Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Alat-Alat Keamanan Yang Wajib Ada Di Rumah


Dalam arti umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, tetapi istilah untuk tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang.
Rumah adalah tempat penyelenggara kehidupan dan penghidupan bagi setiap orang. Rumah dianggap sebagai kebutuhan dasar yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga.
Unsur terpeneting dari sebuah rumah adalah kehamrmonisan individu yang berada didalamnya yakni sebuah keluarga. Dengan kata lain keluarga adalah rumah tempat berpulang segala resah, dikala dunia menjauhi hanya satu tempat yang akhirnya terpatri di hati. Seberapa jauh pun perjalanan yang ditempuh menyebrang samudra sekalipun hanya satu keinginanan untuk dapat kembali yakni ke rumah berkumpul bersama keluarga.
Saat di rumah kita bisa merasakan kemanan, berindung dari hujan, badai, tidak kepanasan karena sinar matahai. Dan tentunya merasa aman karena saling berdekatan dengan anggota keluarga. Tapi tidak menutup kemungkinan ada faktor laim yang membuat rumah menjadi tidak nyaman. Untuk itu sediakan beberapa alat keamanan untuk kemanan rumah. Berikut contohnya:

Alat – Alat Keamanan Yang Wajib Anda Punya Di Rumah

  1. CCTV ( Closet Circuit Television)
    CCTV (Closed Circuit Television) atau yang biasa kita sapa kamera pengawas merupakan sebuah alat perekam aktivitas dalam bentuk video. Cara kerja CCTV dengan mengirimkan sinyal secara tertutup dengan jalur wireless maupun jaringan kabel. Fungsi manfaat CCTV bagi kita dalam pengawasan sangat diperlukan dalam pengawasan aset barang berharga anda atau membantu memantau aktivitas anggota keluarga baik untuk menjaga bayi atau orang tua lansia yang membutuhkan pengawasan ekstra.
    Keberadaan kamera CCTV saat ini memang bisa dikatakan sangat menguntungkan masyarakat dalam hal keamanan. Dengan adanya CCTV, anda pun dapat mengontrol aktivitas tiap lokasi yang anda inginkan hanya dengan melihat dari layar monitor. CCTV ini biasa ditempatkan di tempat-tempat umum untuk menghindari tindak kejahatan seperti ATM, Mall, Parkiran, dan masih banyak lagi tempat lainnya. Harga jual cctv memang bervariasi namun masih tetap terjangkau bagi banyak kalangan. Jadi, tidak heran jika mulai banyak individu atau perusahaan yang beli CCTV untuk keamanan.
    Manfaat CCTV:
    1. Meningkatkan Keamanan
    fungsinya tentu erat kaitannya dengan pencegahan aksi kejahatan dan kriminal. Dengan adanya kamera CCTV dilingkungan kita, semua kegiatan akan terekam oleh kamera. Ketika akan terjadi tindakan kriminal atau pencurian di rumah kita, hasil rekaman tersebut dapat dijadikan barang bukti oleh polisi dan pelaku kriminal tersebut bisa segera ditangkap.

    2. Memantau Semua Aktivitas
    Dengan memanfaatkan kamera CCTV akan dapat memantau segala aktivitas yang dilakukan seseorang. Sebagai contoh untuk mengawasi karyawan di kantor, hal tersebut berguna untuk menilai apakah karyawan tersebut bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya atau malah melakukan hal yang diluar kewajibannya.

    3. Mengawasi Anggota Keluarga
    Mengenal CCTV dan fungsinya sebagai alat pengawas sangat berguna untuk mengawasi anggota keluarga, khusunya anak. CCTV yang dilengkapi dengan koneksi internet bisa dilihat langsung melalui gadget Anda. Dengan demikian Anda bisa merasa tenang walau tidak berada disamping anak.
     
  2. Alat Pemadam Kebakaran
    APAR dengan media powder atau serbuk kering sebagaimana yang penah dibahas sebelumnya, memang sangat populer. Pasalnya, selain bisa digunakan di berbagai tempat, APAR media powder memiliki kegunaan yang sangat luas.
    APAR powder bisa digunkan untuk memadamkan kelas kebakaran dari A sampai C. Alhasil, APAR media powder ini sangatlah cocok untuk digunakan di dalam rumah 
    Area dapur merupakan daerah yang paling rawan terjadi kebakaran dibandingkan dengan ruangan lain yang ada di dalam rumah. Maka dari itu, mempersiapkan alat pemadam kebakaran rumah tangga di ruangan ini sangatlah penting. Akan tetapi sebaiknya Anda melihat dulu potensi kebakaran yang mungkin terjadi di dapur Anda.
    Alat pemadam kebakaran rumah tangga memang sangat penting sekali. Untuk itu Anda wajib menyediakan APAR sebagai upaya mitigasi kebakaran di rumah Anda.
    Kemudian jangan lupa Anda harus meletakkan alat pemadam kebakaran rumah tangga di tempat yang mudah untuk dijangkau di dalam rumah Anda. Selain itu, yang tak kalah penting adalah lakukanlah inpeksi APAR milik Anda secara berkala supaya selalu dalam kondisi siap pakai. 
    Cara Memakai APAR Jenis Abc:
    1. Pull: menarik safety pin pada tabung APAR.
    2. Aim: Mengarahkan nozzle atau ujung selang ke titik sumber api.
    3. Squeeze: Menekan tuas pada tabung APAR untuk mengeluarkan media pemadam api.
    4. Sweep: menyemprotkan media ke sumber api dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
     
  3. Wireless Camera Alarm
    Alat ini berfungsi untuk menjaga rumah dari maling atau tamu tak diinginkan lainnya. Sensor akan mendeteksi apabila ada seseorang masuk ke dalam rumah tanpa izin. Sistem alarm ini akan mengirim sinyal untuk kamera 3G. Kamera akan aktif untuk mengambil gambar kemudian mengirimkan pesan singkat ke ponsel anda sebagai pemilik yang telah didaftarkan.
     
  4. Door Sensor
    Jenis pengaman yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal di khalayak masyarakat. Ya, door sensor memang sudah banyak digunakan untuk mengamankan rumah tinggal. Alat ini nantinya akan dipasang di beberapa titik pintu rumah, untuk mendeteksi apabila terdapat upaya pembukaan pintu secara paksa. Apabila alat telah diaktifkan, maka secara otomatis alarm akan berbunyi jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi pada pintu rumah.
     
  5. Sensor Detector
    Sensor detector memiliki sistem kerja yang dapat mendeteksi adanya panas hingga sensor gerak maupun suara dengan menggunakan sistem perimeter. Informasi tersebut dapat menjadi peringatan bahaya bagi pemilik rumah. Hal ini ditandai dengan bunyi alarm yang memekikan telinga, ketika terdeksi datangnya seseorang yang masuk ke dalam rumah.
     
  6. P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
    Pertolongan pertama bertujuan untuk memberikan perawatan darurat dan dukungan hidup pada orang yang mengalami cedera atau luka serta mencegah komplikasi lebih lanjut. Oleh karena itu, kotak P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) sangatlah diperlukan, baik di rumah, kantor, maupun kendaraan pribadi. salah satu barang yang perlu dipersiapkan di rumah untuk mengatasi kondisi darurat, terutama yang terjadi pada anak.
    • Isi kotak P3K:
    Peralatan pertolongan pertama di rumah biasanya digunakan untuk mengobati cedera atau luka ringan, seperti teriris, tergores, tersengat serangga, terkilir, dan luka bakar ringan. Berikut ini adalah beberapa benda yang harus ada dalam kotak P3K di rumah:
    1. Perban
    2. Kain kasa gulung dan steril
    3. Peniti
    4. Sarung tangan lateks
    5. Pinset
    6. Gunting
    7. Larutan povidone-iodine untuk disinfektan luka
    8. Tisu pembersih bebas alkohol
    9. Cairan untuk membersihkan benda asing pada luka, seperti larutan garam atau air steril
    10. Krim atau salep antiseptik
    11. Salep luka bakar
    12. Plester luka
    13. Obat pereda gatal akibat gigitan serangga atau alergi
    14. Obat antinyeri, seperti paracetamol. Obat ini juga bisa digunakan sebagai pereda demam
    15. Obat flu dan batuk
    16. Obat tetes mata
    17. Obat darurat jika anggota keluarga ada yang menderita penyakit tertentu, misalnya inhaler untuk penderita asma
    18. Termometer

    • Tips Mengisi Kotak P3K:
    1. Gunakan kotak kedap air untuk menyimpan perlengkapan P3K. Anda bisa menggunakan kantong plastik dengan perekat untuk memisahkan obat-obatan dengan peralatan lain.
    2. Letakkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau, misalnya dapur, karena kecelakaan kecil kerap terjadi saat melakukan aktivitas di dapur.
    3. Hindari meletakkan kotak P3K di kamar mandi, karena kondisi udara yang lembap bisa merusak obat-obatan.
    4. Pastikan Anda bisa menggunakan semua peralatan yang ada di kotak P3K dan mengerti kegunaan obat-obatan yang disimpan.
    5. Ajari anggota keluarga lain untuk menggunakan peralatan tersebut.

    Jika ada anggota keluarga yang mengalami luka ringan, coba terapkan tindakan ini untuk pertolongan pertama:
    1. Istirahatkan
    2. Bersihkan luka dengan air mengalir
    3. Keringkan luka
    4. Tutup luka dengan kassa steril, rekatkan dengan plester
    5. Jika lukanya kecil, cukup gunakan plester cepat untuk menutup luka

Nah, dengan anda mneyiapkan alat-alat keamanan seperti di atas, keamanan rumah akan semakin terjaga dan anda tidak perlu kawatir dengan hal-hal buruk yang terjadi. Tetapi usahakan tetap waspada dan teliti untuk peka terhadap keadaan. Seperti jangan lupa untuk mengunci pintu, menutup jendela, mematikan alat-alat dapur, dan lain sebagainya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait