Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

10 Desain Dapur Sederhana Di Kampung Yang Bisa Anda Tiru


Dapur merupakan salah satu tempat favorit keluarga saat berkumpul di dalam rumah. Di dalam dapur sebuah keluarga biasa memasak bersama atau sekedar membuat secangkir kopi favorit. Saat ini, banyak desain dapur yang dirancang begitu mewah pada hunian modern. Penggunaan perabotan dan kitchen set modern menjadi pilihan banyak orang. Akan tetapi, jika Anda ingin memiliki suasana dapur yang berbeda dan lebih sederhana, gaya desain ala pedesaan dapat menjadi pilihan.
Desain dapur sederhana bergaya pedesaan tak hanya akan memberikan kenyamanan, namun juga mampu menampilkan dapur yang cantik dan adem. Dapur pun dapat terlihat mewah meski dalam kesederhanaan. Dengan penggunaan barang secukupnya dan biasa-biasa saja, justru dapat menyuguhkan tampilan yang istimewa pada dapur Anda. Bahkan area dapur bisa dijadikan spot foto yang instagramable.
Oleh karena itu, simak inspirasi gambar dapur sederhana di kampung yang bisa anda jadikan referensi mendesain dapur hunian anda

1. Dapur Dengan Material Kayu

Dapur di Indonesia identik dengan penggunaan material kayu yang dominan. Kayu merupakan salah satu material yang dapat memberikan ketenangan, kehangatan sekaligus rasa yang adem. Material kayu membuat  dapur anda akan terkesan sederhana dan bernuansa ala pedesaan. Anda dapat menggunakan kayu pada pintu, dinding, lantai, atap, kursi, meja dan lemari di dapur. Pilihlah kayu yang masih menampilkan serat alaminya. Anda juga bisa menggabungkannya dengan tegel berwarna alami agar dapur tampak lebih cerah. Dan tambahkan pula lampu berwarna kuning agar warna kayu jadi lebih hangat.

2. Dapur Dengan Dinding Bata

Untuk menambahkan kesan tradisional atau pedesaan, Anda bisa mendesain dapur anda dengan konsep dinding bata ekspos atau kasar. Desain tersebut mampu memberikan kesan sederhana ala pedesaan pada dapur Anda. Dengan memadukan dengan perabotan kayu, dapur akan memiliki tampilan yang hangat sehingga dapur pun akan terlihat cantik, nyaman, sederhana, dan mewah sekaligus.

3. Dapur Dengan Meja Cor Beton

Selain menggunakan material kayu pada perabot dapur, anda juga bisa menggunakan bahan cor beton. Dengan warna abu-abu yang khas ini dapat memberikan suasana pedesaan dan natural pada dapur anda. Tambahkan juga pencahayaan yang memadai agar terkesan lebih hangat. Dapur dengan material cor ini lebih tahan lama dibanding material lainnya, tidak mudah terbakar, dan tentunya lebih hemat. 

4. Dapur Dengan Aksesoris Tradisional

Untuk menambah kesan pedesaan pada dapur, anda dapat menambahkan berbagai macam aksesoris kuno atau yang terbuat dari tanah liat. Tambahan aksesoris ini tentu akan menambah kesan cantik pada dapur anda. Aksesoris tersebut dapat diletakkan pada rak terbuka yang terpasang di dinding dapur. 

5. Dapur Tanpa Kitchen Set

Dapur di kampung umumnya masih sangat tradisional dengan desain dapurn yang sederhana tanpa menggunakan perabotan modern seperti kitchen set. Meskipunn begitu, dapur tanpa kitchen set tetap dapat terlihat rapi dan memberikan rasa nyaman. Hal tersebut dapat disiasati dengan menambahkan lemari atau rak-rak penyimpanan di bagian dinding. Anda bisa mengadaptasi konsep tersebut agar lebih kekinian dengan menggunakan rak penyimpanan terbuka seperti gambar di atas.

6. Dapur Dengan Unsplash

Hal lain yang dapat ditambahkan pada dapur anda untuk mendapatkan tampilan desain dapur yang sederhana adalah backsplash. Backsplash adalah dinding yang berada berhadapan langsung dengan meja dapur. Lebih tepatnya di belakang kompor, wastafel dan perlengkapan lainnya di dapur. Anda dapat memilih backsplash yang dapat memberikan kesan ala pedesaan, seperti bata, kayu, batu atau tegel keramik aneka motif

7. Dapur Sederhana Tapi Modern

Selanjutnya adalah desain dapur bernuansa pedesaan namun tetap terlihat modern. Jika ingin merancang desain dapur tersebut, Anda dapat memadukan dinding batu dengan peralatan modern. Seperti terlihat pada gambar, dinding dapur tersebut nampak menggunakan batu alam berpadu dengan kitchen set kayu modern dengan keramik putih (countertop) diatasnya. Ditambah warna emas pada keran dan gagang kitchen set menambah kesan mewah pada dapur anda. 

8. Dapur Dengan Langit-Langit Tinggi

Dapur dengan plafon tinggi ini sering kerap kali dijumpai di pedesaan Indonesia. Anda juga dapat mengaplikasikan hal tersebut, terlebih jika anda memiliki ruangan yang tidak cukup luas. Dengan menggunakan plafon yang tinggi akan membuat suasana lebih luas. Dan tidak lupa, anda bisa menambahkan penyangga atau kusen kayu untuk menambah kesan tradisional atau pedesaan.

9. Dapur Rangkap Dengan Ruang Cuci

Dapur cantik sederhana di kampung seperti ini cocok bagi anda yang mempunyai ruang terbatas. Anda dapat menggabungkan satu area untuk beberapa fungsi, dengan begitu akan amat menghemat ruangan. Seperti yang terlihat pada gambar, dapur tersebut memiliki fungsi tambahan, yaitu sebagai ruang laundry.

10. Dapur Dengan Konsep Open Space

Salah satu konsep rumah pedesaan adalah dengan menerapkan open space. Dengan begitu, rumah akan terasa lebih luas dan lega. Tak terkecuali konsep open space pada dapur. Anda dapat memadukan dengan material kayu pada perabotan, dinding batu bata, dan langit-langit tinggi untuk menambah kesan pedesaan pada dapur anda.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait