Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Cari Tahu Keuntungan Dan Kelebihan Bisnis Hotel, Simak Penjelasan Berikut!


Jika Anda adalah tipe investor jangka panjang, berbisnis hotel adalah salah satu pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan bisnis hotel berarti bisnis property. Sedangkan bisnis property akan selalu naik untuk setiap tahunnya. Namun sebelum membagun bisnis hotel tersebut alangkah baiknya Anda mengetahui dulu keuntungan dan kerugian bisnis hotel. Mengingat bisnis ini adalah bisnis jangka panjang. Selain itu persaingan yang semakin ketat, membuat Anda harus pandai dalam mengatur strategi. Karena strategi itu nanti akan berimbas pada pendapatan hotel dan profit yang diterima. 

5 Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Hotel

Bisnis hotel saat ini banyak dilirik oleh para pengusaha, hal ini dikarenakan pengelolaannya yang mudah hingga meraup keuntungan yang besar. Perkembangan teknologi di bidang internet pun turut menyuburkan industri perhotelan ini. Namun selain banyak keuntungannya, Anda juga harus mengetahui kekurangan bisnis hotel, agar Anda bisa meminimalisir resiko yang ada. Berikut keuntungan dan kerugian bisnis hotel yang perlu Anda ketahui:

1. Dibutuhkan Setiap Waktu

Hotel merupakan bisnis yang akan dibutuhkan setiap waktu. Selama ada orang yang berlibur ataupun pergi ke luar kota, bisnis hotel ini akan terus berjalan. Asal pengelolaanya baik, manajemennya juga baik, serta pelayanannya baik, maka bisnis hotel Anda ini akan selalu dicari oleh tamu atau pengunjung. Apalagi jika lokasi hotel Anda terletak di lokasi yang strategis dan harganya terjangkau, pasti akan selalu diburu dan dicari tamu.

2. Modal Awal Yang Besar

Bukan hal asing lagi jika ingin memulai bisnis hotel harus menyiapkan modal awal yang besar. Modal untuk memulai bisnis hotel ini mencapai 150 miliar, harga yang fantastis bukan. Hal ini dikarenakan barang yang ada pada hotel harus memiliki kualitas yang tinggi sehingga harganya juga mahal. Namun Anda bisa meminjam pada bank untuk menutupi kekurangan modal Anda. Bank akan sangat fleksibel jika digunakan untuk berbisnis hotel, mengingat jaminan yang ada dan lebih baik daripada bisnis properti yang lain.

3. Keuntungan Tinggi

Walaupun awal berbisnis hotel membutuhkan dana yang besar, namun percayalah modal tersebut akan tertutup dalam jangka waktu 5-10 tahun. Selebihnya Anda tinggal menikmati keuntungan yang didapatkan. Selain itu perawatan khusus pada hotel tidak perlu dilakukan terus menerus. Anda sebagai pemilik hanya berkewajiban untuk menyediakan fasilitas. Untuk renovasi dan maintenance pun perlu dilakukan jika dibutuhkan saja.

4. Persaingan Pasar Yang Ketat

Karena keuntungan yang menggiurkan dari bisnis hotel, membuat para pengusaha banyak yang beralih untuk membuka bisnis hotel. Hal inilah yang membuat persaingan di pasar perhotelan menjadi sangat ketat. Anda harus pandai-pandai untuk memanajemen bisnis Anda agar tidak kalah dengan bisnis saingan Anda. Maka dari itu perlu mengetahui keuntungan  dan kerugian bisnis hotel saat ingin melakukan bisnis ini. Agar jika ada sesuatu yang tidak diinginkan Anda sudah bisa meminimalisir resiko tersebut.

5. Bisa Menjadi Passive Income

Dengan melakukan bisnis hotel ini bisa menjadikan sumber passive income yang menjanjikan. Anda bisa melakukan pekerjaan lain sambil memanajemen hotel Anda. Jika Anda tak mau repot, Anda bisa menggaji karyawan untuk mengurus segala keperluan hotel. Dari bisnis ini Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan serta masa depan akan menjadi lebih cerah.

Itulah tadi keuntungan dan kelebihan bisnis hotel. Tidak ada bisnis yang sempurna, pasti akan ada kekurangan di dalamnya, tergantung kita bagaimana cara meminimalisir hal tersebut. Pastikan Anda mempersiapkan segalanya dengan matang, serta dapatkan advice dari ahli yang sudah teruji kualitasnya. Itu akan sangat membantu.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait