Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Bagaimana Agar Rumah Terhindar Dari Tikus? Yuk Simak Tips Dan Trick Berikut!


Selain di ventilasi, debu dan sawang juga bisa kita temukan di berbagai sudut rumah. Mulai dari lantai, sudut atas ruangan, bawah kamar tidur, jendela, dan lain sebagainya. Rumah yang bersih adalah rumah yang terbebas dari debu dan sawang. Dan juga salah satu ciri rumah bersih adalah terbebas dari hewan yang menyebabkan penyakit contohnya adalah tikus.
Tikus rumah (Rattus rattus) adalah hewan pengerat biasa yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat serta melompat. Hewan ini termasuk dalam subsuku Murinae dan berasal dari Asia. Namun, ia lalu menyebar ke Eropa melalui perdagangan sejak awal penanggalan modern dan betul-betul menyebar pada abad ke-6. Selanjutnya ia menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tikus rumah pada masa kini cenderung tersebar di daerah yang lebih hangat karena di daerah dingin kalah bersaing dengan tikus got.
Tidak seperti saingannya, tikus got, tikus rumah adalah perenang yang buruk dan bangkainya sering ditemukan di sumur-sumur. Namun, ia lebih gesit dan pemanjat ulung, bahkan berani "terbang". Warnanya biasanya hitam atau cokelat terang, meskipun sekarang ada yang dibiakkan dengan warna putih atau loreng. Ukurannya biasanya 15–20 cm dengan ekor ± 20 cm. Hewan ini nokturnal dan pemakan segala, tetapi menyukai bulir-bulir. Betinanya mampu beranak kapan saja, dengan anak 3-10 ekor/kelahiran. Umurnya mencapai 2-3 tahun dan menyukai hidup berkelompok.

Apa Saja Bahaya Tikus Jika Tikus Bersarang Di Rumah?

  1. Menyebabkan Penyakin PES
    Penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tikus yang pertama adalah penyakit pes. Penyakit ini berasal dari bakteri Yersina pestisia yang ditularkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya. Bakteri penyebab penyakit pes ini dibawa oleh kutu yang tertular dari hewan pengerat, sehingga kutu kemudian akan menyebarkan bakteri tersebut saat menggigit tubuh manusia. Gejala penyakit pes yang paling sering terjadi yakni dengan munculnya pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, ketiak, atau leher. Dalam beberapa kasus, penyakit pes bisa sampai menyerang paru-paru. Kondisi ini tentu sangat membahayakan. Komplikasi penyakit dari tikus ini bahkan bisa berujung pada meningitis hingga kematian.
  2. Menyebabkan Korsleting Listrik
    Tikus memiliki gigi yang terus tumbuh sehingga perlu menggerogoti bahan keras yang tidak dapat dimakan, termasuk kayu, plastik, juga kabel listrik untuk membuatnya rusak. Hal ini membuat tikus menjadi bahaya kebakaran yang serius karena mereka dapat mengunyah perisai dan kabel, yang dapat menyebabkan korsleting listrik, listrik padam, kerusakan peralatan, bahkan kebakaran. 
  3. Rumah Menjadi Kotor
    Akibat tikus rumah bisa menjadi kotor. Jika tikus bersarang di rumah tikus bisa membuat kotoran dari beraknya dan itu suatu hal yang menjijikan sekaligus bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. 
  4. Menyebabkan Bau Busuk Di Rumah
    Tikus memiliki bau amonia musky yang khas seperti urine basi. Bau ini bisa sangat terlihat pada area tertutup di rumah seperti dapur, lemari, atau laci. Bau busuk ini juga bisa tercium pada sepanjang alas tiang dan dinding tempat tikus sering bepergian. Bau ini membantu tikus membangun dan menandai wilayah mereka. 
  5. Menjadikan Makanan Di Dapur Tidak Steril
    Kita seemua tahu bakwa tikus adalah hewan pengerat. Bagi tikus semuanya bisa dimakan. Mulai dari kayu, plastik, dll. Tak jarang tikus menggerogoti apapun untuk mendapatkan makanan. Meskipun makanan itu telah ditutup dan disimpan rapat. 

Wah keberadaan tikus dirumah banyak sekali menyebabkan bahaya yang bisa merugikan anda sebagai pemilik rumah. Adapun cara untuk mencegah keberadaan tikus di rumah. Agar rumah terlihat sehat dan bersih anda pun juga merasa nyaman di rumah seharian. 

Cara Mencegah Keberadaan Tikus Di Rumah:

  1. Rutin Membersihkan Rumah
    Membersihkan rumah adalah suatu kewajiban bagi setiap pemilik rumah. Rutin membersihkan rumah menjadikan rumah anda tampah sehat dan indah. Membersihkan rumah juga adalah salah satu hal yang dapat mecegah kotoran yang menumpuk dan mencegah tikus untuk masuk rumah. Karena pada dasarnya tikus suka tempat yang kumuh dan kotor. 
  2. Gunakan Double Security Doors
    Tutup pintu dan jendela jika tidak gunakan. Agar tidak ada alasan bagi tikus untuk masuk ke rumah. Tapi jika anda ingin cahaya matahari masuk ke rumah anda bisa memakai double security doors untuk mencegah tikus masuk dan sekaligus mencegah masuknya tikus. 
  3. Cek Plafon Rumah
    Anda harus cek plafon anda secara berkala seperti 1 minggu sekali. Selain melihat adanya tanda-tanda kebocoran jika da hujan manfaat lain juga untuk membantu mencegah tikus masuk melalui plafon. Agar hal itu tidak terjadi maka mulai sekarang amda harus rutin cek plafon rumah anda secara berkala.
  4. Cek Kebocoran Air
    Sellain plafon yang harus di cek. Anda perlu cek pipa air anda. Dan lihat apakah ada kebocoran atau tidak. Bisa jadi tikus masuk ke rumah melalui pipa air yang bocor. Anda harus cek secara berkala sama seperti anda mengecek plafon rumah anda. Agar tidak terjadi kerugian material maupun non material. 
  5. Jangan Menyimpan Sampah
    Janganlah anda menyimpan sampah terlalu lama. Jika tempat sampah didalam rumah anda kapasistasnya sudah penuh anda bisa langsung membuang sampah tersebut ke sampah di luar rumah. Agar tidak terjadi penumpukan sampah di dalam rumah dan menjadikan rumah anda bau busuk sehingga tikus terpancing. 

Itu adalah cara mencegah tikus masuk ke rumah. Bagaimana jika anda lupa mencegah keberadaan tikus dirumah dan tikus sudah terlanjur bersarang dirumah?  Lalu bagaimana cara membasmi tikus yang sedang berada di dalam rumah? Anda tidak perlu khawatir untuk tips dan trick cara membasmi tikus di rumah karena kami sudah memberikan tips dan trik cara membasmi tikus yang bersarang di rumah seperti tulisan yang ada di bawah berikut:

Cara Membasmi Tikus Yang Bersarang Dirumah:

  1. Jangan Gunakan Racun Tikus
    Jangan sekali-kali anda menggunakan racun tikus alasannya jika tikus terkena racun dan kemudian ada seekor kucing yang sedang berburu tikus maka kucing tersebut juga akan ikutan mati. Jadi hindari penggunaan racun tikus.
  2. Gunakan Bubuk Kopi 
    Bubuk kopi bukan hanya ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga sebagai salah satu cara mengusir tikus. Bubuk kopi bisa membuat hidung tikus iritasi. Hal ini lantaran bau tajamnya bisa membuat tikus tak nyaman dan akhirnya pergi dari area beraroma kopi.
  3. Gunakan Kantong Teh Bekas
    Kantong teh bekas bisa digunakan untuk mengusir tikus membandel yang berkeliaran di dalam rumah. Sama seperti bubuk kopi, teh bisa mencederai hidung tikus, dan membuatnya secara suka rela pergi dari area dengan aroma teh pekat.
  4. Bubuk Cangkang Telur
    Bukan hanya mengusir tikus, cangkang telur juga bisa membasmi semut dan kecoa di rumah. Cara memanfaatkan cangkang telur untuk menyingkirkan tikus bukan dengan meletakannya begitu saja. Melainkan, Anda perlu menumbuk atau menghaluskannya terlebih dahulu, dan menaburkan bubuk cangkang telur ke tempat favorit tikus.
  5. Perangkap Tikus
    Gunakan perangkap tikus dengan memancing tikus dengan makanan. Biasanya anda bisa membeli perangkap tikus di online maupun offline seperti pasar. Cara kerjanya tikus mendekan ke arah perangkap karena telah dipancing makanan. Lalu saat tikus memakan makanan pancingan otomatis jerat akan bergoyang dan perangkap tertutup. Tikus sudah masuk perangkap. 

Nah, itu adalah beberapa fakta seru tentang cara mencegah, membasmi, dan bahaya tikus saat dirumah. Jangan lupa anda harus tetap mencegah tikus dengan tips dan trik yang kami berikan. Untuk informasi mengenai fakta menarik tentang rumah anda bisa mengunjungi web kami http://www.onlist.id Semoga tulisan kami bermanfaat untuk anda. Terimakasih sobat onlist!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait