Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Berencana Pindah Rumah, Berikut Tips Simpel Dan Anti-Ribet


Memiliki hunian baru adalah sebuah momen yang sangat menyenangkan, apalagi  rumah yang dihuni lebih nyaman dan lebih baik dari rumah sebelumnya. Jika sekarang Anda telah mendapatkan rumah yang diimpikan, pastinya Anda tak sabar ingin segera pindah. Namun, proses tersebut sangatlah memakan waktu dan membutuhkan kesabaran. Proses pindah rumah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan.
Tak sedikit orang yang merasa kerepotan saat pindahan rumah. Salah satu hal yang paling merepotkan ketika pindahan rumah adalah mengurus barang-barang, baik saat pindahan maupun setelah tiba di rumah baru. Selain itu sebelum pindah ke rumah baru, ada banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari memilih peralatan dan perlengkapan rumah, mengurus dokumen, serta kebutuhan lainnya. Hal ini juga termasuk memilih hari baik pindah. 
Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai tips, tata cara, hal-hal yang harus diperhatikan saat pindah rumah, serta jasa pindah rumah, simak ulasan berikut.  

Tips Pindah Rumah

  1. Buat Catatan Khusus mengenai Barang yang Akan Dibawa
    Susunan barang yang akan dibawa ini penting untuk dibuat agar rumah baru Anda tidak kelebihan barang. Memang sulit melepaskan barang lama ketika pindah ke rumah baru, namun mau tidak mau harus dilakukan. Buat daftar barang apa saja yang akan dibawa saat pindah ke rumah baru. Jika di rumah baru sudah ada barang baru yang serupa, maka tidak perlu lagi membawa barang lama ke rumah baru. Kumpulkan kemudian donasikan atau wariskan kepada kerabat.
  2. Menghitung Biaya Pindah Rumah
    Pindah rumah tidaklah gratis dan Anda akan membutuhkan biaya untuk pindah rumah. Hitunglah terlebih dahulu berapa besar ongkos transportasi yang perlu Anda keluarkan untuk pindah rumah agar tidak mendadak dan membebani Anda ketika saat pindah rumah telah tiba. Anda juga harus mempersiapkan biaya darurat untuk mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan. Biaya darurat tersebut akan membantu Anda apabila terjadi sesuatu terhadap barang yang Anda bawa ataupun dengan rumah baru yang akan Anda tempati.
  3. Siapkan dan atur semua surat pindahan lebih awal
    Tak hanya mengepak semua barang yang akan dipindahkan ke rumah baru. Anda juga perlu mengurus surat pindahan. Berbagai dokumen pindahan ini sangatlah penting karena menyangkut legalitas rumah lama dan rumah baru, apalagi jika Anda membeli rumah dengan sistem KPR. Apa saja dokumen penting yang Anda perlukan? Sebut saja mulai dari KTP, surat pergantian KTP, surat asuransi rumah, surat pajak, hingga surat kepemilikan rumah dan lain sebagainya.
  4. Proses Pengepakan Barang Harus Terorganisir
    Sebelum pindahan rumah, setiap anggota keluarga ada baiknya memiliki kotak sendiri untuk menyimpan barang-barang pribadinya. Misalnya alat tulis, gadget, pajangan di kamar pakaian dan sebagainya. Setelah itu, minta setiap anggota keluarga Anda untuk memberikan tanda pada kotaknya masing-masing. Proses pengepakan ini memerlukan waktu jadi usahakan untuk mencicilnya dan tidak melakukannya secara dadakan. Inilah mengapa perencanaan pindah ke rumah baru menjadi penting.
  5. Mengambil Hari Cuti
    Pindah rumah membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan Anda bisa membutuhkan beberapa hari agar seluruh proses bisa berjalan dengan baik sampai dengan selesai. Oleh karena itulah, Anda perlu meminta izin pada kantor tempat Anda bekerja untuk mengambil hari cuti. Dengan menyisihkan waktu kosong maka Anda bisa melakukan pindahan dengan perasaan yang tenang.
  6. Menyewa Mobil Angkut
    Setelah menyeleksi barang-barang yang akan dibawa ke tempat hunian baru, tibalah saatnya mencari kendaraan yang kelak akan mengangkut barang-barang tersebut. Jangan memaksakan mobil penumpang yang Anda miliki untuk mengangkut barang- barang. Kelihatannya lebih hemat menggunakan kendaraan pribadi, akan tetapi jika jarak dari rumah lama ke tempat hunian baru cukup jauh, serta barang-barang yang dibawa cukup banyak, Anda akan mengeluarkan dana lebih untuk bahan bakar kendaraan dan tenaga.
  7. Jangan Buru-Buru Membongkar Semua Kotak Barang
    Ingat, jangan pernah terburu-buru untuk membongkar semua kotak barang yang sudah dipindahkan. Utamakan untuk membongkar kotak barang yang penting saja. Tunggu hingga semua barang sudah pada tempatnya. Jika sudah, baru Anda dapat membongkar kotak barang satu per satu. Misalnya kardus berisi pakaian, yang bisa langsung dimasukkan ke dalam lemari.
  8. Luangkan Waktu untuk Berinteraksi dengan Sekitar
    Setelah selesai mengurus pindahan rumah, perkenalkan diri Anda kepada kepala RT dan luangkan waktu untuk melakukan interaksi dengan para tetangga di sekitar rumah baru. Jika urusan di rumah baru sudah selesai, Anda juga bisa langsung melapor ke kelurahan setempat untuk membuat surat-surat penting. 

Cara Menentukan Hari Baik Untuk Pindah Rumah

1. Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam
Solusi lainnya, gunakan perhitungan hari baik pindah rumah menurut Islam. Anda hanya perlu menyesuaikan posisi hunian baru dengan arah mata angin. 

  • Posisi rumah di Timur sebaiknya pindah di bulan Rajab, Sya'ban, atau Ramadhan
  • Rumah di Barat sebaiknya pindah di bulan Muharram, Safar, atau Rabiul Awal
  • Posisi rumah di Utara sebaiknya pindah di bulan  Jumadil Awal, Jumadil Akhir, atau Rabiul Akhir
  • Rumah di Selatan sebaiknya pindah di bulan Syawal, Dzulhijjah, atau Zulkaidah

2. Waktu Baik untuk Pindah Rumah Menurut Primbon Jawa
Primbon Jawa juga memiliki bulan atau waktu baik jika Anda ingin pindah rumah. Pada bulan-bulan yang sudah disebutkan biasanya memiliki manfaat atau kelebihannya masing-masing. Di bawah ini adalah beberapa waktu yang tepat untuk pindah rumah berdasarkan Primbon Jawa:

  • Bulan Bakda Mulud adalah bulan yang baik agar keluarga bisa mendapatkan wahyu keberuntungan dan cita-cita dari keluarga Anda bisa tercapai dengan mudah.
  • Bulan Ruwah juga merupakan bulan yang baik berdasarkan Primbon. Jika Anda pindah rumah pada bulan ini maka Anda bisa mendapatkan rejeki halal yang berlimpah. Selain itu keluarga Anda akan disenangi oleh banyak orang.
  • Bulan Dulkaidah merupakan bulan baik selanjutnya untuk pindah rumah. Dalam bulan ini keluarga Anda akan menjadi harmonis, tentram dan selalu dikelilingi oleh perasaan damai.
  • Bulan Besar adalah bulan baik yang terakhir untuk pindah rumah. Anda dan keluarga akan merasakan rejeki yang berlimpah serta ketentraman lahir dan batin.

3. Hari Baik untuk Pindah Rumah Menurut Feng Shui
Untuk mengetahui hari baik pindah rumah menurut feng shui, caranya juga sangatlah mudah karena Anda cukup menggunakan patokan shio dari kepala keluarga untuk disesuaikan menurut rencana bulan pindah rumah. Beberapa shio mengundang ciong atau konflik pada bulan tertentu, di mana keterangannya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • NAGA konflik dengan ANJING (bulan ANJING = OKTOBER)
  • ULAR konflik dengan BABI (bulan BABI = NOPEMBER)
  • KUDA konflik dengan TIKUS (Bulan TIKUS = DESEMBER)
  • KAMBING konflik dengan KERBAU (Bulan KERBAU = JANUARI)
  • MONYET konflik dengan MACAN (Bulan MACAN = FEBRUARI)
  • AYAM konflik dengan KELINCI (Bulan KELINCI = MARET)
  • ANJING konflik dengan NAGA (Bulan NAGA = APRIL)
  • BABI konflik dengan ULAR (Bulan ULAR = MEI)
  • TIKUS konflik dengan KUDA (Bulan KUDA = JUNI)
  • KERBAU konflik dengan KAMBING (Bulan KAMBING = JULI)
  • MACAN konflik dengan MONYET (Bulan MONYET = AGUSTUS)
  • KELINCI konflik dengan AYAM (Bulan AYAM = SEPTEMBER)

Jasa Pindah Rumah 

Jika Anda merasa pindah rumah cukup melelahkan dan menginginkan yang lebih praktis,  saat ini semua sudah bisa dilakukan oleh jasa pindahan rumah. Semuanya akan diurus mulai dari proses packing-loading-transportasi-unloading-hingga penataan kembali di rumah baru. Berikut beberapa pilihan layanan jasa layanan pindah rumah:

  1. Deliveree
    Deliveree merupakan layanan jasa pindahan rumah yang sudah tidak asing di telinga masyarakat. Layanan ini memiliki lima jenis ukuran truk yang disediakan, mulai dari pick up, tronton box, fuso berat, fuso ringan, engkel box, atau engkel bak. Tentunya masing-masing kendaraan memiliki estimasi biaya dan kapasitas yang berbeda-beda.
  2. Go Box 
    Berbeda dengan Deliveree, GoBox memiliki jarak pengiriman yang lebih jauh. Jasa pindahan rumah ini bisa Anda sewa dengan jarak lebih dari 100 KM, selama GoBox tersedia di wilayah atau daerah Anda. Terdapat empat jenis truk yang disediakan, yakni pick up bak, pickup box, engkel bak dan engkel box, yang masing2 dapat menampung beban dari 1000 hingga 2000 kg.
  3. Raja Pindah
    Jasa pindahan rumah satu ini menjadi salah satu penyedia jasa yang membantu proses pengepakan. Ya, bukan hanya pengangkutan dan pengiriman, Raja Pindah pun membantu dalam proses penempatan serta penataan kembali barang pindahan Anda ke rumah baru. Sayangnya, harga yang dipatok belum termasuk biaya asuransi, weekend charges, bad access di area penjemputan serta tujuan dan special handling.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait