Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Bingung Membedakannya, Ini Dia Perbedaan Jacuzzi, Whirlpool, Dan Hot Tub


Mungkin banyak dari kalian yang sudah tidak asing lagi dengan kata jacuzzi. Mungkin ketika mendengar kata jacuzzi, yang pertama kali teringat dalam benak Anda adalah suasana hangat dan nyaman berendam di dalam kolam yang bergerak seolah memijat setiap bagian tubuh yang terendam di dalamnya. Jacuzzi merupakan salah satu kolam berendam yang cukup populer ada di masyarakat. Berendam di jacuzzi rasanya jadi favorit untuk melepas lelah karena jacuzzi ini memang banyak memiliki manfaat kesehatan. Bak mewah yang satu ini biasanya berada di tempat-tempat liburan mahal, seperti hotel atau kapal pesiar.
Sering kali karena bentuk jacuzzi yang hampir sama dengan whirlpool atau hot tub, orang-orang tidak bisa membedakan antara ketiga kolam ini. Bahkan orang-orang sering tertukar atau bahkan menganggap sama saat mendefinisikan kolam-kolam ini. Meskipun memiliki kesamaan sama-sama untuk berendam dan relaksasi, alangkah lebih baik anda memahami pengertian jacuzzi, whirlpool, hot tub dan perbedaan ketiganya. 
Jadi sebenarnya apa sih perbedaan ketiganya? Yuk, ketahui perbedaan Jacuzzi, hot tub, dan whirlpool pada ulasan berikut ini.

Hot Tub

Hot tub atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai bak mandi air panas biasanya mengarah pada penemuan di tahun 1960-an. Bak yang berbahan material kayu tersebut kemudian diisi dengan air hangat. Material kayu pada bak mandi akan menjaga temperatur air panas, sehingga anda akan tetap hangat ketika berendam di dalam bak mandi air panas. Dengan begitu, kehangatannya akan menimbulkan efek relaksasi yang menenangkan untuk mereka yang sedang menggunakan fasilitas ini.
Biasanya orang-orang barat sering menggunakan hot tub untuk menghangatkan diri saat musim dingin. Seiring perkembangannya, hot tub kemudian menjadi salah satu tren untuk bersosialisasi, karena juga digunakan untuk berendam santai sambil mengobrol bersama teman-teman. Ada berbagai ukuran hot tub yang bisa dibeli di pasaran, biasanya memiliki kapasitas sekitar 4 hingga 11 orang dewasa. 

Whirlpool

Sekarang ini, karena berkembangnya teknologi, produsen hot tub mulai membuat bak mandi dengan menggunakan bahan kaca fiber atau termoplastik dibandingkan dengan kayu.vHal tersebut karena material kaca fiber atau termoplastik jauh lebih murah daripada harga kayu. Bak mandi ini biasanya ditanam dalam tanah dan disebut spa.
Lalu sebuah perusahaan pompa asal Amerika Serikat bernama Jacuzzi mengenalkan spa yang dilengkapi dengan jet. Bak ini memiliki lubang-lubang kecil yang terus mengalirkan air dengan tekanan tertentu dan pompanya memungkinkan air ini agar tetap hangat dan tersaring. Tidak hanya menimbulkan efek rileks, jet pada spa tersebut diyakini mampu menyembuhkan nyeri otot dan persendian hingga memperlancar aliran darah. Produk itu diberi nama Jacuzzi Whirlpool Bath dan populer pada 1980-an sebagai fasilitas hotel yang mewah.

Jacuzzi

Jacuzzi merupakan sebuah kolam besar untuk berendam yang menggunakan sistem pompa atau jet bawah air untuk menjaga air tetap hangat dan memijat tubuh. Jacuzzi umumnya ditemukan di hotel atau tempat spa. Harganya yang cukup mahal membuat kolam ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Ukuran dari kolam jacuzzi juga sangat beragam, mulai dari untuk satu orang hingga berukuran besar yang bisa menampung hingga empat orang sekaligus.
Sebenarnya Jacuzzi merupakan salah satu perusahaan dari Amerika Serikat yang mengenalkan dan mengembangkan bak mandi memakai kaca fiber tersebut yang dilengkapi dengan lubang-lubang air yang mengalirkan air dengan tekanan tertentu. Bak mandi tersebut dikenal dengan whirlpool. Namun, karena Jacuzzi adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan produk tersebut, banyak orang menyebutnya sebagai Jacuzzi. Padahal kini, sudah banyak produsen whirlpool selain Jacuzzi.

Manfaat Berendam Menggunakan Jacuzzi

  1. Melemaskan Otot
    Setelah beraktivitas seharian, pastinya badan terasa tegang telah terkuras tenaganya. Nah, dengan solusi berendam di kolam jacuzzi dapat melemaskan otot-otot dan merelaksasi tubuh, fungsi dari air panasnya dapat menembus jauh ke dalam otot-ototmu. Selain itu kecepatan air dengan tekanan hidrostatik memberikan semacam pelatihan resistensi, sehingga memperkuat otot-ototmu. Sedangkan air panas jacuzzi bekerja melemaskan otot, sementara mineral yang terkandung di dalamnya juga berkontribusi dalam penyembuhan psikologis.
  2. Menghilangkan Stress
    Berendam di kolam hangat seperti di dalam jacuzzi dapat memberikan efek hydrotherapy. Efek tersebut akan memberikan sensasi yang membuat pikiran terasa rileks. Dengan demikian, stress pun berkurang.
  3. Memperlancar Aliran Darah
    Saat berendam di air hangat, tubuh akan merespon dan menyesuaikannya dengan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, sirkulasi darah pun akan meningkat dan menjadi semakin lancar. Hal ini baik untuk kesehatan sebab dipercaya mampu meningkatkan suplai zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga Anda pun jadi lebih bertenaga.
  4. Membuat Tidur Lebih Berkualitas
    Jika anda merasa sulit tidur, berendam dalam air panas di kolam jacuzzi minimal selama 15 menit sebelum tidur adalah salah satu jawabannya. Di mana thermostat internal dapat menurunkan suhu tubuh dan ketika saat mandi selesai suhu tubuh akan mendingin. Proses pendinginan inilah yang bisa membantu tubuh lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu juga tidur akan lebih berkualitas jika anda sering berendam dalam kolam mini tersebut.
  5. Membersihkan Kulit
    Air bersuhu tinggi memang dipercaya mampu membuka pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang menempel pun dapat terangkat sehingga permukaan kulit jadi lebih bersih. Jacuzzi adalah alternatif yang patut Anda coba, terutama bila tinggal di kota besar rawan polusi.
  6. Menurunkan Rasa Cemas
    Manfaat jacuzzi ternyata juga bisa Anda dapatkan saat menghadapi banyak masalah. Sebab ternyata, kecemasan-kecemasan yang mungkin Anda rasakan dapat diminimalisir dengan berendam dan istirahat sejenak di dalam jacuzzi selama minimal 30 menit.

Daftar Harga Kolam Jacuzzi 2021

  1. VR Bathtub Long Jordan + Whirlpool Jacuzzi – Rp 5.985.000
    Spesifikasi: 
    Berbahan marble dengan ukuran 170x80x40 cm. Menggunakan mesin whirlpool 1 HP. Dilengkapi dengan 6 Metajet Jacuzzi. Avur kuningan
  2. Bathtub Brazilia Jacuzzi – Rp 7.500.000
    Spesifikasi:
    Berbahan marble dengan ukuran 150x70x40 cm. Dilengkapi dengan rangkaian whirlpool terpasang.
  3. Bathtub Standing type GIOVANCA + Mesin Jacuzzi – Rp 9.400.000
    Spesifikasi:
    Berbahan marble dengan ukuran 174x86x60 cm. Menggunakan mesin whirlpool 1 HP. Dilengkapi dengan 6 Metajet Jacuzzi dan 2 tombol setting mesin whirlpool. Avur bathtub bahan kuningan. Ditambah bonus 1 buah bantal kotak.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait