Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Cara Mempertahankan Bisnis Penginapan Hotel di Tengah Pandemi


Wabah pandemi Covid-19 yang masih melanda sebagian besar negara di dunia memang memberi dampak terhadap banyak aspek kehidupan. Terutama pada sektor pendidikan, perdagangan, pariwisata, dan sektor penginapan. Mewabahnya virus ini membuat mereka harus rela menerima kenyataan karena harus menutup usaha dalam tempo yang belum bisa ditentukan sampai kapan berakhir. Sehingga perlu upaya lain agar tetap bertahan demi menjaga keberlangsungan bisnis tersebut. Pengelola sektor penginapan harus punya cara mempertahankan bisnis penginapan mereka agar tidak gulung tikar. Langkah-langkah strategis sangat dibutuhkan supaya bisnis yang mereka jalankan tetap berjalan meski tidak maksimal. Minimal bisa terhindar dari badai kerugian yang akan mengakibatkan kebangkrutan. Oleh karena itu pengelola harus pandai menemukan daya tawar bagi usaha mereka.

Beberapa Cara Mempertahankan Bisnis Penginapan Di Tengah Pandemi

Pandemi covid-19 saat ini berimbas terhadap putaran ekonomi terutama di sektor pariwisata dan penginapan. Adanya kebijakan physical distance dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang sangat ketat menjadikan banyak orang lebih memilih tinggal di rumah. Untuk bepergian atau melakukan traveling pun harus dikurangi agar dapat memutus mata rantai penularan virus tersebut. Alhasil, pengelola bisnis penginapan harus memutar pikiran untuk menemukan ide baru agar bisnis mereka tetap bertahan dan terhindar dari jurang kebangkrutan. Berikut beberapa cara agar bisnis penginapan bisa bertahan.

1. Berikan Paket Menginap Dan Diskon Harga

Bagi pengelola bisnis penginapan sebaiknya memberikan tawaran paket menginap kepada pengunjungnya. Meski agak murah namun dapat membantu para pengusaha untuk mempertahankan tempat usaha mereka. Untuk menambah daya tarik pengunjung, Anda dapat memberikan diskon harga dalam paket menginap tersebut. Misalkan saja potongan harga jika tamu menginap lebih dari dua hari. Atau diskon jika memesan kamar dalam jumlah tertentu, sehingga dapat menampung peluang agar banyak yang berminat menginap di penginapan hotel mereka.

2. Cara Mempertahankan Bisnis Penginapan Melalui Media Sosial

Pandemi ini juga mengharuskan para pengelola bisnis penginapan untuk terus mempromosikan tempat usaha mereka. Media sosial dinilai merupakan media promosi yang efektif di tengah pandemi seperti sekarang. Saat ini metode tersebut merupakan jalan paling relevan mengingat sistem ini ramai digunakan terutama bagi para pecinta travelling. Tambahkan keunggulan yang dimiliki sekaligus fasilitas apa saja yang ada di hotel sehingga menarik minat untuk menggunakan hotel sebagai tempat menginap.

3. Maksimalkan Peran Resto Dan Kafe Di Penginapan

Cara mempertahankan bisnis penginapan lainnya yaitu dengan memaksimalkan peran restoran atau kafe yang ada di dalam hotel. Meski dalam keadaan serba dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat namun sampai sekarang masih banyak orang yang membutuhkan tempat untuk sekedar kumpul atau menyelenggarakan acara pribadi. Sehingga pendapatan penginapan dialihkan kepada pengelolaan resto. Hal ini dapat menambah penghasilan secara signifikan.

4. Gabung Dengan Agen Penyedia Penginapan Online

Saat ini banyak berkembang agen penyedia penginapan secara online. Bergabunglah dengan penyedia terpercaya untuk beriklan dan menjalankan bisnis penginapan tersebut. Sehingga banyak orang yang mengakses mengetahui keberadaan tempat penginapan yang sedang Anda kelola. Apabila beruntung, cara ini sangat cocok untuk masa-masa seperti saat ini

Beberapa ulasan di atas merupakan cara mempertahankan bisnis penginapan di sisi lain berikan fasilitas tambahan kepada para tamu. Selain itu juga usahakan untuk menggunakan konsultan terpercaya untuk mempromosikan usaha yang Anda jalankan. Tertarik melakukannya segera hubungi https://onlist.id/; platform properti dan konsultan usaha properti terpercaya di Indonesia.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait