Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

15 Denah Rumah 2 Lantai Minimalis Untuk Hunian Keluarga Baru


Ketika ingin membeli atau membangun rumah di perkotaan terkadang keterbatasan lahan dan harga tanah yang terus naik menjadi halangan sedangkan kebutuhan ruang cukup besar. Rumah minimalis 2 lantai bisa menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk membangun rumah di atas lahan yang sempit, khususnya di lahan daerah perkotaan. Meski berukuran kecil, anda tetap bisa memaksimalkan area tersebut dan membuat rumah yang terasa lebih nyaman dan lapang. Berikut ada beberapa contoh denah rumah minimalis 2 lantai yang bisa digunakan untuk referensi membangun rumah minimalis anda:

1. Dengan 3 Kamar Tidur

Denah ini bisa jadi solusi bagi anda yang tinggal di rumah mungil dengan anggota keluarga yang cukup banyak. Denah ini dilengkapi dengan 3 kamar tidur pada lantai 2 sehingga terasa lebih nyaman karena tidak terganggu dengan kegiatan di lantai 1. Selain itu, terdapat 3 kamar mandi pada rumah yang membuat anda tidak perlu berebutan masuk kamar mandi dengan anggota keluarga lain. Area di dalam rumah juga cukup luas dan pastinya nyaman untuk ditinggali.

2. Dengan Teras Di Belakang

Pada denah satu ini, hunian tidak memiliki teras karena terdapat garasi di bagian depan. Ruang keluarga yang merangkap ruang tamu ada di bagian belakang setelah dapur dan ruang makan. Ada juga ruang kerja yang letaknya ada di bagian depan dekat tangga. Sementara itu, teras belakang ini merupakan terusan dari ruang keluarga seolah tak ada sekat yang memisahkan. Selanjutnya, di lantai atas terdapat 3 kamar tidur dengan 2 buah kamar mandi serta terdapat ruang untuk bersantai yang dilengkapi dengan balkon.

3. Rumah Mungil Dengan Kesan Modern Namun Tetap Lega

Rumah kali ini terdiri dari  3 kamar tidur yang dilengkapi dengan 2 buah kamar mandi. Di lantai pertama, tak ada banyak ruangan di sana. Hanya ada garasi, ruang tamu dan ruang keluarga berdampingan. Di sudut belakang ada ruang terbuka yang bisa kamu jadikan taman.
Ruangan di bawah tangga dipakai untuk toilet. Sementara itu, ruang cuci diletakkan di lantai dua, di atas tangga.

4. Kecil Tetapi Fungsional

Denah rumah minimalis 2 lantai satu ini berukuran cukup kecil dibandingkan denah lainnya. Namun, denah ini akan tetap terasa luas dan fungsional. Seperti yang terlihat, rumah ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur yang berukuran cukup luas pada lantai 2. Terdapat pula ruangan berkonsep open plan pada lantai 1 yang diisi dengan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Selain itu, halaman belakang bisa anda alih fungsikan menjadi ruang jemur atau ruang bercocok tanam.

5. Terdapat Kantor Pribadi

Denah rumah satu ini juga dilengkapi dengan ruangan kantor pribadi yang membuat anda bisa fokus bekerja di rumah. Selain itu, tidak ada salahnya jika kamar anak berukuran sama besar dengan kamar utama sehingga bisa membuat anak lebih leluasa untuk bermain dan beraktivitas di kamar. Terdapat juga ruangan khusus untuk mencuci dan mengeringkan pakaian.

6. Dengan Balkon

Pada rumah ini, ditambahkan sebuah balkon sebagai tambahan ruang pada rumah yang bisa berfungsi sebagai tempat untuk menjemur ataupun tempat untuk bersantai di rumah. Terdapat juga ruangan pada lantai 2 yang cukup luas yang bisa anda gunakan sebagai ruang bekerja atau ruang belajar bagi anak-anak.

7. Rumah Tipe 70 Sederhana Dengan Carport

Pada denah rumah ini terlihat adanya carport yang berfungsi sebagai parkiran mobil. Rumah ini juga tampak sederhana, dengan kamar tamu dan kamar mandi di lantai bawah bagian depan. Di bagian tengah dan belakang ada dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Ditambah, teras yang dibuat memanjang di sisi depan dan samping rumah. Sedangkan di lantai atas, kamu bisa melihat ada 3 buah kamar tidur yang masing-masing memiliki kamar mandi dalam. Ada pula ruang keluarga yang letaknya di tengah ruangan.

8. Dengan Tangga Melingkar

Jika anda pernah melihat film yang menampilkan rumah mewah dengan tangga melingkar, anda juga dapat memilikinya sendiri. Pada denah rumah di atas tangga di desain melingkar. Selain itu, rumah ini juga sekilas berbentuk huruf P. Terdapat pula garasi, kantor, toilet, ruang tamu, ruang makan, dan juga dapur di lantai dasar.

Di lantai kedua terdapat 3 buah kamar untuk tempat beristirahat penghuni rumah. 2 kamar mandi juga ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan mandi dan buang air. Ada juga ruangan untuk mencuci dan satu bonus ruangan yang bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

9. Dengan 2 Ruang Keluarga

Desain ini menempatkan kamar tidur utama pada lantai 1, sehingga lantai 2 rumah menjadi lebih luas. Anda bisa memakai ruang keluarga pada lantai 2 sebagai ruang televisi dan ruang keluarga di lantai 1 sebagai ruang tamu. Desain ini juga menambahkan ruang cuci yang berada di pekarangan rumah.

10. Dengan Kolam Renang

Bagi anda yang memiliki lahan terbatas, anda juga dapat memiliki kolam renang pribadi. Selain itu, rumah ini dilengkapi dengan 4 kamar tidur yang membuatnya cocok bagi keluarga besar. Karena terdapat 4 kamar tidur, dapur pada rumah dibuat terbuka dan diletakkan di luar rumah.

11. Desain Memanjang

Desain yang satu ini cocok bagi anda yang memiliki area tanah yang memanjang. Denah ini terlihat modern karena bentuknya sederhana dan minimalis. Selain itu, denah yang satu ini dilengkapi dengan garasi yang membuat kendaraan menjadi lebih aman.

12. Rumah Tumbuh

Denah ini cocok bagi yang menginginkan keluarga besar tanpa harus berpindah ke rumah berukuran lebih luas. Hal tersebut karena, di dalam denah terdapat banyak lahan yang masih dan ruangan kosong yang bisa anda ubah menjadi kamar anak atau kamar tamu. Selain itu, denah ini juga dilengkapi dengan taman dan kolam ikan yang tentunya dapat membuat rumah terasa lebih asri.

13. Dengan Pekarangan yang Lebih Luas

Jika anda senang memiliki halaman yang luas, desain rumah yang satu ini bisa anda terapkan pada rumah anda. Terdapat teras yang cukup besar berada di belakang rumah. Pekarangan yang luas juga bisa anda gunakan sebagai tempat untuk berkebun.

14. Dengan 4 Kamar Tidur

Jika anda sangat mementingkan kegunaan ruangan di rumah, denah rumah satu ini cocok banget untuk anda. Setiap ruangan di rumah ini bisa digunakan maksimal seperti garasi, ruang makan, ruang keluarga, dan juga dapur yang ada di lantai 1. Sedangkan di lantai 2 diisi oleh 4 buah kamar tidur, dua kamar mandi, dan juga ruang belajar. Kamar utama mempunyai kamar mandi di dalamnya. Sedangkan kamar lainnya tidak, sehingga penghuninya bisa memakai kamar mandi dan toilet bersama.

15. Dengan Tempat Usaha

\Jika anda berencana menjalankan usaha, misalnya membuka toko di rumah, desain rumah ini bisa anda jadikan referensi. Toko terdapat di bagian depan di lantai 1 dan di sebelah garasi. Di lantai 1 juga terdapat satu kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, serta ruang makan yang menyatu dengan dapur. Tangga terletak di dapur mengarah ke lantai 2 dan langsung menuju ke ruang keluarga. Di lantai 2, terdapat dua kamar tidur, satu kamar mandi, serta ruang cuci dan ruang jemur.

Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai:

  1. Padukan desain rumah dengan unsur arsitektur modern. Pikirkan terlebih dahulu bagaimana bentuk rumah anda, bagaimana agar rumah minimalis anda terlihat mewah dan lain sebagainya. 
  2. Sesuaikan ukuran rumah dengan ukuran ruangan yang dibangun di lantai 2. Buat struktur yang mudah dibuat. Contohnya seperti membangun kamar mandi suatu garis lurus antara lantai 1 dan lantai 2 agar mempermudah pembangunan pipa saluran air. 
  3. Buatlah ruangan yang benar-benar dibutuhkan pada seluruh bagian rumah. Contohnya pada  lantai 2 anda bisa membangun 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi dan teras. Tidak ketinggalan pula untuk menyediakan ruang untuk membangun tangga menuju lantai 2.
  4. Maksimalkan seluruh fungsi lahan. Jika  masih ada ruang, anda bisa membuat taman maupun teras kosong untuk menjemur pakaian. Tambahkan pagar di teras lantai 2 agar tampak minimalis dan elegan. 
  5. Selaraskan komposisi antara lantai 1 dengan lantai 2 mulai dari cat dinding hingga interior ruangan

Anda sedang mencari rumah idaman? Kini telah hadir aplikasi untuk jual, beli, sewa rumah dan properti terlengkap di Indonesia, https://onlist.id/ telah hadir untuk memberikan solusi yang nyaman dan mudah hanya dengan genggaman tangan. Find Your Dream House with OnList!
 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait