuk menentukan nilai sebuah objek pajak dengan cara membandingkan dengan Objek Pajak lain yang sejenis. Nilai ini letaknya berdekatan dan fungsinya sama, serta telah diketahui harga jualnya. Nilai perolehan baru dapat didefinsikan sebagai pendekatan yang dilakukan terhadap nilai sebuah objek-objek pajak yang dilakukan dengan cara menghitung keseluruhan biaya yang dikeluarkan. Hal ini dilakukan untuk memperoleh objek tersebut ketika penilaian dilakukan. Nilai ini akan dikurangi dengan penyusunan berdasarkan kondisi fisik objek tersebut. 

2. Hubungan NJOP Dengan Perpajakan

Pada bidang property, NJOP ini merupakan nilai yang ditetapkan negara sebagai dasar pengenalan pajak. Hal ini sudah diatur dalam UU PDRD pasal 78 ayat 1. NJOP ditetapkan untuk menghitung besaran pajak terulang yang disesuikan dengan kondisi objek pajak tanggal 1 Januari pada tahun pajak. Hal ini berarti besaran NJOP ditetapkan sebelum 1 Januari tahun pajak, sehingga dapat menetapkan  besaran PBB yang ada di wilayahnya.

3. Penentuan Besar NJOP Tanah Dan Bangunan

Penetapan besaran NJOP dilakukan melalui proses penilaian tanah dan atau bangunan. Penilaian ini bertujuan untuk menentukan  NJOP tanah maupun bangunan per meter persegi sebagai dasar pengenalan PBB. Jadi penetapan NJOP tanah ditentukan berdasarkan satuan rupiah per meter persegi tanah yang disesuaikan dengan lokasi tanah. Untuk menetapkan NJOP bangunan, besaran biaya ditentukan dalam ukurannya per meter persegi. Di mana dalam pengelolaan PBB P3 dikenal sebagai Daftar Biaya Komponen Bangunan (DBKB). Berdasarkan keputusan menteri keuangan, besaran NJOP ditetapkan per 3 tahun sekali. Berbeda dengan daerah yang mengalami perkembangan secara signifikan, hal ini akan mengakibatkan nilai jual mengalami peningkatan yang sama, dan NJOP ditentukan setiap tahun sekali.

4. Beli Rumah Dengan NJOP

Jika Anda membeli rumah di Indonesia harus dibarengi dengan pembayaran Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Hal ini dilakukan untuk memberi masukan pada negara demi membangun ekonomi bersama. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika harga NJOP tiap rumah berbeda tergantung besarnya masing-masing properti sendiri. Oleh karena itu, makin tinggi perkembangan suatu wilayah maka makin tinggi juga harga NJOPnya. Maka melakukan pengecekan NJOP terbaru 2021 secara rutin sangatlah penting, agar transaksi jual beli tanah atau bangunan berjalan lancar. 

5. Manfaat NJOP

Ketika Anda melakukan transaksi jual atau beli rumah, mengetahui besaran NJOP adalah hal pokok yang harus dipahami. Ketika Anda memahami NJOP, maka akan memahami pula berapa besar dana dan pajak yang akan selanjutnya ditanggung dalam kegiatan transaksi jual beli properti. Jadi Anda tidak bisa tertipu dengan harga jual yang jauh di atas NJOP. Karena pada dasarnya NJOP adalah penentuan nilai yang bisa jadi patokan harga rumah. Inilah salah satu manfaat jika Anda mengetahui tentang NJOP terbaru 2021.

6. Cek NJOP Online

Setelah Anda paham apa itu NJOP, saatnya Anda mengetahui bagaimana mengecek NJOP online. Sebenarnya Anda bisa langsung mendatangi kantor kecamatan. Namun pasti hal tersebut sangat merepotkan, apalagi ditengah pandemi seperti saat ini. Dengan mengecek lewat online tentu lebih memudahkan dan praktis. Anda hanya perlu mengakses situs resmi pemerintahan provinsi untuk melihat kisaran NJOP yang ingin Anda jual atau beli. Sebagai contoh jika Anda berada di daerah Jakarta hal pertama yang harus dilakukan adalah buka situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Jakarta pada alamat bprd.jakarta.go.id. Nah setelah itu klik download disamping lokasi pelayanan. Terakhir carilah kumpulan regulasi Pajak Bumi dan Bangunan, selanjutnya akan ada link yang berisi regulasi NJOP Terbaru 2021.

Cara Menentukan NJOP

Penentuan NJOP ini berdasarkan perbandingan harga dengan Objek lainnya yang sejenis. Dengan demikian jika harga pasaran rumah dan tanah makin mahal di sebuah wilayah, maka nilai jualnya juga tinggi. Berdasarkan UU No 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, NJOP berfungsi untuk dasar perhitungan PBB yang akan disetor setiap tahunnya. Jadi pastikan Anda mengetahui NJOP terbaru 2021. Untuk menentukan NJOP bisa disimak terhadap tiga hal di bawah ini:

1. Perbandingan Dengan Objek Pajak Sejenis

NJOP bisa ditentukan dengan cara membandingkan objek pajak lain yang serupa. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menentukan letaknya, artinya letaknya harus berdekatan dan telah diketahui nilai jual objek tersebut.

2. NJOP Pengganti

Nilai Jual Objek Pajak pengganti ini digunakan untuk mendapatkan NJOP terbaru 2021 berdasarkan hasil pendapatan atau pemasukan dari objek pajak yang dinilai.

3. Nilai Perolehan Baru

Cara ketiga ini, dapat diterapkan dengan cara menghitung total biaya yang dikeluarkan guna memperoleh objek pajak tersebut. Namun, sebelum menentukan NJOP, Anda perlu melihat kondisi fisik dari bangunan objek pajak tersebut. Jadi, jika terjadi penyusunan maka total biaya yang sudah keluar harus dikurangi sesuai penyusutan kondisi fisik bangunan. Biasanya Penetapan NJOP dilakukan untuk menghitung besaran pajak terulang. Hal ini disesuaikan dengan kondisi objek pajak pada 1 Januari tahun pajak. Nah ini berarti besaran nilai jual objek pajak harus rampung sebelum 1 Januari tahun pajak. Selanjutnya Fiskus dapat memberikan ketetapan terhadap besaran PBB yang terulang atas setiap objek pajak berada di wilayahnya.

Itulah tadi pembahasan tentang NJOP terbaru 2021. Pahami secara mendalam tentang hal ini agar proses jual beli tanah, bangunan maupun properti berlangsung lebih mudah. Hal ini dikarenakan NJOP sangat berpengaruh terhadap proses transaksi Anda.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait