Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Cari Tahu Cara Menentukan Ukuran Garasi Mobil Serta Inspirasi Model Garasi


Sebelum punya mobil pribadi, sebaiknya kamu memiliki lahan di rumah yang bisa digunakan sebagai garasi. Jangan sampai mobil yang sudah kamu beli harus ditelantarkan di pinggir jalan dan terkena panas serta hujan. Kondisi yang demikian tentu akan lebih cepat merusak permukaan cat mobil. Dengan anda mempunyai garasi mobil, berarti anda ikut menjaga usia kendaraan menjadi lebih panjang.
Terlebih Saat ini Peraturan Daerah tentang Transportasi yang mengharuskan kepemilikan garasi rumah bagi semua warga yang memiliki mobil kembali digalakkan. Hal ini dibuat agar lalu lintas tidak terganggu. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk menyiapkan garasi mobil yang ideal dan nyaman. Ukuran garasi mobil perlu disesuaikan agar mobil kesayangan Anda tetap aman.  
Untuk mengetahui lebih banyak bagaimana menentukan ukuran garasi beserta inspirasi model garasi, simak ulasan berikut.

Pengertian Garasi

Arti garasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah rumah-rumahan atau bagian rumah tempat menyimpan (menaruh) mobil dan sebagainya; kandang mobil. Tak sedikit yang tertukar dalam mengartikan carport dan garasi dan menganggap keduanya sama saja. Carport dan garasi mobil memang bisa difungsikan sama, yaitu untuk meletakan/memarkir mobil hingga menjadikannya sebagai tempat penyimpanan kendaraan. Menurut Wikipedia, kata carport berasal dari bahasa inggris yang mempunyai pengertian tempat menyimpan kendaraan di depan rumah yang tidak memiliki garasi ataupun memiliki kendaraan lebih banyak dari kapasitas garasi.

Desain carport dibuat terbuka, tidak tertutup seperti garasi. Pintu yang digunakan adalah pintu pagar rumah, bahkan banyak yang tanpa pintu. Oleh sebab itu, carport lebih digunakan sebagai tempat untuk memarkir mobil untuk sementara waktu sebelum dimasukkan ke dalam garasi, biasanya karena akan digunakan lagi, ketika mencuci mobil, atau sebelum benar-benar akan disimpan ke dalam garasi. Sedangkan garasi umumnya menyatu dengan bangunan rumah dan dibuat secara tertutup, artinya ada dinding, atap, dan pintu yang dapat dikunci sehingga merupakan ruang penyimpanan kendaraan yang tertutup. Garasi bisa ditempatkan di mana saja, asalkan mempunyai akses dari/ke jalan.

Cara Menentukan Ukuran Garasi Tiap Model Mobil

1. Cek Dimensi Mobil
Sebelum anda memutuskan untuk membuat garasi, ada baiknya anda dapat mengecek dimensi mobil yang akan dibeli, karena ukuran mobil dijadikan patokan dalam membuat garasi. Misalnya, Avanza memiliki panjang 4.140 mm hingga 4.200 mm dan lebarnya 1.660 mm, serta memiliki tinggi 1.685 mm - 1.695 mm. Dari dimensi Toyota Avanza ini maka bisa ditarik kesimpulan, ukuran garasi mobil Avanza sebaiknya sediakan lahan minimal panjang 4,2 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi minimal 1,7 meter.

No. Mobil Panjang (mm) Lebar (mm)  Tinggi (mm)
1.  Yaris 4115 1700 1475
2. Honda Jazz 3920 1695 1525
3. Avanza 4190 1660 1695
4. Xenia 4190 1660 1685
5. Ertiga 4265 1695 1685
6. Terios 4405 1695 1740
7. Rush 4420 1745 1740
8. Livina 4485 1695 1595
9. Inova 4485 1775 1750
10. Kijang LGX 4495 1670 1775

2. Ukur Kebutuhan Dimensi Garasi

Saat memperkirakan ukuran standar garasi mobil Avanza bukan hanya harus pas dengan panjang serta lebar dari mobil tersebut, tetapi pikirkan pula akses masuk dan keluar kendaraan ke garasi. Dengan demikian sepatutnya anda menyediakan ruang yang cukup untuk memudahkan mobil bisa keluar dan masuk. Termasuk untuk membuka semua pintu mobil serta membuka dan menutup pintu garasi.

Ketika menentukan berapa ukuran garasi mobil yang ideal wajib disesuaikan dengan ukuran mobil ditambah dengan ruang gerak yang cukup lega. Lebih baik menyisakan ruangan yang luas daripada saat mobil berada dalam garasi, pintu mobil tidak dapat dibuka.

3. Menghitung Dimensi Garasi

Jika Anda sudah mengetahui ukuran mobil Anda, kini saatnya mengukur rumah bagi mobil kesayangan. Saat menentukan ukuran garasi mobil, maka beri jarak 70-80 cm (sentimeter) lebih panjang dari dimensi mobil. 

Contoh:
Jadi jika mobil tersebut memiliki panjang sekitar 4,2 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,7 meter, maka panjang garasi mobil Avanza minimal harus 5 meter. Sementara lebarnya tidak boleh kurang dari 2,5 meter dan tinggi garasi antara 2,5 meter hingga 3 meter.

Kalau ingin meletakkan almari untuk toolkit, pilihlah almari dengan lebar tidak lebih dari 60 cm dan tinggi maksimal 2,5 meter. Hal ini untuk membuat ruang di garasi tersebut tidak tertutup oleh almari. Kemudian saat memarkir, posisi mobil juga harus diberi jarak 70-80 cm dari almari tersebut. Jarak ini diberikan agar kamu bisa leluasa membuka pintu depan, belakang, serta pintu bagasi. Selain itu dengan ada jarak yang cukup lebar, maka bisa memudahkan saat mobil bermanuver.

4 Inspirasi Model Garasi

1. Garasi Underground (Bawah Tanah)

Memiliki garasi rumah underground yang terlihat bisa menjadi ide yang brilian jika anda memiliki mobil mewah dengan harga yang cukup fantastis. Dengan memarkirnya di garasi rumah underground bisa menghindarkan kendaraanmu dari incaran pencuri. Selain tidak terlihat, konsep garasi rumah underground juga dapat menghemat lahan. Berbeda dengan garasi rumah pada umumnya, garasi rumah underground menggunakan desain pintu otomatis yang akan membawa mobilmu menuju lahan parkir di bagian bawah tanah rumahmu.

2. Garasi Di Lantai Atas

Jika anda punya rumah dengan konsep minimalis di daerah perbukitan atau pegunungan, terkadang ruang tamu berada di lantai dua akibat perbedaan ketinggian tanah antara jalan raya dengan rumah yang kamu tinggali. Begitu pula halnya dengan garasi rumah yang terpaksa berada di lantai atas pada rumah minimalis dua lantai. Dengan desain garasi rumah di lantai atas ternyata terlihat lebih keren dan berbeda dari garasi rumah umumnya yang terletak di basement atau lantai dasar.

3. Garasi Rumah Split Level

Jika anda memiliki hunian yang berada di daerah perbukitan, anda dapat mengakalinya dengan membuat hunian split level. Anda dapat membuat garasi berada di lantai bawah seperti pada gambar sehingga mampu menghemat lahan.

4. Garasi Yang Terpisah Dengan Rumah

Garasi tipe ini sangat cocok bagi anda yang memiliki lahan cukup sangat luas dan ingin mempunyai garasi sendiri yang cukup luas. Terlebih jika anda memiliki hobi di bidang otomasi, dan ingin memanjakan koleksi otomotif anda. Garasi ini juga dapat difungsikan sebagai gudang.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait