Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

10 Desain Rooftop Minimalis Yang Bikin Rumah Anda Semakin Nyaman Dan Mewah


Berdasarkan definisi bahasa, rooftop adalah bagian paling puncak sebuah bangunan. Sesuai artinya, roof bermakna atap dan top berarti puncak. Jadi, rooftop dalam bangunan ini dapat berfungsi sebagai tempat servis area seperti penyimpanan toren air, jemuran, dan tanaman.
Seiring dengan berjalannya waktu, kini banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan rooftop. Rooftop itu sendiri merupakan atap datar berupa dak beton pada rumah bergaya modern minimalis, yang kini mulai direncanakan dengan lebih teliti.
Seperti halnya pembuatan roof graden alias taman atap, yang berfungsi untuk membuat tampilan rumah tampak lebih asri dan natural. Tak hanya roof garden, berikut di bawah ini ada beberapa fungsi dari rooftop yang harus kalian ketahui.

Fungsi Dari Keberadaan Rooftop

  1. Sebagai Ruang Makan Outdoor
    Ketika cuaca sedang cerah atau cuaca yang cukup sejuk, tentu saja menikmati makan bersama keluarga tercinta di ruang terbuka merupakan momen yang sangat menyenangkan. Maka dari itu, persiapkan ruang yang cukup pada area rooftop untuk menempatkan set meja makan dengan sejumlah kursi. Jika anda masih ingin ada tamannya, alokasikan area rooftop dengan demikian rupa.
  2. Sebagai Ruang Santai Outdoor
    Selain menjadi tempat untuk ruang makan outdoor, keberadaan rooftop juga bisa anda manfaatkan sebagai ruang santai outdoor lho. Meski tampak sama, namun perbedaannya terdapat pada pemilihan jenis perabotan. Nah, untuk ruang santai outdoor, maka anda harus memilih jenis-jenis perabotan yang fleksibel dan nyaman untuk bersantai.
  3. Tempat Untuk Mengadakan Pesta Barbeque
    Ketika ada acara-acara liburan seperti malam tahun baru, anda pun bisa memanfaatkan rooftop untuk dijadikan tempat pesta barbque sambil melihat peluncuran kembang api di atas langit. Apabila area rofftop-nya tidak terlalu besar, maka anda bisa menggunakan pemanggang portable. Namun jika area rooftop-nya luas, tentu saja anda harus menggunakan pemanggang permanen yang lengkap dengan tempat penyimpanan perabotan atau peralatan lainnya. Tak cuma itu, jangan lupa juga untuk menyediakan set meja makan maupun tempat duduk yang nyaman.
  4. Bisa Dijadikan Tempat Untuk Meneropong Bintang
    Untuk anda yang rumahnya berada di kawasan minim polusi dan cukup terbuka, maka keberadaan rooftop bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meneropong benda-benda di langit. Dalam hal ini, alokasikan ruang yang cukup luas dan bebas halangan untuk meletakkan teropong bintang portable.
  5. Dijadikan Kolam Renang Atau Jacuzzi
    Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kolam renang diatas itu biasanya ada di perhotelan. Namun, kini anda juga bisa mendapatkan sebuah kolam renang di atap pada rumah pribadi. Tapi, dalam pembuatan kolam renang di area rooftop rumah harus ada perencanaan yang matang dan perhitungan struktur yang lebih teliti oleh ahlinya.
  6. Sebagai Ruang Pertemuan
    Manfaat berikutnya dari keberadaan rooftop di rumah, yakni bisa dijadikan sebagai tempat atau ruang pertemuan. Dalam mengakomodir kebutuhan ini, anda pun hanya perlu mengalokasikan ruang untuk menempatkan set meja kursi yang sesuai. Apabila intensitas pertemuannya cukup sering, maka harus dibuat ruang yang lebih permanen. 
  7. Sebagai Tempat Untuk Menonton Film
    Anda pecinta film? Suka nonton di bioskop? kali ini anda ngga perlu repot-repot harus pergi keluar rumah. Buat mini bioskop di bagian rooftop rumah! Suasana yang sejuk sambil melihat film favorit menjadi momen menyenangkan. Anda bisa letakkan sofa sebagai tempat duduk anda. Pilih sofa dengan bantalan yang empuk.

Perencanan Dalam Membuat Rooftop Harus Memperhatikan Beberapa Poin Seperti Di Bawah Ini :

  1. Pastikan rooftop mempunyai struktur cukup kuat untu menahan fungsi yang diterapkan
  2. Pastikan bidang atap tidak mengalami bocor atau rembes, terlebih jika pada rooftop terdapat fungsi-fungsi lain seperti roof garden, kolam renang, dan lain sebagainya
  3. Apabila hendak menempatkan roof garden (taman atap), maka pilihlah jenis tanaman yang tahan terhadap perubahan cuaca dan mudah dirawat. 
  4. Pilihlah jenis furniture yang tahan terhadap perubaan cuaca dan tidak mudah berkarat, agar bisa digunakan dala jangka waktu yang lama
  5. Untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, berikan atap pelindung dalam mengantisipasi paparan sinar matahari secara langsung maupun guyuran hujan.

Tips Membuat Rooftop

  1. Struktur Dan Konstruksi Atap Yang Kuat
    Hal paling penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat rooftop garden adalah struktur dan konstruksi dari atap rumah. Pastikan bahwa atap rumah Anda memiliki struktur dan konstruksi yang kuat untuk menahan berat tanaman, tanah, air serta manusia. Kesalahan struktur dan konstruksi pada atap dapat saja mendatangkan bahaya nantinya. Untuk itu, struktur dan konstruksi dari atap rumah perlu diperhatikan dan direncanakan dengan matang.
    Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah membuat atap dengan struktur kemiringan 20-30 derajat. Selain itu, pastikan konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi untuk memaksimalkan daya atap saat menahan atau menyangga beban di atasnya.
  2. Pasang Pagar
    Untuk menjaga keamanan, pasanglah pagar di sekeliling taman. Material pagar dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi Anda. Anda dapat memilih pagar yang terbuat dari kayu, kaca atau besi. Pastikan bahwa pagar yang Anda pasang memiliki ketahanan yang kuat dan aman.
  3. Bak Untuk Menanam Tanaman
    Setelah menyiapkan struktur dan konstruksi dari atap, Anda bisa mulai membuat bak. Bak ini nantinya akan digunakan sebagai wadah untuk menanam tanaman. Anda dapat menempatkan bak-bak ini di tepi atap. Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran bak tanaman dengan preferensi dan selera. Tapi walaupun demikian, pastikan bahwa luas bak tanaman sesuai dengan ukuran dak beton di atap rumah Anda.
  4. Pasang Material Waterproofing
    Untuk mencegah air menyerap dan merembes ke ruangan di bawah atap, Anda perlu untuk melapisi atap dengan material waterproofing. Material waterproofing akan mencegah atap rumah Anda menjadi rusak karena terkena air dan kelembaban. Proses pemasangan material ini dapat terdiri dari proses penyiapan surface dari rooftop, melakukan coating hingga menambahkan protective layer. Sebagai salah satu pengerjaan yang tidak boleh dilewatkan, pelapisan material waterproofing juga bermanfaat untuk melindungi tulang besi pada balok lantai serta kolom.
  5. Jangan Lupakan Instalasi Air
    Unsur yang tidak kalah penting saat ingin membangun rooftop garden adalah pemasangan instalasi air. Dalam hal ini, Anda perlu untuk memperhatikan jenis instalasi air yang akan dipasang. Buatlah dua jenis instalasi air di area rooftop garden Anda. Mengapa perlu dua? Karena Anda perlu menyiapkan instalasi air bersih untuk keperluan menyiram tanaman, instalasi ini akan terhubung secara langsung dengan penampungan air atau pompa air.
    Kemudian Anda juga perlu untuk menyiapkan instalasi air kotor yang akan digunakan untuk keperluan pembuangan, pastikan bahwa instalasi ini tersambung dengan tepi atap terendah dan terhubung dengan pipa talang air yang mengarahkan air ke bak resapan di tanah dan terakhir ke saluran pembuangan air.
  6. Manfaatkan Ijuk Atau Cocopeat
    Setelah memasang material waterproofing dan menginstalasi air, Anda perlu untuk memasang ijuk atau cocopeat. Cocopeat atau sejenis serabut kelapa ini akan berfungsi menahan dan menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah. Pasanglah ijuk atau cocopeat dengan ketebalan sekitar 10 cm untuk mendapatkan daya saring yang lebih maksimal.
  7. Pilih Media Tanam
    Setelah memasang ijuk atau cocopeat, Anda perlu menempatkan media tanam sebagai tempat tanaman tumbuh nantinya. Pilihlah tanah merah dan humus untuk menjadi media tanam. Untuk membantu tanaman dapat tumbuh dengan baik, pastikan bahwa tanah di rooftop garden Anda memiliki kandungan pH yang baik yaitu sekitar 5-7. Untuk tanaman yang memerlukan tanah khusus untuk dapat tumbuh dengan baik, Anda dapat menanamnya di dalam pot khusus dengan tanah dan pupuk pilihan.
  8. Tanam Rumput Dan Tanaman
    Untuk menyempurnakan kesan dari rooftop garden Anda, tanamlah rumput di atas media tanam tadi. Apabila Anda ingin menanam tanaman dengan akar serabut, tanamlah di area bak tanaman. Jenis tanaman rambat dapat ditanam di tepi pagar atau dinding atap. Untuk tanaman yang cukup rendah, Anda dapat menanamnya pada bak atau tepi taman.
  9. Siapkan Tempat Penyimpanan
    Karena posisi rooftop garden yang berada di atap, Anda perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus untuk alat-alat bertanam Anda.
    Tips dari CASA Indonesia, Anda dapat menyiapkan tempat penyimpanan sederhana seperti lemari tertutup yang terbuat dari kayu di sudut taman. Lemari ini bisa digunakan untuk menyimpan peralatan berkebun Anda seperti sekop, pot-pot tanaman yang masih kosong atau bibit-bibit tanaman.Lemari yang bersifat tertutup juga akan mencegah alat-alat menjadi berantakan apabila tertiup angin. Tatalah peralatan berkebun dengan rapi di dalam lemari untuk memudahkan Anda pada saat ingin menggunakannya.
  10. Desain Area Sesuai Keinginan
    Ini dia bagian yang paling menyenangkan. Mendesain dan menata area rooftop garden Anda yang baru. Anda dapat menempatkan beberapa bangku dan meja taman, lampu-lampu untuk menerangi taman di malam hari hingga dekorasi-dekorasi pelengkap lainnya.

Tema Yang Cocok Untuk Rooftop:

  1. Roofgarden
    Memang merupakan ide bagus untuk mengembangkan tanaman untuk berkebun di dak rumah dengan menggunakan pengetahuan yang bermanfaat tentang urban farming untuk menanam sayur, buah, dan tanaman lain yang dapat dikonsumsi sendiri. Tidak hanya memberi kesenangan bagi Anda untuk menanam sayuran dan buah sendiri, tetapi jenis taman atap ini juga bisa menjadi fondasi bisnis keluarga yang menguntungkan.
  2. Terdapat Kolam Renang
    Apa lagi yang bisa lebih santai dan menenangkan selain menikmati kenyamanan kolam renang di taman atap pada suatu sore yang panas? Dengan persyaratan kolam renang yang spesifik, stabilitas atap yang dibutuhkan, kekuatan, dan penyediaan sistem drainase, Anda dapat merancang jenis taman atap yang memiliki kolam renang yang sejuk.
  3. Konsep Patio
    Patio adalah salah satu cara untuk memberikan sentuhan hardscaping yang cemerlang pada desain taman atap. Ini merupakan gagasan yang kreatif untuk keterbatasan lahan di rumah Anda yang memungkinkan Anda untuk menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang mempesona dari atap rumah Anda. Apabila area rooftop masih memungkinkan, Anda bisa menempatkan satu set meja taman atau gazebo untuk tempat bercengkerama bersama keluarga.
  4. Konsep Pencahayaan Ornamental
    Pencahayaan sangat penting dalam menciptakan desain taman atap yang indah dan dramatis. Tanaman hias untuk rooftop yang indah dipangkas rapi dan deretan tanaman pot dapat terekspos dengan berbagai spotlightreflektif untuk menangkap pemandangan mempesona dan meneduhkan dari taman atap impian Anda.
  5. Konsep Piknik
    Memasak di tempat terbuka di rooftop garden pasti sangat menarik bagi para pecinta barbekyu. Dalam hal ini, desain taman atap lengkap dengan peralatan masak dapat mengekspresikan kecintaan memasak sekaligus aktivitas makan di area terbuka.
  6. Konsep Bioskop Terbuka
    Menikmati film di area terbuka taman rooftop yang hijau dan subur dapat memberikan kemewahan hiburan di akhir pekan yang indah. Anda dapat mempertimbangkan jenis taman atap ini dengan menggunakan kreativitas serta menggabungkan sinema dengan seni berkebun di dak rumah dan menciptakan area hiburan di atap rumah Anda.
  7. Konsep Rooftop Music Party
    Memiliki sistem musik yang terpasang di atap Anda terdengar memikat sekaligus menghibur. Speaker dan peralatan musik lainnya bisa dipasang tersembunyi dalam tanaman lebat ketika Anda sedang berpesta di taman atap.
  8. Konsep Gallery
    Para pecinta seni antik juga memiliki kesempatan besar untuk menciptakan taman rooftop bergaya monumental dengan menambahkan patung dan ukiran. Mereka dapat secara kreatif menggabungkan ornamen artistik dengan ide taman hijau untuk menghasilkan taman atap terbaik.
  9. Konsep Playfull
    Membangun tempat yang menyenangkan di bagian atas rumah Anda sangat menghibur sekaligus inovatif. Langkah ini menggabungkan ide untuk membangun arena bermain di taman rooftop yang sangat berharga bagi Anda dan anak-anak.
  10. Konsep Minimalis Modern
    Apa jadinya jika rooftop Anda sepi tanpa adanya tamanan? Sudah barang tentu rooftop Anda akan terasa kering dan gersang. Selain di dalam rumah, tanaman hias kini telah banyak digunakan untuk mengubah suasana rooftop agar menjadi lebih segar, nyaman dan hidup. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan urusan perawatan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan beberapa tanaman dengan perawatan minimalis. Supaya kesan minimalis lebih terlihat, Anda dapat menambahkan nuansa alami dan natural seperti penggunaan bata merah atau batu alam. Jika memungkinkan, jangan ragu untuk memberikan pohon dengan ukuran yang cukup besar agar suasana lebih teduh.

Itu adalah beberapa informasi mengenai rooftop dan tema apa yang sekiranya cocok untuk membuat rooftop. Pilihlah sesuai keingin dan kenyamanan kalian.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait