Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Apa Yang Anda Ketahui Tentang SP3K? Dan Bagaimana Cara Mengajukannya?


A. Apa Itu SP3K? 

SP3K merupakan singkatan dari Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit. Surat ini diberikan oleh bank kepada Anda jika telah memenuhi beberapa persyaratan pengajuan kredit kepada bank. Persyaratan ini meliputi penyerahan beberapa dokumen penting seperti KTP, KK, slip gaji, buku nikah, dan beberapa persyaratan penting lainnya. 
Setelah penyerahan dokumen tersebut, pihak bank akan melakukan analisis mendalam terhadap data dan keuangan yang telah Anda sediakan kepada bank. Analisis ini meliputi wawancara, survei kesesuaian data diri termasuk alamat rumah, pekerjaan, serta referensi keluarga. Selain itu, pihak bank juga akan melakukan perhitungan dan penilaian terhadap properti yang akan Anda beli.
Setelah proses pengajuan selesai, bank akan membuat keputusan apakah pengajuan kredit Anda diterima atau tidak. Jika diterima, maka maksimal dalam 14 hari kerja bank akan mengeluarkan SP3K yang menyatakan bahwa pengajuan kredit Anda diterima.

B. Fungsi SP3K?

SP3K merupakan surat penting yang diperlukan dalam proses jual beli properti secara kredit. Surat ini merupakan bukti bahwa pengajuan kredit Anda di suatu bank sudah diterima. Dengan adanya surat ini, berarti KPR Anda juga akan segera cair dan proses jual beli segera selesai.
Selain itu, surat ini juga dapat Anda gunakan sebagai jaminan jika Anda membutuhkan dana untuk menebus Surat Hak Milik atas suatu properti atau akan melakukan take over rumah. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kelengkapan lain seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga, akta nikah, fotokopi SHM atau SHGB yang akan ditebus, PBB tahun terakhir serta IMB untuk keperluan ini.

C. Apa Manfaat SP3K?

1. Melancarkan Proses Jual-Beli Rumah
Dengan adanya SP3K, kepercayaan penjual – dalam hal ini pengembang – terhadap calon pembeli rumah menjadi semakin besar. Sebab, surat ini menjadi bukti bahwa KPR yang ia ajukan telah diterima. Khusus pembeli rumah subsidi, SP3K bertindak sebagai bukti otentik yang menjelaskan jika kamu telah memenuhi syarat sebagai penerima layanan pembiayaan KPR subsidi.

2. Sebagai Jaminan Pinjaman Dana
Jangan salah kaprah dulu, jaminan pinjaman keuangan yang dimaksud di sini bukan ditujukan kepada perbankan, namun kepada perorangan (funder pribadi) atau badan keuangan lainnya. Saat ini, banyak sekali bermunculan badan keuangan swasta yang menawarkan bantuan dana.SP3K sendiri biasanya bisa dijadikan sebagai jaminan atas pengajuan pinjaman yang kita lakukan. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih badan keuangan yang tepat. Pasalnya, saat ini banyak sekali ditemukan badan keuangan bodong, yang berdiri secara ilegal serta tidak terdaftar di OJK.

3. Bukti bahwa KPR akan Segera Cair
Tidak cuma sebagai bukti terima, SP3K KPR subsidi juga menjadi jaminan  bahwa kredit yang kamu ajakan akan segera cair.Biasanya, waktu pencairan dana sendiri tidak akan jauh setelah surat diterbitkan. Agar lebih cepat, selesaikan akad pembelian rumah sesegera mungkin. Jika proses ini belum selesai setelah jangka waktu SP3K habis, maka kamu harus mengajukan surat tersebut dari awal lagi. Lantas, berapa masa berlaku SP3K akan berakhir? Hal ini tergantung dari kebijakan bank terkait. Beberapa bank memberi waktu selama 1 bulan, sedang yang lainnya menyediakan waktu 2-3 bulan

D. Apa Saja Isi Yang Ada Di SP3K?

1. Melancarkan Proses Jual-Beli Rumah
Dengan adanya SP3K, kepercayaan penjual – dalam hal ini pengembang – terhadap calon pembeli rumah menjadi semakin besar. Sebab, surat ini menjadi bukti bahwa KPR yang ia ajukan telah diterima. Khusus pembeli rumah subsidi, SP3K bertindak sebagai bukti otentik yang menjelaskan jika kamu telah memenuhi syarat sebagai penerima layanan pembiayaan KPR subsidi.

2. Sebagai Jaminan Pinjaman Dana
Jangan salah kaprah dulu, jaminan pinjaman keuangan yang dimaksud di sini bukan ditujukan kepada perbankan, namun kepada perorangan (funder pribadi) atau badan keuangan lainnya. Saat ini, banyak sekali bermunculan badan keuangan swasta yang menawarkan bantuan dana. SP3K sendiri biasanya bisa dijadikan sebagai jaminan atas pengajuan pinjaman yang kita lakukan.Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih badan keuangan yang tepat. Pasalnya, saat ini banyak sekali ditemukan badan keuangan bodong, yang berdiri secara ilegal serta tidak terdaftar di OJK.

3. Bukti bahwa KPR akan Segera Cair
Tidak cuma sebagai bukti terima, SP3K KPR subsidi juga menjadi jaminan  bahwa kredit yang kamu ajakan akan segera cair.Biasanya, waktu pencairan dana sendiri tidak akan jauh setelah surat diterbitkan. Agar lebih cepat, selesaikan akad pembelian rumah sesegera mungkin. Jika proses ini belum selesai setelah jangka waktu SP3K habis, maka kamu harus mengajukan surat tersebut dari awal lagi. Lantas, berapa masa berlaku SP3K akan berakhir? Hal ini tergantung dari kebijakan bank terkait. Beberapa bank memberi waktu selama 1 bulan, sedang yang lainnya menyediakan waktu 2-3 bulan.

E. Bagaimana Cara Mengajukan SP3K Ke Bank?

Penting untuk diketahui, kewajiban mengurus SP3K sendiri tidak hanya berlaku bagi pembeli rumah subsidi saja. Secara umum, surat ini harus dimiliki oleh setiap calon nasabah penerima KPR.Selain itu, proses pengajuan SP3K sebenarnya sepaket dengan pengajuan KPR. Sehingga, tidak ada treatment khusus yang harus dilakukan, selain menyiapkan dokumen dan syarat yang diminta.
1. Persyaratan dan dokumen yang dimaksudkan di sini adalah syarat dan dokumen saat mengajukan KPR ya, seperti kartu identitas, KK, slip gaji, buku nikah serta beberapa syarat lainnya.
2. Jika syarat dokumentasi sudah disetujui, proses selanjutnya adalah wawancara. 
3. Tidak hanya mengetes kesiapanmu sebagai penerima KPR, bank juga akan melihat riwayat kreditmu melalui BI-Checking.
4. Bila semua proses berjalan dengan lancar, maka pihak bank akan mengeluarkan SP3K KPR subsidi tersebut selambat-lambatnya 14 hari kerja setelah proses kredit dinyatakan diterima.

F. Masa Berlaku SP3K

SP3K memiliki masa berlaku yang terbatas dan berbeda-beda di setiap bank. Beberapa bank memberikan masa berlaku selama 3 bulan, tetapi ada juga yang hanya 1 bulan seperti Bank Mandiri dan CIMB Niaga. Penting mengetahui masa berlakunya karena jika Anda mengurus proses perjanjian jual beli lebih dari masa berlaku surat ini, maka Anda harus mengajukan kembali ke bank. Parahnya lagi, terdapat kemungkinan buruk bahwa plafond juga akan ikut turun ketika Anda mengajukan ulang. Jadi, pastikan untuk segera mengurus akad jual beli dan kredit antara Anda dan pihak bank dalam masa berlaku SP3K yang diberikan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa memahami apa itu SP3K sangatlah penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah secara KPR. Tidak hanya karena SP3K ini menjamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dana untuk membeli rumah, tetapi juga sebagai rincian persyaratan dan biaya yang perlu Anda penuhi setiap bulannya agar rumah tersebut sah menjadi milik Anda. Dengan memegang surat SP3K, maka pihak pengembang mengetahui bahwa Anda bisa mendapatkan rumah yang sedang Anda incar, mengingat bank akan membiayai proses pembelian rumah tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu tertib melakukan pembayaran ke bank agar tidak terjadi masalah nantinya.

G. Contoh Gambar Surat SP3K

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait