Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Anda Termasuk Generasi Sandwich? Pelajari Nih Cara Mengatur Keuanganmu


Sekarang ini sebagian besar masyarakat Indonesia dihadapkan dengan tantangan mengenai cara mengatur keuangan. Tidak hanya bagi diri mereka sendiri tapi sebagian besar mereka juga menanggung beban keuangan keluarga seperti orang tua. Sebagai generasi muda yang sudah bekerja, ada kewajiban untuk membantu keluarga, terlebih ketika orang tua sudah memasuki usia lanjut dan tidak mampu bekerja secara produktif sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi tahukah kamu cara mengatur keuanganmu? Nah, jika kamu termasuk sandwhich generation yang  memiliki kewajiban untuk ikut bertanggung jawab memenuhi kebutuhan orang tua sekaligus keluargamu sendiri, maka hal-hal di bawah ini layak untuk kamu perhatikan. 

Begini Cara Mengatur Keuanganmu Jika Kamu Termasuk Sandwhich Generation

Sandwhich generation adalah sebuah istilah yang melekat pada diri seseorang dimana selain menanggung beban diri dan keluarganya ia juga masih menanggung kehidupan keluarga lainnya. Dalam hal ini adalah orang tua. Ibarat sebuah roti sandwich yang terdiri dari beberapa lapisan isi yang membentuknya. Jika penghasilan pas-pasan maka Anda harus memiliki rencana yang cukup baik. Sehingga keuangan dan kebutuhan pribadi masih mencukupi, tentunya tanpa mengabaikan kebutuhan lainnya. Berikut cara mengatur keuangan jika Anda termasuk generasi sandwich.

1. Selalu Menjalin Komunikasi Terbuka Dengan Pasangan

Ketika kita sudah hidup berumah tangga maka pasangan akan menjadi partner yang selalu dilibatkan dalam mengambil keputusan, termasuk untuk merawat orang tua. Jadi, coba untuk selalu terbuka sejak awal. Hal ini menjadi kunci komunikasi dan keberhasilan mengelola keuangan di kemudian hari. Coba untuk mencari kesepakatan yang seimbang dan tidak merugikan salah satu pihak.

2. Buat Alokasi Khusus Sesuai Kesepakatan Bersama

Ketika Anda menjadi generasi sandwich, cara mengatur keuanganmu harus lebih jelas. Artinya ada pos pengeluaran yang disesuaikan kesepakatan bersama pasangan. Isi pos tersebut di awal bulan ketika menghitung rencana pengeluaran. Perlu diingat bahwa setiap pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan keluarga besar harus dicatat. Hentikan pengeluaran ketika sudah melampaui batas anggaran. Dan yang terpenting, sesuaikan dengan kondisi Anda saat itu.

3. Amankan Posisi Dana Darurat

Satu hal yang sangat penting ketika membiayai banyak orang adalah memiliki pos dana darurat. Pastikan kondisi dana tersebut aman. Sehingga pada saat muncul kebutuhan mendadak sudah ada talangan biaya. Intinya dana darurat tersebut sama dengan tabungan. Seberapa besar jumlah tanggungan sebaiknya masih menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

4. Miliki Asuransi Kesehatan

Salah satu hal yang paling urgent ketika merawat orang tua adalah jika kemungkinan mereka jatuh sakit. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya jika Anda memiliki asuransi kesehatan untuk meng-cover kebutuhan yang sifatnya mendadak untuk perawatan kesehatan. Sehingga waktu terjadi hal yang tidak terduga terutama sakit maka biaya tanggungannya tidak memberatkan Anda.

5. Ketepatan Memilih Investasi

Karena jumlah kebutuhan banyak, maka untuk mencapai tujuan tertentu Anda harus ada dana yang disisihkan untuk investasi. Hal ini penting dilakukan untuk memutus munculnya generasi sandwich baru. Artinya ketika Anda sudah masuk fase lansia maka semua kebutuhan dapat dipenuhi secara mandiri tanpa harus merepotkan anak kita.

Jika Anda termasuk generasi sandwich maka ulasan di atas merupakan beberapa cara mengatur keuanganmu agar lebih tertata dan terencana baik. Hal ini penting mengingat yang menjadi tanggungan Anda bukan hanya keluarga inti saja, namun ada juga orang tua Anda yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Perhatikan perencanaan keuangan dengan baik, sehingga Anda tidak akan mudah jatuh ke lubang hutang yang justru akan membawa masalah baru dalam hidup Anda.
 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait