Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Beragam Cat Interior Dan Eksterior Yang Bagus Dan Tahan Lama


Cat merupakan cairan kental yang digunakan sebagai finishing dan melindungi permukaan suatu objek dengan cara melapisinya. Biasanya cat mempunyai warna atau bening, cat juga berfungsi untuk memperindah suatu objek. Karena perkembangan jaman, fungsi cat menjadi bermacam-macam. Cat digunakan untuk menghasilkan karya seni, industri coating (pelapisan), marka jalan, mencegah korosi dan rembesan hujan.
Desain rumah yang baik tidak bisa terlepas dari pemilihan warna, jenis, dan kualitas cat yang digunakan untuk menciptakan suasana yang mendukung fungsi dan tujuan desain. Kualitas cat yang baik akan menentukan keberhasilan suasana yang ingin ditampilkan dalam sebuah ruang ataupun tampilan bangunan secara keseluruhan. Kualitas cat yang baik juga harus mampu bertahan lama dan tidak mudah kusam sehingga kualitas ruang tetap terjaga. Selain itu, cat yang bermutu tinggi akan memberikan keuntungan ekonomi dan kenyamanan bagi penghuninya karena tidak perlu terlalu sering melakukan pengecatan ulang.
Lantas bagaimana mengetahui cat yang bagus untuk dalam dan luar rumah? Jenis cat apa yang cocok untuk rumah anda? Tips apa saja dalam memilih cat? serta apa saja rekomendasi cat untuk luar dan dalam rumah? Oleh sebab itu, simak ulasan berikut ini.

1. Cat Bagus Untuk Luar Rumah (Eksterior)

Di samping memberi aspek estetika pada tembok, cat untuk bagian luar rumah atau yang disebut dengan cat eksterior berfungsi sebagai perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari. Terpaan sinar matahari dan hujan serta perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat tembok luar cepat mengalami kerusakan, misalnya retak-retak akibat proses pemuaian dan penyusutan. Dibutuhkan cat tembok yang memiliki sifat waterproof, anti bocor, dan tahan terhadap perubahan cuaca. Pilih yang mengandung bahan silikon yang dapat terserap ke pori-pori tembok sehingga terlindungi secara menyeluruh. Untuk melindungi dari asam atau garam dari hujan, cari cat dengan kandungan anti klorida. Perhatikan juga agar cat tembok eksterior tidak mengandung merkuri atau timah hitam. Berikut rekomendasi warna cat eksterior yang menambah estetika hunian anda

  • Warna peach untuk warna cat dinding luar rumah yang cerah
    Pemilihan warna peach seperti yang satu ini bisa juga anda terapkan di rumahmu nanti. Warna peach sendiri memang populer di tahun 1980an sebagai skema warna cat dinding luar rumah yang cerah, walaupun saat ini kurang diminati. Namun, tidak ada salahnya untuk menghidupkan kembali warna pastel yang lembut ini. Anda bisa mengkombinasikan warna peach dengan warna abu-abu, putih hingga warna hijau.
  • Warna ivory, turquoise dan putih
    Warna Cat Dinding Luar Rumah yang Cerah dengan Skema Warna Ivory, Turquoise dan Putih. Pemilihan skema  warna cat dinding luar rumah yang cerah satu ini cocok untuk rumah dengan bentuk simetris di kedua sisi. Dari rumah ini anda bisa melihat sisi elegan dan juga sisi romansa nostalgia. Dengan dominasi warna putih, warna cat dinding luar rumah memberikan kesan cerah, bahkan jadi terlihat seperti rumah baru.
  • Kombinasi warna cat dinding luar rumah yang cerah dengan konsep vintage
    Sentuhan vintage saat ini memang menjadi tren yang bisa dicoba untuk eksterior hunian anda. Anda bisa menggunakan warna-warna seperti beige, warna cream, hingga biru laut atau navy blue yang bisa dicoba untuk memberi aksen warna tersendiri. Kombinasi dari warna cat dinding luar rumah yang cerah ini bisa juga ditambahkan dengan warna lainnya seperti orange rustic, hijau forest, ivory dan masih banyak lagi.

2. Cat Bagus Untuk Dalam Rumah

Untuk interior, pertimbangan utamanya adalah kandungan kimia dan efeknya bagi kesehatan. Untuk membedakan cat yang aman dan tidak, perhatikanlah kadar senyawa organiknya, atau VOC (Volatile Organic Compound). Cat dengan VOC yang tinggi biasanya memiliki bau yang menyengat.

  • Greenery
    Warna greenery adalah tone hijau yang natural. Sesuai namanya, ruangan dengan warna hijau natural akan membawa kesan tenang dan sejuk. Aura yang dipancarkan oleh warna greenery seperti saat musim semi. Menurut ilmu psikologi, ruangan dengan warna hijau memang sebuah simbol dari kedamaian dan juga keseimbangan.
  • Warna Cat Rumah Minimalis Abu-abu Muda
    Warna monokrom yang netral seperti abu-abu muda membawa kesan yang simpel. Walaupun simpel, tapi abu-abu mudah tetap memberikan suasana hangat untuk ruangan. Kombinasikan dengan perabotan rumah dengan warna yang lebih natural. Warna cat rumah minimalis bagian dalam seperti abu-abu ini patut dicoba untuk berbagai ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ataupun ruang tidur yang lebih intimate.
  • Biru Muda
    Jika bosan dengan warna putih, anda bisa menggantikan warna putih dengan warna biru muda pada dinding. Biru muda menampilkan ruangan yang beraura energik dan menyenangkan. Sama halnya dengan warna putih, biru muda pun bisa membuat efek ruangan menjadi terlihat lebih luas. Penghuni dapat merasa lebih nyaman berada di ruangan dengan balutan dinding berwarna biru mudah ini.

3. Jenis Cat Berdasarkan Karakteristik

  • Cat Glossy
    Sesuai namanya, cat ini memiliki tekstur yang mengkilap apalagi jika terkena paparan sinar matahari. Sehingga lebih cocok digunakan untuk mengecat dinding eksterior rumah karena akan membuat rumah tampak lebih menawan. Ada dua jenis cat glossy yaitu high glossy dan semi glossy. High glossy memiliki sifat yang sangat mengkilap dibanding semi glossy.
  • Satin
    Tampilan mewah namun tidak glossy dan juga tidak terlalu menempel seperti matte/doff. Jenis ini terasa lembut di tangan saat disentuh. Efeknya yang teduh dan tidak memantulkan cahaya cocok untuk diaplikasikan di ruang galeri atau resto. Di rumah akan cocok diaplikasikan di kamar tidur atau ruang tamu. Tipe cat ini juga mudah dibersihkan. 
  • Cat Matte atau Doff
    Jenis cat ini terlihat seperti sangat menyerap pada dinding. Hasilnya sama sekali tidak mengkilap dan tidak sehalus cat glossy. Namun daya tahannya terhadap cuaca ekstrim sangat bagus sehingga cocok untuk eksterior rumah. Bisa juga diaplikasikan pada dinding kamar tidur karena biasanya memiliki warna permukaan yang kalem dan lembut.
  • Eggshell
    Seperti namanya tampilannya mirip kulit telur, sedikit bertekstur namun halus ketimbang matte/doff. Eggshell lebih mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Cocok diaplikasikan di ruang kerja, ruang keluarga dan atau ruang tamu.

4. Macam - Macam Cat Berdasar Suasananya

  • Warna natural, untuk hadirkan suasana hangat
    Warna natural dapat memberikan efek ketenangan seperti warna-warna earth tone, hijau gelap, hazelnut, cokelat. Warna-warna tersebut adalah warna yang sering dikaitkan dengan tanaman dan alam. Menggunakan warna tersebut dalam interior rumah akan membawa tampilan alami yang menyegarkan dan asri. 
  • Warna ceria, untuk menciptakan suasana yang fresh dan penuh vitalitas
    Jika ingin menciptakan rumah dengan karakter fresh, hidup, dan penuh vitalitas, anda bisa memilih cat dengan warna-warna ceria, seperti putih kebiru-biruan, kuning muda, kuning lemon, hijau limau, hijau apel, biru laut, atau pink. Paduan warna cat rumah bagian dalam kuning dan putih menciptakan nuansa segar dan cerah berseri. Anda bisa menambahkan aksesoris seperti bantal, selimut, dan aksen dekoratif lain untuk menambahkan suasana ceria. 
  • Warna elegan, untuk memberikan nuansa modern
    Warna-warna dinding yang lembut, seperti hijau lime, pearl pink, biru laut, amethyst dan scarlet merupakan warna-warna yang memiliki karakter elegan.Warna-warna tersebut akan menjadikan ruangan nampak anggun dan elegan. Anda dapat menempatkan berbagai dekorasi lain untuk menunjukkan preferensi gaya penghuni rumah, semisal cahaya lilin atau bantal kursi.

5. Tips Memilih Cat 

  • Tentukan Kesan yang Akan Dimunculkan 
    Saat akan mengecat hunian, pastikan Anda sudah memikirkan kesan apa yang akan dimunculkan pada sebuah ruangan. Misalnya saja suasana kamar tidur akan berbeda dengan suasana ruang tamu. Suasana ruang tidur akan coba didesain lebih adem. Atau jika anda ingin mendesain ruang makan agar lebih formal dan lebih hangat, anda bisa memilih warna-warna netral atau warna biru dan hijau tua.
  • Perhatikan Merk Cat dan Manfaatnya
    Cat dinding atau tembok yang memiliki kualitas yang tinggi tentunya akan memiliki daya rekat yang tinggi yang berfungsi untuk menutupi semua permukaan sehingga tidak ada lagi retak rambut dan tentunya tahan lama. Cat yang memiliki kualitas terbaik tentunya akan memberikan perlindungan yang maksimal seperti melindungi rumah Anda dari panas, sebagai pelapis yang memiliki fungsi sebagai anti bocor dan juga dapat melindungi karat
  • Pastikan Harga
    Di pasaran sendiri ada banyak sekali pilihan jenis dan merek dari cat tembok yang memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Untuk itu, penting sekali untuk memilih merek cat yang memang telah terbukti kualitasnya. Hindari memprioritaskan harga murah untuk menghemat. Mengorbankan kualitas dari cat karena cat besi murah yang tidak berkualitas justru akan membuatmu jauh lebih boros. 

6. Rekomendasi Cat untuk Luar Dan Dalam

  • Cat Eksterior
  1. Propan Decorshield DW-500 – Rp 287.000 (2,5 liter)
    - Cat tembok eksterior dari bahan pure acrylic
    - Tahan cuaca minimal 6 tahun
    - Anti jamur dan lumut
    - Mengandung Teflar anti noda, tidak mudah kotor dan dapat dibersihkan
    - Mencegah rembesan air
    - Data tutup sangat baik
    - Water based, tidak mengandung logam berat dan ramah lingkungan
  2. Dulux Weathershield Powerflexx – Rp 355.000 (2,5 liter)
    - Alkali Guard
    - Algae-Fungus Guard
    - Low Odour, Low Voc
    - Singapore Green Label
    - Colour Lock Technology
    - Assurance 6 Years
    - No Added Lead & Mercury
    - Water Based
  3. Nippon Weatherbond Solareflect –Rp 296.000 (2,5 liter)
    - Dengan Sunblock Technology
    - Melindungi dari perubahan warna dengan Colour Protect
    - Tahan kelupas & pengapuran
    - Tahan kotor & lumut
    - Mudah diaplikasikan
    - Daya tutup sangat baik
    - Anti alkali
  • Cat Interior 
  1. Dulux Catylac Interior – Rp 120.000 (5 kg)
    - Memiliki teknologi Chroma Brite yang menonjolkan warna cerah 
    - Cocok untuk penggunaan bagian Interior dengan hasil akhir Doff atau Matt yang lembut.
    - Ramah lingkungan dan bebas dari bahan-bahan yang berbahaya.
  2. Jotun Jotaplast  – Rp 110.000 (3,5 liter)
    - Memiliki hasil akhir yang halus dan bisa menutupi kekurangan pada permukaan ruangan.
    - Anti jamur, lebih cepat kering serta memberikan coverage yang luas.
    - Harganya lebih murah dibandingkan dengan produk sejenis dengan ukuran sama.
  3. Avitex – Rp 120.000 (5 kg)
    - Memberikan hasil akhir Doff yang cocok untuk bagian interior ruangan.
    - Tidak mudah pudar, mudah diaplikasikan dan mudah dicuci.
    - Memiliki varian warna yang lumayan banyak.
    ​​​​​​​- Tersedia dalam berbagai pilihan kemasan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait