Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Budget Pas-Pasan? Simak Tips Renovasi Rumah Yang Nggak Menguras Budget


Ketika rumah Anda sudah berusia puluhan tahun, pasti akan terlihat kusam dan terasa sumpek. Apalagi pasti ada beberapa bagian yang melapuk, kondisinya sudah tidak baik, serta kurang perawatan. Seringkali kita mengabaikan itu semua, padahal hal itu sangat penting untuk dibenahi. Hal utama yang membuat Anda mengabaikan renovasi rumah adalah biayanya yang cukup mahal. Maka dari itu carilah tips renovasi rumah yang tak menguras banyak budget.

5 Tips Renovasi Rumah Low Budget

Saat ingin merenovasi rumah, sebaiknya Anda jangan terlalu memikirkan bahwa biaya yang dikeluarkan besar dan menguras tabungan. Justru Anda harus berpikir bagaimana caranya bisa melakukan renovasi secara low budget. Banyak cara renovasi rumah namun tak menguras kantong Anda. Berikut tips renovasi rumah yang hemat untuk Anda: 

1. Lindungi Dan Rawat Furnitur

Jika furniture Anda yang sudah lama dipakai sebaiknya jangan dibuang dulu. Membuang furniture dan menggantinya secara keseluruhan bisa jadi pemborosan. Sebaiknya furniture tersebut dirawat kembali, misalnya jika furniture Anda dari kayu bisa dilapisi lagi dengan pelitur. Setelah diperbaiki kembali hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah menjaga furniture agar tetap bersih. Perhatikan cahaya matahari, suhu, hingga kelembaban, agar furniture Anda lebih awet.

2. Lindungi Dinding

Merenovasi rumah tidak harus mengganti atau merubah semua yang ada di dalam ruangan. Seperti halnya, melindungi dinding saja sudah disebut merenovasi. Jika dinding rumah Anda terlihat kusam maka akan tidak bagus untuk dilihat. Maka dari itu lakukan pengecatan dengan memilih warna yang bagus dan tepat dengan desain rumah Anda. Namun jika dinding rumah masih terlihat baik Anda bisa melakukan pelapisan dengan cairan pelapis agar dinding terlihat bersih dan mudah dibersihkan dari kotoran.

3. Perbarui Desain Pintu

Jika orang masuk kerumah Anda pasti yang dilihat pertama adalah pintu. Dengan ini, Anda harus bisa menitikberatkan untuk merenovasi pintu masuk. Jika pintu rumah terbuat dari kayu, Anda bisa memperbaikinya denga mempeliturnya. Hal ini dilakukan agar pintu terhindar dari pelapukan. Jika pintu berbahan logam, Anda bisa membersihkan karatnya dengan bahan yang mengandung asam oksalat. Selain itu beri pelumas pada engsel dan kaki pintu agar tetap fleksibel dan tidak mengeluarkan suara saat dibuka atau ditutup.

4. Tambahkan Tanaman Agar Suasana Rumah Hidup

Tips renovasi rumah selanjutnya adalah memberi tanaman pada rumah agar terlihat lebih hidup. Tujuan utama merenovasi rumah adalah untuk menghidupkan suasana rumah. Jadi tambahkan tanaman di sudut-sudut rumah ataupun di atas meja. Namun Anda jangan sampai salah pilih tanaman, bisa jadi memilih tanaman yang salah malah merusak pemandangan rumah Anda. Adapun tanaman yang cocok untuk ditaruh di dalam rumah adalah lidah mertua, monstera, janda bolong, ataupun kaktus.

5. Atur Pencahayaan

Cek penerangan adalah hal yang penting saat Anda ingin merenovasi rumah. Hal ini dikarenakan pencahayaan yang kurang dan tidak tepat membuat rumah tidak enak dipandang. Jadi sebelum melakukan renovasi besar-besaran, ganti dulu lampu-lampu yang kurang cerah dengan lampu baru. Anda juga dapat menempatkan lampu LED dibawah furniture, selain lebih elegan sorot lampu juga tidak terlalu silau.

Itulah tadi tips renovasi rumah yang tidak menguras kantong Anda. Bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin merenovasi rumah namun tidak memiliki banyak uang. Dapatkan tips lain untuk hunian minimalis Anda di https://onlist.id/ . Website anak bangsa yang bisa menjadi solusi terbaik untuk hunian minimalis.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait