Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Beli Rumah Dengan KPR Atau Tunai? Efisien Mana Ya Kira – kira, Simak Dulu Yuk


Rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Namun, membeli rumah bukan perkara yang mudah bagi setiap orang. Semakin meningkatnya kebutuhan setiap tahunnya membuat orang memikirkan dua kali untuk membeli rumah. Melihat fenomena ini, Banyak developer berlomba – lomba membuat perumahan dengan berbagai rentang harga dan diperuntukkan untuk banyak orang yang membutuhkan hunian namun banyak kemudahan yang didapatkan. Anda bisa memilih beli rumah dengan KPR atau tunai, keduanya memiliki keuntungan dan kelebihan masing - masing,
Keuntungan dan Kerugian Memilih Beli Rumah Dengan KPR atau Tunai
Karena banyaknya developer yang membangun perumahan semakin memudahkan Anda memilih hunian yang cocok dengan kantong Anda. Ditambah lagi dengan kemudahan memilih membeli rumah dengan tunai atau dengan KPR. Namun sebelum membeli pertimbangkan beberapa hal berikut yakni lokasi dan kelengkapan fasilitas. Selain itu pertimbangkan juga track record dari developer. Setelah menentukan itu semua, sekarang Anda bisa menentukan untuk beli rumah dengan KPR atau tunai. Sebelum itu, yuk simak penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan beli rumah dengan tunai atau KPR berikut ini!

1. Dari Segi Harga

Kekurangan dan kelebihan beli rumah dengan KPR atau tunai pertama yakni dari segi harga. Semua jenis pembelian jika dilakukan dengan cara mengangsur atau kredit, nasabah pasti akan dikenakan bunga di dalamnya, sama hal nya jika Anda menggunakan KPR maka bank akan mengenakan bunga, sehingga harga akan lebih mahal. Namun, berbeda jika Anda membeli dengan tunai, maka Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Dari Segi Persiapan Dana

Jika Anda membeli rumah dengan KPR maka Anda tidak perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar. Anda juga tidak perlu menunggu bertahun – tahun untuk menabung demi mendapatkan rumah impian. Hanya dengan membayar uang muka Anda sudah bisa mendapatkan rumah. Berbeda jika Anda ingin membeli rumah dengan tunai, maka Anda harus mempersiapkan dana yang cukup besar untuk membeli rumah.

3. Dari Segi Aturan – Aturan

Membeli rumah secara tunai akan membebaskan Anda dari aturan – aturan rumit dari developer. Jika Anda selesai melakukan pembayaran atas rumah yang ingin dibeli maka Anda akan terbebas dari berbagai peraturan yang mengikat. Hal ini membuat Anda bebas untuk melakukan eksplorasi atau renovasi pada rumah. Berbeda jika Anda melakukan pembelian dengan KPR maka Anda akan mendapatkan banyak aturan – aturan dari developer maupun dari bank.

4. Dari Segi Pengeluaran

Jika Anda melakukan pembelian dengan tunai maka Anda akan kehilangan uang dalam jumlah besar dalam waktu sekejap. Hal ini akan mempengaruhi bisnis Anda jika Anda seorang pengusaha. Selain itu mungkin Anda juga akan kehilangan uang darurat yang harusnya ada pada tabungan Anda. Jika Anda membeli dalam bentuk KPR maka modal usaha Anda akan tetap aman dan ringan untuk membayar cicilan. 

5. Dari Segi Kelengkapan Surat – Surat

Keuntungan dan kekurangan beli rumah dengan KPR atau tunai selanjutnya yakni dilihat dari segi kelengkapan surat – suratnya. Saat Anda membeli rumah dengan tunai maka Anda bisa langsung memiliki kelengkapan surat secara langsung. Surat ini bisa sangat berharga serta bisa Anda manfaatkan jika suatu saat membutuhkan dana yang mendesak. Namun jika Anda membeli rumah dengan KPR maka kelengkapan surat – surat belum bisa Anda rasakan secara langsung.

Itulah tadi kekurangan dan kelebihan dari beli rumah dengan KPR atau tunai. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Jadi lebih efisien mana itu tetap tergantung dengan kondisi finansial Anda. Jika Anda ingin mengetahui berbagai macam hunian yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan langsung kunjungi website https://onlist.id/. Website karya anak bangsa ini akan menjadi solusi terbaik Anda yang menginginkan hunian impian.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait