Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Berikut Warna Cat Tiang Yang Bagus Beserta Harga


Cat merupakan cairan kental yang digunakan sebagai finishing dan melindungi permukaan suatu objek dengan cara melapisinya. Biasanya cat mempunyai warna atau bening, cat juga berfungsi untuk memperindah suatu objek. Karena perkembangan zaman, fungsi cat menjadi bermacam-macam. Cat digunakan untuk menghasilkan karya seni, industri coating (pelapisan), marka jalan, mencegah korosi dan rembesan hujan.
Tidak hanya cat pada interior rumah saja yang penting, tetapi warna cat tiang teras rumah yang bagus juga harus diperhatikan. Tampilan rumah dari luar menjadi salah satu hal yang akan dilihat pertama kali. Memiliki kombinasi warna yang bagus tentu akan bisa memperindah tampilan. Bila Anda masih bingung ingin menggunakan warna apa untuk tiang teras rumah, mungkin beberapa rekomendasi di bawah ini bisa membantu. Simak informasi yang ada di bawah ini.

1. Karakter Cat Tiang

Karena letak tiang yang termasuk dalam elemen eksterior rumah, maka ada baiknya jika anda menggunakan cat untuk eksterior atau luar ruangan pada tiang rumah anda. Sesuai dengan namanya, tentu tipe cat ini lebih sering diaplikasikan pada rumah bagian luar karena berfungsi untuk melindungi tembok dari cuaca. Jika dibandingkan dengan cat interior, cat eksterior ini cenderung lebih tahan terhadap sinar UV, anti jamur, sulit pudar dan juga tidak mudah menggelembung. Apabila tidak dilindungi, elemen cuaca ini akan membuat cat tembok jadi mudah terkelupas, terkikis, memudar atau berjamur.
Tentunya anda tidak ingin bukan jika tiang rumah anda yang merupakan penyangga rumah ini menjadi rusak dan retak. Oleh karena itu, anda dapat memilih produk cat yang memiliki sifat waterproof, anti bocor, dan tahan terhadap perubahan cuaca. Pilih yang mengandung bahan silikon yang dapat terserap ke pori-pori tembok sehingga terlindungi secara menyeluruh. Untuk melindungi dari asam atau garam dari hujan, cari cat dengan kandungan anti klorida. Perhatikan juga agar cat tembok eksterior tidak mengandung merkuri atau timah hitam. Kandungan ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. 
Untuk cat eksterior sendiri umumnya dibagi ke dalam dua jenis. Cat eksterior berbahan dasar air, dan cat eksterior yang berbahan dasar minyak. Untuk cat eksterior berbahan dasar air biasanya lebih murah jika ditinjau dari segi biaya dan memiliki daya lengket yang kuat di dinding. Sementara cat eksterior berbahan dasar minyak, biasanya akan memberikan kesan mengkilap pada dinding rumah, mudah dicuci dan juga tidak mudah keropos.

2. Rekomendasi Warna Warna Cat Tiang

Anda tidak bisa memilih dengan sembarangan untuk cat eksterior rumah. Ini menjadi hal yang sangat penting. Apalagi jika kombinasi antara cat dinding luar dengan tiang teras rumah yang apik akan bisa makin memperbagus tampilan dari luar. Berikut ini adalah kombinasi warna yang bisa Anda coba.

  • Tampil Mewah dengan Emas
    Warna dari rumah suburban biasanya didominasi oleh warna putih dan abu-abu. Untuk bisa lebih terlihat menonjol, maka berikan warna emas untuk tiang teras rumah. Kesan mewah, elegan, dan bersih akan muncul dari eksterior rumah dan hunian anda dapat tampil mencolok dengan kombinasi warna yang satu ini.
  • Ivory, Turquoise dan Putih
    Skema warna cat luar rumah yang cerah satu ini cocok untuk rumah dengan bentuk simetris di kedua sisi. Anda bisa melihat sisi elegan dan juga sisi romansa nostalgia. Dengan dominasi warna putih pada tiang teras, warna cat dinding luar rumah memberikan kesan cerah, bahkan jadi terlihat seperti rumah baru.
  • Kuning Mustard, Cokelat dan Putih
    Ini termasuk pemilihan warna eksterior rumah yang cerah. Kombinasikan warna kuning mustard pada dinding dengan aksen cokelat pada tiang teras dan warna putih untuk pintu rumah. Kombinasi warna ini juga lumayan populer.
  • Vintage
    Vintage saat ini memang menjadi tren yang bisa dicoba. Termasuk untuk eksterior rumah. Warna-warna seperti beige, cream, hingga biru laut atau navy blue bisa dicoba untuk memberi aksen warna yang vintage. Tiang teras warna putih atau warna kayu akan sangat cocok.
  • Peach dan Putih
    Kombinasi 2 warna bisa bikin rumah terlihat cantik. Cat dinding peach dan warna putih untuk tiang teras adalah kombinasi yang menarik. Warna pastel ini juga bisa mengingatkan pada trend warna rumah di tahun 80-an.
  • Abu-abu dengan Merah Bata
    Kesan hangat dalam balutan palet warna abu-abu dan putih ditambah dengan sentuhan warna merah bata pada tiang teras. Sentuhan warna merah bata ini sendiri berguna agar warna cat dinding luar rumah yang cerah bisa terwujud secara seimbang. Memberikan kesan agar rumah tidak terlalu pucat dan monoton.Hijau
  • Forest dan Oranye
    Hijau masih sering dianggap memiliki kesan yang gelap dan suram. Namun dengan kombinasi warna antara hijau alami dengan warna oranye yang menyerupai warna kayu, maka skema warna ini bisa menjadi bagus. Atau anda dapat menggunakan warna kayu pada tiang teras rumah untuk mendukung warna rumah Anda.

3. Merek Cat Tiang Terbaik

Berikut daftar harga cat tiang terbaik 

  1. Propan Decorshield DW-500 – Rp 287.000 (2,5 liter)
    - Cat tembok eksterior dari bahan pure acrylic
    - Tahan cuaca minimal 6 tahun
    - Anti jamur dan lumut
    - Mengandung Teflar anti noda, tidak mudah kotor dan dapat dibersihkan
    - Mencegah rembesan air
    - Data tutup sangat baik
    - Water based, tidak mengandung logam berat dan ramah lingkungan
  2. Dulux Weathershield Powerflexx – Rp 355.000 (2,5 liter)
    - Alkali Guard
    - Algae-Fungus Guard
    - Low Odour, Low Voc
    - Singapore Green Label
    - Colour Lock Technology
    - Assurance 6 Years
    - No Added Lead & Mercury
    - Water Based
  3. Nippon Weatherbond Solareflect – Rp 296.000 (2,5 liter)
    - Dengan Sunblock Technology
    - Melindungi dari perubahan warna dengan Colour Protect
    - Tahan kelupas & pengapuran
    - Tahan kotor & lumut
    - Mudah diaplikasikan
    - Daya tutup sangat baik
    - Anti alkali
  4. Propan Decorflex DF-97 – Rp 325.000 (2,5 liter)
    - Elastis & fleksibel
    - Tidak mudah kotor
    - Tahan cuaca minimal 8 tahun
    - Anti jamur & lumut
    - Mencegah rembesan air hujan
    - Mudah dibersihkan dan dapat dicuci
    - Water based, tidak mengandung logam berat dan ramah lingkungan
    - Green Label Singapor

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait