Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Beberapa Hal Yang Menentukan Harga Jual Ruko Bernilai Tinggi


Memiliki ruko merupakan aset berharga. Sebab, selain dapat disewakan, ruko juga dapat diperjual-belikan. Terlebih jika ruko memiliki lokasi yang starategis. Pasti ruko tersebut akan diincar oleh banyak orang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika jual ruko. Salah satunya adalah menghitung harga sebelum menjual ruko. Hal ini penting dilakukan karena berhubungan dengan minat konsumen.

Mencari tahu harga jual yang benar pada suatu ruko sangat penting. Pasalnya banyak konsumen yang enggan untuk membeli ruko hanya karena harganya terlalu mahal. Pun demikian jika ruko yang dijual terlalu murah, ini justru akan menyebabkan si pemilik ruko rugi. Oleh sebab itu, berikut akan kami sajikan informasi terkait hal-hal yang menjadi penentu harga jual suatu ruko yang bernilai tinggi.

Yuk, Cari Tahu Faktor Penyebab Harga Jual Ruko Bernilai Tinggi!

Anda harus berfikir cerdas saat menentukan harga jual ruko. Mengkalkulasi dari banyak sisi untuk menentukan harga jual yang tepat sanagt penting untuk dilakukan. Selain bisa menarik minat konsumen, Anda tentu juga akan mendapat keuntungan yang sesuai. Yuk, cari tahu faktor yang bisa membuat harga jual pada ruko milik Anda tinggi!

1. Spesifikasi Bangunan Ruko

Sama halnya dengan jenis properti lain, dalam menentukan harga jual suatu ruko juga bisa dinilai dari spesifikasi bangunannya. Semakin bagus jenis bangunan atau semakin banyak kelebihan yang dimiliki pada bangunan ruko, maka akan bernilai semakin tinggi. Spesifikasi yang dimaksud tidak hanya dilihat dari tipe bangunan saja, melainkan dari luas tanah, bangunan, hingga material bahan bangunannya. Ruko yang terlihat bersih dan terawat akan memberikan kesan pertama kepada konsumen apakah ruko tersebut nyaman atau tidak. Jadi pastikan untuk tidak melupakan hal ini.

2. Harga Pasaran Ruko Di Daerah Anda

Selain dari spesifikasi ruko itu sendiri, yang bisa mempengaruhi harga jual adalah Nilai Jual Objek Pajak. Yaitu harga jual pasaran suatu bangunan di kawasan ruko tersebut. Nilai Jual Objek Pajak bisa di lihat di kwitansi tagihan Pajak Bumi dan Bangunan yang Anda bayar. Hal ini adalah salah satu faktor eksternal yang bisa mempengaruhi nilai jual suatu bangunan. Perlu diingat bahwa harga dari NJOP merupakan harga jual minimal. Faktanya banyak orang yang menjual ruko/bangunannya dengan harga 2 hingga 3 kali lipatnya. Namun pastikan untuk melakukan survey di sekitar lokasi terkait harga rata-rata yang di patok ketika menjual suatu ruko/bangunan.

3. Kelengkapan Dokumen Kepemilikan

Dokumen jual beli suatu bangunan atau lahan yang sah merupakan hal yang sangat penting. Sebab, jika kelengkapan dokumen ini ada yang kurang atau tidak pas, bisa jadi akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Sebelum menjual ruko, pastikan dokumen-dokumen pendukung penjualan sudah lengkap dan tidak bermasalah. Sebab, tak ada konsumen yang mau membeli ruko tanpa adanya barang bukti berupa dokumen yang sah. Kelengkapan surat-surat tersebut akan membuat konsumen lebih percaya kepada Anda.

4. Prospek Lokasi

Faktor utama yang dilirik konsumen dalam membeli suatu bangunan adalah prospek lokasi, apalagi sebuah ruko. Ruko yang merupakan tempat usaha harus berada di tempat strategis, sehingga membantu jalannya usaha lebih lancar. Jika lokasi strategis, akan banyak konsumen yang berebut lokasi tersebut dan nilai jual suatu ruko akan menjadi tinggi. Meski diberikan harga jual yang tinggi, akan tetap banyak peminat. 

Itulah tadi beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga jual ruko Anda. Setelah mempertimbangkan berbagai hal tersebut Anda bisa menjual ruko dengan harga yang sesuai. Jika Anda kesulitan menjual ruko Anda, cobalah mengunjungi platform https://onlist.id/. Platform ini akan membantu Anda memasarkan ruko Anda. Dan tidak hanya itu,  platform ini juga meng-handle jual-beli berbagai property lain dengan kualitas terbaik. 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait