Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

10 Tips Menabung Untuk Wujudkan Hunian Impianmu


Punya rumah pribadi merupakan impian banyak orang. Namun, mewujudkan hal ini tidak mudah. Meski harga rumah di setiap tahun pasti meningkat hingga selangit, punya rumah sebelum usia 30 bukan hal yang mustahil. Maka dari itu, apabila anda berencana untuk membeli properti suatu hari nanti, sebaiknya dari sekarang anda mulai menyiapkan uang muka untuk membeli properti pertamamu dengan tips menabung. Jangan sampai ketika sudah menemukan properti yang diinginkan, uang untuk membelinya belum tersedia.
Memang harga properti tidak murah dan tidak semua orang mampu membelinya sebagai hunian impian secara tunai tanpa menyicilnya. Cara menabung untuk beli rumah merupakan hal yang cukup menantang, tapi pada dasarnya sama saja dengan menyisihkan tabungan biasa. Perlu niat besar dan kuat karena nominal uang yang dikumpulkan pastinya lebih besar. Nah, agar tujuan membeli rumah bisa tercapai tepat waktu, simak cara menabung untuk beli rumah berikut ini, yuk!

  1. Niatkan Untuk Beli Rumah Mulai Hari Ini
    Niat adalah pondasi untuk melakukan berbagai hal. Jika niat kuat, bukan tidak mungkin bisa memiliki rumah di usia muda. Cara menabung untuk beli rumah yang pertama adalah kuatkan dulu niat. Buang jauh-jauh pikiran untuk menunda membeli rumah karena masih muda. Ganti pola pikir jika merasa masih ingin menikmati hidup dengan menghamburkan uang. tahu bahwa menabung dan investasi sejak dini adalah penting untuk masa depan. Membeli rumah memang bukan hal yang mudah dilakukan. perlu persiapan yang matang. Jadikan mimpi untuk punya rumah di usia muda sebagai motivasi hidup. Dengan begitu, akan lebih semangat bekerja untuk meraih mimpi memiliki rumah di usia muda. 
  2. Tentukan Harga Rumah Yang Ingin Dibeli
    Menentukan harga rumah yang ingin Anda beli adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam cara nabung buat beli rumah. Sebelum Anda menabung, tentu Anda harus mengetahui berapa banyak target tabungan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, menentukan harga rumah yang ingin dibeli menjadi hal paling krusial sebelum Anda menabung. Menemukan rumah yang tepat untuk dibeli memang tidak mudah. Apalagi kalau lokasinya tidak sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Hitung Estimasi Kenaikan Harga Rumah 3 Tahun Mendatang
    Harga properti selalu naik setiap tahunnya. Kenaikan harga inilah yang harus Anda antisipasi, setidaknya buatlah estimasi kenaikan harga rumah untuk tiga tahun mendatang. Kenapa 3 tahun? Sebenarnya ini sekadar estimasi waktu yang dibutuhkan oleh rata-rata orang untuk mengumpulkan uang untuk DP rumah. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapat rumah impian akan bisa lebih cepat jika Anda bisa mengumpulkan uang DP (Down Payment) dalam waktu kurang dari 3 tahun.
  4. Memiliki Dua Rekening
    Pastikan Anda memiliki dua rekening bank berbeda saat mulai menabung untuk beli rumah. Hal ini dapat membantu mengontrol pengeluaran secara spesifik. Dengan memiliki dua rekening, Anda bisa memisahkan antara tabungan untuk keperluan sehari-hari dan tabungan membeli rumah. Berikan pengawasan ketat pada tabungan untuk membeli rumah, agar bisa memenuhi target yang diinginkan atau bahkan melampauinya.
  5. Buka Tabungan Dan Mulai Investasi
    Menabung bisa jadi sudah banyak dilakukan orang sejak lama, namun uang yang terkumpul seringkali masih jauh dari cukup untuk membeli sebuah rumah. Uang tabungan yang dikumpulkan bertahun-tahun masih tetap tak cukup untuk memiliki hunian idaman. Jika terus-terusan demikian, metode mengumpulkan uang dengan menabung perlu dievaluasi kembali. Salah satu tips menabung, tetapkanlah besaran tabungan yang ingin Anda simpan setiap bulannya. Besaran paling ideal yakni minimal 30% dari total penghasilan bulanan. 
    Agar efektif, pisahkan uang tabungan tersebut dalam rekening yang terpisah. Lalu, sisakan uang sesegera mungkin setelah menerima gaji. Jangan pernah menarik tabungan kecuali untuk sesuatu yang sifatnya darurat. Lakukan disiplin tabungan ini setiap bulannya, dalam beberapa tahun uang tabungan yang terkumpul setidaknya bisa mencukupi sebagai uang muka membeli rumah. Selain itu, sebaiknya sisihkan sebagian tabungan untuk investasi. Banyak investasi yang minim risiko dengan imbal yang cukup tinggi. Tempatkan uang pada portofolio investasi seperti obligasi dan reksadana.  
  6. Menabung Dalam Bentuk Emas
    Ini akan sangat tepat kalau Anda memiliki keinginan untuk menabung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Emas adalah bentuk investasi/tabungan yang tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi sehingga nilainya akan cenderung stabil. Menabung dalam bentuk emas dapat dijadikan pertimbangan, terutama jika Anda membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengumpulkan sejumlah dana untuk membeli rumah. Namun, jangan lupa untuk selalu mempelajari dan mengetahui dengan jelas mengenai seluk-beluk investasi emas itu secara detail terlebih dahulu.
  7. Lunasi Semua Hutang Yang Dimiliki
    Kalau sekarang ini anda masih punya utang, usahakan lunasi segera utang itu terlebih dahulu. Selain mengurangi beban, menabung pun jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan. Anda bisa fokus pada kegiatan menabung ketika tidak ada beban cicilan/utang. Utang juga akan menjadi beban pikiran yang mungkin saja akan membuat anda menjadi tertekan. Karena itu, akan sangat lebih nyaman jika anda tidak memiliki beban tersebut. Selain itu, anda juga masih punya spare untuk kebutuhan lain, sekalipun anda harus membayar cicilan rumah. Bonusnya lainnya, rating kredit bisa makin tinggi sehingga pengajuan KPR jadi lebih mudah.
  8. Belanja Cerdas Dan Hidup Hemat
    Kegiatan belanja merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar setiap bulannya. Oleh karena itu, sangat penting membuat daftar pengeluaran untuk belanja berbagai kebutuhan yang biasa anda beli setiap bulan. Anda dapat menggunakan sistem amplop untuk mengatur dana belanja agar tidak melebihi budget yang sudah ditentukan.Menjalani hidup hemat memang tidak mudah, tetapi sangat efektif bagi anda yang memiliki target menabung untuk membeli unit properti. Harga properti yang tidak murah menuntut anda untuk mengorbankan kesenangan-kesenangan yang tidak perlu demi mendapat hunian impian anda.
  9. Ajak Anggota Keluarga Lain Gabung Dalam Tabungan Bersama
    Jika Anda sudah menikah, Anda bisa mengajak pasangan untuk ikut menabung dan membuat tabungan bersama. Selain dapat mengurangi beban biaya yang harus dikeluarkan, Anda juga bisa lebih cepat mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Hal ini bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan, berapa besaran yang harus disisihkan tiap bulannya agar impian membeli rumah dapat tercapai.
  10. Mengikuti Program KPR Khusus Milenial
    Sejatinya, manusia akan benar-benar bersifat konsumtif jika tidak memiliki tujuan atau goals-nya sendiri. Untuk menghentikan sifat tersebut, Anda bisa mengikuti program KPR Milenial yang sering ditawarkan oleh bank. Mungkin ini bisa jadi langkah terakhir yang bisa Anda pilih agar konsisten untuk beli rumah. Dengan suku bunga yang relatif kecil, Anda bisa dengan mudah mendapatkan hunian yang diidam-idamkan. Selain itu, pihak bank juga memberikan kemudahan cicilan sesuai dengan kemampuan finansial Anda dengan masa tenor tertentu. Tunggu dulu, pastikan Anda tidak memiliki utang ataupun masuk dalam daftar hitam bank, ya. Tentu saja, kedua syarat ini jadi penentu apakah pengajuan KPR disetujui atau tidak.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait