Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Cara Merawat Rumah Dan Jadikan Rumah Tempat Ternyaman


Apa Itu Rumah?

Rumah adalah tempat untuk melepaskan lelah, tempat bergaul, dan membina rasa kekeluargaan diantara anggota keluarga, tempat berlindung keluarga dan menyimpan barang berharga, dan rumah juga sebagai status lambang sosial

Fungsi Rumah

Menurut Turner (1972:164-167), terdapat tiga fungsi yang terkandung dalam rumah:

  1. Rumah sebagai penunjang identitas keluarga, yang diwujudkan dalam kualitas hunian atau perlindungan yang diberian rumah. Kebutuhan tempat tinggal dimaksudkan agar penghuni mempunyai tempat  tinggal atau berteduh secukupnya untuk melindungi keluarga dari iklim setempat.
  2. Rumah sebagai penunjang kesempatan keluarga untuk berkembang dalam kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi atau fungsi pengembangan keluarga. Fungsi ini diwudkan dalam lokasi tempat rumah itu didirikan. Kebutuhan berupa akses ini diterjemahkan dalam pemenuhan kebutuhan sosial dan kemudahan ke tempat kerja guna mendapatkan sumber penghasilan.
  3. Rumah sebagai penunjang rasa aman dalam arti terjaminnya kehidupan keluarga di masa depan setelah mendapatkan rumah, jaminan keamanan lingkungan perumahan yang ditempati serta jaminan keamanan berupa kepemilikan rumah dan lahan.
  4. Rumah sebagai kebutuhan dasar manusia, perwujudannya bervariasi menurut siapa penghuni atau pemiliknya. Berdasarkan hierarchy of need (Maslow, 1954:10), kebutuhan akan rumah dapat didekati sebagai :
    - Physiological needs (kebutuhan akan makan dan minum), merupakan kebutuhan biologis yang hampir sama untuk setiap orang, yang juga merupakan kebuthan terpenting selain rumah, sandang, dan pangan juga termasuk dalam tahap ini.
    - Safety or security needs (kebutuhan akan keamanan),merupakan tempat berlindung bagi penghuni dari gangguan manusia dan lingkungan yang tidak diinginkan.
    - Social or afiliation needs (kebutuhan berinteraksi), sebagai tempat untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman.
    -  Self actualiztion needs (kebutuhan akan ekspresi diri), rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal, tetapi menjadi tempat untuk mengaktualisasikan diri.

Komponen Rumah

Rumah terdiri dari beberapa komponen yang disusun dan mempunyai fungsi sendiri – sendiri . adapun susunan – susunan komponen tersebut sebagai berikut :
Pondasi, pondasi adalah komponen struktur paling dasar atau paling bawah yang berfungsi sebagai tumpuan dari bangunan, dan fungsi pondasi yang utama adalah menyalurkan beban dari komponen – komponen bangunan di atasnya .

  • Lantai, sebagai dasar pada suatu rumah . berposisi diatas tanah
  • Langit – langit atau plafon, plafon berfungsi sebagai pemisah antara ruangan dalam dengan atap .
  • Balok sloof, balok sloof berada pada posisi atas pondasi
  • Kolom, kolom berfungsi sebagai struktur pada sebuah rumah
  • Dinding, dinding berfungsi sebagai partisi atau pembatas antara ruang satu dengan ruang yang lain .
  • Pintu dan jendela, berfungsi sebagai akses keluar masuk orang dan juga akses sirkulasi udara dan juga cahaya .
  • Ring balk, ring balk berfungsi sebagai bpengikat dinding dan juga kolom
  • Atap, atap adalah penutup dati sebuah rumah, dan posisinya berada paling atas pada sebuah bangunan . atap berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari sinar matahari dan juga dari hujan .

Selain susunan pokok tersebut, ada juga komponen komponen pelengkap bangunan yang juga harus di perhatikan . seperti listrik sebagai penerangan, sumur atau PDAM sebagai sumber air, dan juga saluran air kotor serta tampungan air kotor seperti septictank, sumur resapan air kotor, dan juga sumur resapan air hujan .

Cara Merawat Rumah Agar Bersih Dan Sehat

  1. Selalu Membersihkan Rumah Setiap Hari
    Rutin membersihkan rumah setiap hari membuat rumah menjadi nyaman. Mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan sawang, menguras kamar mandi, mencuci piring, mencuci pakaian, membersihkan tempat tidur, dan lain – lain. Menguras kamar mandi adalah salah satu kewajiban karena jika tidak dibersihkan pasti banyak jentik – jentik yang bersarang di air bersih bak mandimu. Jika terus dibiarkan akan menjadi penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang mematikan. 
  2. Mengecek Instalasi Listrik
    Dibeberapa daerah atau disebuah rumah terjadi kebakaran penyebabnya konsleting listrik. Maka dari itu setidaknya 1 bulan sekali anda coba mengecek instalasi listrik, bisa jadi ada beberapa penyebab yang menyebabkan kerusakan pada instalasi listrik, contohnya kabel digigit tikus, kabel nya berantakan, dan lain – lain. Anda dapat memanggil teknisi listrik untuk membantu membenarkan atau mengecek instalasi listrik anda.
  3. Memeriksa Instalasi Air
    Air adalah sumber kehidupan manusia. Tanpa air kita tidak bisaa hidup. Air dibutuhkan disetiap saat, untuk makan, minum, mencuci, mandi, menyiram, dan masih banyak lagi. Di setiap rumah pasti memiliki instalasi air. Jika andaa ingin memiliki saluran air yang bersih anda harus membersihkan saluran air dirumah anda, takjarang terdapat air kotor yang dikeluarkan karena suatu penyebab, bisa jadi karena tersumbat kotoran, terdapat lumpur sehingga itu menjadi penyebab air yang dikeluarkan menjadi kotor dan bau. Anda bisa memilih memanggil teknisi atau anda bisa membersihkannya sendiri. 
  4. Membersihkan Septictank
    Setiap rumah pasti memiliki septictank masing – masing. Septic tank adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk tangki septik. Tangki ini sendiri merupakan sebuah kontainer atau bak yang digunakan untuk menampung sekaligus mengolah limbah kotoran manusia yaitu berupa tinja dan urin. Penampungan dan pengelolaan ini dilakukan dalam rangka menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan sehat. Tangki septik biasanya diletakkan di dalam tanah dan terbuat dari bahan yang kedap air. Hal ini dilakukan supaya kotoran yang tertampung di tangki tidak meresap ke tanah dan menyebabkan pencemaran. Ada kalanya septic tank itu penuh dan tidak bisa menampung tinja atau feses lagi, sehingga menyebabkan air didalam kloset tidak bisa masuk. Jika dibiarkan itu akan menjadi penyakit dan wc tidak bisa digunakan lagi. Anda bisa menghubunhi jasa sedot wc untuk membantu menyedot isi yang ada di dalam septic tank. Sehingga tinda dan feses bisa di salurkan ke dalam septic tank tersebut. Biasanya penyebab penuhnya septic tank ada beberapa faktor. Yang pertama memang karena kapasitas isi nya sudah penuh oleh tinja dan feses, tapi ada juga seseorang yang membuang pembalut atau sampah apapun itu kedalam closet sehingga menyebabkan kemacetan sistem saluran.

Membersihkan Loteng Rumah


Membersihkan loteng rumah juga salah satu yang harus anda lakukan. Karena jika terdapat atap rumah bocor, pasti ada terjadi sesuatu di loteng anda. Seperti hantaman batu, bangkai tikus yang berada di loteng juga bisa menyebabkan rumah jadi bau tidak sedap. Ada bisa membersihkannya sendiri atau memangg jasa seseorang.
Nah, itu adalah cara – cara yang dilakukan agar rumah menjadi termpat ternyaman untuk istirahat. Rumah yang bersih, wangi, dan sehat adalah kunci kenyamanan. Jadi jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah setiap hari dan mengecek instalasi air dan listrik. Jika anda tidak bisa mengejarkannya sendiri, amda bisa meminta bantuan teknisi.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait